Semut Berduyung-duyung Masuk Rumah, Usir dengan 10 Cara Alami Ini!

oleh -239 kali dilihat
Semut Berduyung-duyung Masuk Rumah, Usir dengan 10 Cara Alami Ini!
Ilustrasi semut - Foto/blog.kliknclean

Klikhijau.com Apakah benar ada cara alami usir semut tanpa pestisida? Jawabannya, Yah! Artikel ini akan memandu Anda menelusuri cara praktis dan aman menjauhkan semut dari rumah.

Binatang kecil seperti semut yang masuk ke dalam rumah memang sangat mengganggu. Selain dapat menggigit makanan yang ada, mengganggu aktivitas, merusak pemandangan, semut juga kadang menggigit tubuh kita.

Tak hanya itu, semut yang berkerumun dalam rumah kerap membuat lubang dari balik keramik atau lantai rumah dengan cara mengangkut pasir-pasir ke permukaan. Jika ini terjadi, kondisinya tentu bisa terlihat kotor bahkan merusak lantai atau tembok rumah.

Kesal karena ulah semut yang menyebalkan, seringkali kita memilih jalan pintas mengusirnya yakni dengan penyemprotan serangga atau pestisida. Padahal, cara ini sangat tidak ramah lingkungan dan punya risiko lebih besar karena bisa berdampak pada kesehatan.

Nah, ada baiknya memilih cara alami mengusir semut yang tidak punya risiko terhadap lingkungan dan kesehatan. Nyatanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan, berikut 10 pilihan cara alami usir semut yang bisa Anda coba:

KLIK INI:  Calathea Memang Sedikit Rewel, Tetapi Ibu Muda Ini Punya Trik Mengatasinya!
  1. Cengkih

Aroma cengkih atau cengkeh tidak disukai semut. Tempatkan beberapa biji cengkih pada beberapa titik yang kadang muncul semut. Anda dapat memilih cengkih yang berwarna merah dan sangat matang karena aromanya lebih kuat.

  1. Bubuk kopi

Kopi tak hanya asyik diseduh, aroma kopi bubuk juga tak disenangi semut. Anda dapat melakukan cara sederhana ini yakni dengan menempatkan kopi bubuk di tempat yang kadang dikerumuni semut. Semut akan menjauh tanpa harus melakukan penyemprotan.

  1. Bubuk lada

Bubuk lada atau merica juga punya aroma yang sangat tajam dan tak disukai semut. Lada bubuk apalagi yang ditumbuk sendiri dari bijinya bisa dipakai dengan menaburkannya di pojok rumah, lantai, atau di bagian yang kadang digerayangi semut. Aroma pedas ladah akan membuat semut tak berani mendekat.

  1. Bubuk cabai

Sebagaimana aroma pedas dan tajam pada lada, bubuk cabai yang juga pedas ternyata tak disukai semut. Anda dapat mencoba cara alami ini dengan menempatkan bubuk cabai di meja makan atau di sekitar tempat yang disenangi semut dalam rumah Anda.

KLIK INI:  Temukan Cara Sederhana Memasukkan Sampah Organik ke Lubang Biopori!
  1. Garam

Garam adalah bumbu dapur yang senantiasa tersedia dan tentu saja murah. Garam dapat dipakai mencegah kerumunan semut di rumah Anda. Taburkan garam secukupnya pada bagian rumah Anda atau lubang semut. Aroma pada garam akan membuat semut-semut pergi dengan sendirinya. Dengan catatan, taburkan garam pada bagian yang kering.

  1. Bawang putih

Sebagai bumbu dapur yang punya aroma tajam dan khas, bawang putih selalu tersedia di dapur. Bawang putih juga bisa jadi alternatif mengusir semut secara alami tanpa repot. Caranya mudah yakni dengan meletakkanya di bagian rumah yang kadang dikerumuni semut.

  1. Cuka dan air

Campuran cuka dan air sejak lama kerap dijadikan sebagai insektisida alami. Cara ini dapat digunakan untuk mengusir semut-semut yang bandel dan mengganggu di rumah.

Semprotkan cairan yang berisi campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1 pada daerah yang kadang muncul semut, di sekitar meja makan, pintu dan lain-lain agar semut tak mampir lagi. Aroma cuka yang menyengat bahkan bisa membunuh semut bila disemprotkan langsung pada kerumunan semut.

KLIK INI:  Panduan Lengkap Memilah Sampah dari Rumah
  1. Perasan lemon atau jeruk

Buah lemon atau jeruk punya aroma yang khas dan juga tak disukai semut. Perasan dua buah segar ini dapat dipakai sebagai cara alami mengusir semut sebagai insektisida alami.

Caranya, campurkan air dengan perasan lemon atau jeruk dengan skala satu buah lemon dan tiga bagian air. Masukkan ke dalam botol spray lalu semprotkan untuk membasmi semut atau menyemprot bagian yang jadi jalan masuk semut di rumah Anda.

  1. Air dan sabun cuci piring

Sabun cuci piring campur air sejak lama juga dikenal sebagai insektisida alami yang dapat mengusir semut. Caranya sangat mudah, masukkan sabun cuci piring ke dalam botol spray yang berisi air, lalu kocok hingga bercampur sempurna hingga berubah warna.

Setelah itu, gunakan untuk menyemprot semut atau lubang semut. Larutan ini dapat berkali-kali dan cukup efektif mengusir semut yang mengganggu dalam rumah.

  1. Daun sirih

Aroma daun sirih juga tak disukai semut karena memang cukup tajam. Dedaun herbal satu ini juga bisa digunakan sebagai pengusir alami semut di rumah. Caranya mudah, kucek-kucek beberapa lembar daun sirih agar aromanya keluar dan letakkan di titik yang sering dijadikan sarang bagi semut di rumah Anda.

Itulah 10 cara alami usir semut atau membasmih semut dalam rumah tanpa harus menggunakan pestisida. Ada banyak cara alami lainnya yang juga efektif, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Wajib Dicoba, 4 Cara Ini Ampuh Usir Hama pada Tanaman Aglaonema dan Caladium!