Selain Obat Tetes, Ini Cara Alami Mengobati Iritasi Mata

Publish by -11 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Selain Obat Tetes, Ini Cara Alami Mengobati Iritasi Mata
Ilustrasi cara alami obati iritasi mata/Foto-herbaloke

Klikhijau.com – Terkena iritasi mata tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Iritasi pada mata biasanya ditandai dengan gejala seperti mata memerah, terasa gatal, dan mata bengkak.

Meski sakit mata ini bisa hilang dalam waktu sekitar dua minggu, tetap saja tak menyenangkan.

Ada banyak penyebab iritasi mata. Misalnya, Anda mungkin alergi terhadap objek tertentu seperti debu, serbuk sari bunga, asap polusi, atau bulu binatang.

Selain alergi, mata juga bisa terkena iritasi jika terinfeksi virus dan bakteri yang dikenal sebagai konjungtivitis. Jika terkena konjungtivitis, mata juga akan terasa nyeri.

KLIK INI:  Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan

Penyakit mata ini sifatnya menular, jadi sebaiknya Anda langsung periksa ke dokter. Untuk meredakannya, bisa menggunakan obat tetes mata.

Selain menggunakan obat tetes mata, ada juga bahan alami yang bisa membantu mengobati iritasi secara alami. Simak penjelasan berikut ini.

# Kompres dengan air hangat

Cara mengobati sakit mata dengan cara alami yang cukup mudah adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Cara ini bisa kamu lakukan bila mengalami sakit mata dan belekan.

Anda hanya perlu mengompres area mata yang sakit. Hal ini berguna untuk menenangkan area tersebut serta mengurangi rasa sakitnya.

# Mentimun

Mentimun memiliki sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak pada area mata. Cukup iris mentimun lalu letakkan irisannya pada mata.

Kesegaran pada mentimun bisa memberikan rasa tenang dan nyaman pada mata yang sedang sakit.

# Ampas teh hijau

Ampas teh hijau bisa Anda gunakan sebagai kompres mata untuk meredakan iritasi. Bisa juga dengan merendam kapas dalam teh hijau hangat lalu mengompres mata yang sakit.

Kandungan bioflavonoid teh hijau ampuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya juga mampu melawan radikal bebas atau polusi yang menyebabkan alergi.

# Daun sirih

Daun sirih juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit mata secara alami. Penggunaan pun cukup mudah.

Cukup siapkan beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan menambahkan sedikit garam hingga mendidih lalu angkat kemudian diamkan hingga dingin.

Saring ramuan tersebut dan gunakan air saringan tersebut untuk mencuci mata yang sakit setiap tiga kali dalam sehari.

KLIK INI:  Sakit Saat Menstruasi, Atasi dengan Air Hangat dan Rasakan Manfaat Lainnya
# Minyak kelapa

Ternyata, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan gejala iritasi mata. Minyak kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat yang bisa melawan infeksi bakteri dan jamur penyebab iritasi.

Basahi kapas dengan minyak kelapa secukupnya dan tempelkan pada kelopak mata yang sakit. Diamkan selama beberapa menit.

Anda bisa mengompres mata selama tiga hingga empat kali sehari.

# Lidah buaya

Sebuah penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology menyebutkan, ekstrak lidah buaya baik untuk meredakan infeksi di bagian mata.

Cukup oleskan getah lidah buaya di sekeliling mata dan pada kelopak mata yang mengalami iritasi lalu biarkan meresap. Kandungan aloin dan amodin dalam lidah buaya bisa membantu ringankan mata bengkak dan gatal.

Sensasi dingin dari getahnya juga akan membuat mata jadi lebih nyaman. Tapi, jangan mengoleskan getah langsung ke permukaan mata.

# Susu murni

Susu murni bisa membantu Anda untuk mengobati sakit yang diakibatkan alergi ataupun iritasi debu.

Caranya, cukup menggunakan kapas yang ditetesi susu murni dan kompreskan pada area mata yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin untuk mengurangi tanda-tanda sakit mata.

***

Itulah cara alami mengobati iritasi pada mata. Jika tidak kunjung reda, sebaiknya kunjungi dokter. Selamat mencoba!

KLIK INI:  Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Angka Kedua Saat Mengukur Tekanan Darah
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!