Selain Sehat, Rutin Tidur Siang Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah

Publish by -31 kali dilihat
Selain Sehat, Rutin Tidur Siang Bisa Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah
Ilustrasi tidur siang/foto-Smart Generation's Blog

[hijau]tidur siang menjadikan otaknya kian encer[/hijau]

Klikhijau.com – Keriuhan dunia pendidikan kembali menarik perhatian. Bukan karena zonasi atau kurikulum baru. Tapi, karena tahun ajaran baru mulai menggeliat.

Sekolah yang paling merasakan kehebohan itu adalah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Bagaimana tidak, para orang tua yang merasa girang anaknya masuk TK atau SD.

Namun, masuknya anak ke sekolah juga tentu mengandung kekhawatiran, sebab bisa jadi aktivitas yang banyak di sekolah bisa membuat anak jarang tidur siang. Menurut penelitian tidur siang baik bagi prestasi anak, penelitian tersebut dlakukan pada anak kelas 4-6 SD,

KLIK INI:  Benarkah Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari Bisa Bikin Gemuk?

Padahal, menurut ulasan Tempo.co, tidur siang punya banyak manfaat bagi mereka. Bukan hanya membuat tubuhnya lebih bugar atau moodnya lebih baik, tapi juga bisa meningkatkan prestasi akadamik anak di sekolah.

Para peneliti dari University of Pennsylvania dan University of California. Mereka melibatkan sedikitnya 3,000 anak yang duduk di kelas 4, 5, dan 6 SD berusia 10-12 tahun.

Para pneliti itu mencari hubungan antara tidur siang dengan rasa bahagia, pengendalian diri, mengurangi masalah perilaku, dan IQ yang lebih tinggi terutama bagi anak yang duduk di kelas 6 SD.

Hasilnya, anak-anak yang tidur siang sekitar 30-60 menit setiap pekannya mengalami peningkatan performa akademis hingga 7,6 persen.

Sementara anak-anak yang merasa mengantuk di siang hari akibat kurang tidur ternyata berdampak pada setidaknya 20 persen anak-anak yang dilibatkan dalam penelitian.

KLIK INI:  Ingin Seks berkualitas, Kenakan Kaus Kaki Saat Tidur dan Rasakan Manfaat Lainnya

Selain prestasi akademik, penelitian itu juga mengungkap keterkaitan antara frekuensi tidur siang dengan perilaku anak. Studi dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan catatan dari guru yang mengamati jika ada perubahan sikap dari murid mereka.

Hasilnya, manfaat tidur siang bagi anak sama baiknya seperti tidur sepanjang malam. Terutama ketika anak harus berhadapan dengan aktivitas-aktivitas kognitif sehari-hari.

Semakin rutin anak-anak menyempatkan tidur di siang hari, semakin banyak dampak positifnya bagi perilaku mereka. Contohnya adalah anak-anak yang bisa mengingat dengan lebih baik berkat kebiasaan tidur siang rutin.

Manfaat tidur siang

Tidur siang ternyata bukan hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa, khususnya bagi pekerja. Menurut artikel Sarah Ervina Dara Siyahailatua di tempo.co.

Katanya, di Cina, tidur siang sudah menjadi bagian dari budaya kerja karena dinilai memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Daily Mail dan WebMD, berikut adalah daftar manfaat tidur siang singkat di sela-sela jam kerja.

  • Pengobatan non-obat yang sempurna

French National Institute of Sleep and Vigilance (InSV) menganggap tidur sebagai pengobatan non-obat dengan efek analgesik. Migrain dan nyeri otot atau sendi dapat diperbaiki dengan tidur sebentar.

KLIK INI:  Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Cobalah Tips Sederhana Ini!

InSV mengatakan bahwa tidur siang bisa mengurangi kebutuhan akan obat-obatan, seperti antihipertensi (pengobatan untuk tekanan darah tinggi), stimulan, dan vitamin.

  • Meningkatkan imunitas

Kurang tidur mempengaruhi protein antivirus yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh. itu juga dikaitkan dengan resistensi tubuh yang lebih rendah terhadap infeksi. Untungnya, tidur siang singkat dapat mengembalikan kadar hormon dan protein yang membantu melawan stres, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

  • Jantung lebih sehat

Tidur siang bermanfaat bagi jantung karena menurunkan tekanan darah dan memungkinkan sistem kardiovaskular untuk pulih. Sebuah studi ilmiah dari Yunani pada 2007 bahkan menunjukkan bahwa kebiasaan tidur 30 menit selama tiga kali seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat gagal jantung hingga lebih dari 30 persen.

  • Meningkatkan kreativitas

Tidur siang dapat merangsang kreativitas dan membantu memecahkan masalah yang sulit. Oleh karena itu, tidur siang hampir wajib dilakukan di Jepang, dan bahkan di negara-negara lain yang mulai menyadari manfaatnya. Karyawan yang beristirahat dengan tidur sejenak selepas siang akan lebih produktif dan menghasilkan ide baru dengan lebih mudah.

KLIK INI:  3 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Demi Kecantikan, Cocok Dirutinkan Para Caleg Perempuan
Editor: Irhyl R Makkatutu
Sumber: Tempo.co

KLIK Pilihan!