Seorang Lelaki dan Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Publish by -24 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Seorang Lelaki dan Manfaat Musik Bagi Kesehatan.
Ilustrasi musik/foto-ist

Sebuah lagu akan tiba di ingatan sebagai kenangan

Klikhijau.com – Pelangi di matamu. Seorang lelaki  sering menceritakan kisahnya tentang lagu itu. Lagu yang dibawakan oleh Band Jamrud tersebut memang memesona.

Katanya, setiap ia mendengar lagu tersebut. Kenangannya tentang seseorang akan menghambur ke ingatannya. Barangkali karena lirik lagu itu serupa kisahnya. Barangkali pula, alunan musiknya mampu menghadirkan kenangannya lebih nyata.

Tentang musik, yang saya tahu adalah ia merupakan bahasa universal. Ia akan setia menemani waktu luang seseorang. Mengusir jenuh, dan mengantar pada kenangan. Seperti yang dialami lelaki itu.

KLIK INI:  Layanan Streaming Musik Buruk Bagi Lingkungan! Ini Dampaknya

Namun, manfaat mendengar bukan hanya akan mengantar pada kenangan, Juga baik bagi kesehatan :

  • Penyembuhan kanker

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan di Cochrane Library mengatakan, tindakan pengobatan yang dipadukan dengan terapi musik dapat membantu penyembuhan pasien kanker.

Studi ini mencakup 30 penelitian, dengan lebih dari 1.800 peserta. Beberapa penelitian mencakup sesi dengan terapis musik terlatih, sementara lainnya melibatkan staf medis yang memainkan musik rekaman.

Kajian tersebut menemukan, terapi musik paling banyak membantu dengan mengurangi tingkat kecemasan. Hal ini juga menyebabkan beberapa efek positif pada rasa sakit, mood, kualitas hidup, denyut jantung, laju pernapasan dan tekanan darah.

  • Mempengaruhi gelombang otak

Menurut sebuah penelitian medis, musik menghasilkan getaran suara yang bisa merangsang gelombang otak kamu. Hal ini tergantung dengan getaran pada musik. Kecepatannya akan mempengaruhi kewaspadaan kamu.

KLIK INI:  2 Jam Berada di Alam Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam.

  • Meningkatkan daya ingat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer Disease mengungkapkan bahwa bernyanyi ternyata bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Selain itu juga mampu menjaga ketenangan penderita gangguan ingatan atau alzheimer.

Para periset yang melakukan studi tersebut berasal dari universitas Helsinki, Finlandia. Mereka merekrut 89 orang dengan berbagai tingkat gangguan ingatan untuk menerima pembinaan musik selama 10 minggu.

  • Menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangka kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

  • Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap, orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

KLIK INI:  4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!
  • Untuk kesehatan jantung

Penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik.

Mereka mengungkap, orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

  • Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah tinjauan sistematis kecil yang diterbitkan pada tahun 2016 juga menemukan bahwa terapi musik dinilai efektif dalam meningkatkan kesehatan mental orang-orang yang dipenjara.

Studi ini juga mengungkapkan, musik dapat membantu meningkatkan harga diri dan fungsi sosial para pelaku kejahatan.

  • Mengurangi intensitas nyeri

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 mengemukakan bahwa anak-anak yang dirawat di unit gawat darurat sambil mendengarkan musik menunjukkan rasa nyeri yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mendengarkan musik.

KLIK INI:  7 Manfaat Tersembunyi Mengunyah Permen Karet Bagi Kesehatan, Klik Ini!
  • Meningkatkan IQ dan kinerja akademik

Penelitian menunjukkan, mengambil pelajaran musik memprediksi kinerja akademik dan IQ yang lebih tinggi pada anak kecil. Dalam sebuah penelitian, anak berusia 6 tahun yang mengambil pelajaran keyboard atau menyanyi dalam kelompok kecil selama 36 minggu memiliki peningkatan IQ yang lebih besar secara signifikan.

  • Meredakan stres

Bila kamu mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangka kerja membuat kondisi psikologis menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

Maka, luangkan waktu mendengar musik….!!

KLIK INI:  Push Up Sebelum Tidur, Ini 8 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!