Selamatkan Lebah Liar, Girl Scouts Buatkan Sarang dari Barang Bekas

oleh -365 kali dilihat
Selamatkan Lebah Liar, Girl Scouts Buatkan Sarang dari Barang Bekas
Selamatkan Lebah Liar, Girl Scouts Buatkan Sarang dari Barang Bekas/Foto-Inhabitat

Klikhijau.com – Lebah adalah sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok, termasuk lebah liar. Meski tidak semua lebah bersifat demikian, lebah bisa ditemukan di semua benua, kecuali Antartika.

Di Amerika Serikat, populasi lebah liar menghadapi kepunahan massal akibat perubahan iklim, hilangnya habitat, pasokan makanan yang menyusut, penyakit, dan paparan pestisida.

Dari 4.000 spesies lebah liar asli AS ini, 40 persennya menghadapi kepunahan. Untuk membantu menyelamatkan penyerbuk vital ini, organsasi Girls Scouts yang berbasis di Denver membangun sarang untuk menampung dan melindungi lebah liar.

Upaya berkelanjutan ini adalah bagian dari inisiatif Think Like a Citizen Scientist Journey, yang mendorong gadis-gadis muda untuk menciptakan perubahan lingkungan yang positif.

KLIK INI:  4 OTK Kacaukan Diskusi Perihal Orangutan di Jakarta, Ada Apa?

Membuat sarang untuk lebah menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan bagi banyak anggota Girl Scouts.

Imani, gadis berusia 11 tahun yang ikut berpartisipasi dalam proyek tersebut mengatakan, ada beberapa kesulitan karena banyaknya partisipan dan banyaknya ide. Namun, itu tak membuatnya berhenti. Mereka bersatu dan bekerja sama untuk membuat sarang lebah.

Sebagai serangga soliter, lebah liar menaungi diri dari kayu, cabang, dan semak yang tumbang. Tetapi kebakaran hutan, perluasan kota dan intensifikasi pertanian telah mengurangi habitat alami mereka.

Karena itulah, Girl Scouts terinspirasi untuk melindungi serangga-serangga penting ini dengan membangun sarang untuk lebah-lebah tersebut. Seperti halnya rumah-rumah burung yang dirancang untuk burung-burung individu.

Bahan yang digunakan untuk membuat sarang lebah, termasuk kotak kardus bekas, sedotan kertas dan gulungan kertas toilet.

Menurut Masyarakat Entomologi Amerika, kampanye untuk menyelamatkan lebah telah termasuk pembuatan sarang lebah. Inilah upaya untuk menyelamatkan populasinya dan membantu dalam konservasi mereka.

Jika dirawat dengan baik, sarang ini dapat memberikan perlindungan yang aman bagi lebah liar.

Dennis vanEngelsdorp, seorang profesor entomologi dari University of Maryland, College Park, menambahkan, setiap upaya penting. Dan upaya organisasi Girl Scouts sangat berarti.

Upaya ini tentu sangat bagus untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

KLIK INI:  Melacak Penyebab Lebah Menghasilkan Madu Lebih Sedikit