Sering Berada di Alam dapat Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

oleh -56 kali dilihat
Riset: Berolahraga Sebelum Sarapan Lebih Baik untuk Kesehatan

Klikhijau.com – Masalah kesehatan fisik dan mental perlu mendapat perhatian khusus. Sebab kalau tidak bisa berdampak buruk kepada penyandangnya.

Saat ini telah banyak cara untuk mengobati masalah kesehatan fisik dan mental. Salah satunya, menurut studi yang diterbitkan jurnal BMC Psychology bahwa menghabiskan di alam  dapat  dikaitkan dengan kesehatan fisik dan mental yang lebih besar.

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan di orang dewasa Amerika menghabiskan sedikit waktu di lingkungan hijau atau alami. Tujuannya, salah satunya adalah kesehatan fisik dan mental.

Lalu bagaimana cara memprediksi kemungkinan orang menghabiskan lebih banyak waktu di alam.?

KLIK INI:  Pengurus KKMD Sulsel Terbentuk, Ini Tugas dan Perannya!

Menjawab pertanyaan itu,  sebuah studi baru yang dipimpin oleh Texas A&M University School of Public Health telah menguraikan dua skala yang dibuat untuk mengukur faktor-faktor yang terkait dengan tumbuhan yang dilindungi.

Menurut para ilmuwan, dua prediktor kuat dari perilaku kesehatan adalah efikasi diri dan niat. Efikasi diri bisa didefinisikan sebagai “keyakinan seseorang pada pemampuannya.

Dengan tujuan mengambil tindakan dan bertahan dalam tindakan keyakinan. Meskipun ada hambatan atau tantangan yang berkaitan dengan menghabiskan waktu di alam,” dan “niat” sebagai “rencana untuk terlibat dalam sifat tertentu.

Setelah mendefinisikan istilah-istilah ini. Para peneliti membuat survei yang bertujuan untuk mengukurnya, dan memberikannya kepada sampel nasional lebih dari 2.000 responden.

KLIK INI:  Sesekali, Cobalah Tips Detoks Media Sosial Ini Demi Kesehatan
Faktu usia

Hasil survei mengungkapkan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di alam. Rupanya berkorelasi dengan efikasi diri dan niat. Itu menunjukkan bahwa intervensi kesehatan masyarakat di masa depan untuk meningkatkan kesehatan harus meningkatkan kepercayaan diri untuk menghabiskan waktu di alam sebagai tujuan utama.

Baik efikasi diri dan niat berkorelasi negatif dengan usia. Menunjukkan penurunan kepercayaan pada orang dewasa yang lebih tua, yang dapat dikaitkan dengan mobilitas atau masalah keamanan yang umumnya meningkat seiring bertambahnya usia.

Peserta laki-laki menunjukkan efikasi diri yang lebih tinggi daripada responden perempuan. Sebuah temuan yang dikonfirmasi oleh penelitian sebelumnya menunjukkan, perempuan cenderung kurang berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi di lingkungan alam.

KLIK INI:  Adipura Bergerak ke Selatan, Menuju Bulukumba

Pengembangan timbangan ini merupakan langkah awal dari apa yang diharapkan para ilmuwan akan menjadi serangkaian penelitian. Dengan tujuan untuk menemukan cara meningkatkan kesehatan fisik dan mental melalui peningkatan kunjungan ke alam.

“Kami sedang bekerja untuk mengembangkan seluruh rangkaian tindakan,” kata penulis utama studi Jay Maddock, seorang ahli dalam pendekatan sosial-ekologis untuk meningkatkan aktivitas fisik di Texas A&M.

“Setelah itu selesai, kami akan mencari untuk mengembangkan intervensi berbasis teori untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan di alam,” tambah Maddock

KLIK INI:  Bagaimana Bisa Plastik Merampas Keperawanan Danau Lurayya?

Sumber: Earth