Selain Merawat Tanaman, 4 Aktivitas Ramah Lingkungan Ini Sangat Bermakna Saat di Rumah!

Publish by -453 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Cara Membuat Taman Rumah Berkelanjutan dengan 3 Pertanyaan
Ilustrasi menanam - Foto/Okezone

Klikhijau.comPandemi covid-19 telah membuat kita terbiasa ada di rumah berlama-lama, bekerja dan merawat tanaman.

Dalam empat bulan terakhir, tren menanam dan merawat bunga mendadak massif digandrungi. Lihat saja di sosial media, orang-orang berfose di rumahnya dengan latar tanaman sayur atau bunga-bunga. Ini cukup menggembirakan, setidaknya karena semakin banyak orang yang menanam.

Memperbanyak tanaman di halaman rumah tentu sangat baik untuk kesehatan dan lingkungan. Menanam juga membuat kita bahagia. Menanam adalah cara membangun harapan, impian dan optimisme. Pada situasi pandemi yang lumayan mencemaskan ini, kita perlu melakukan hal-hal baik yang membahagiakan, sekaligus memberi harapan.

Sahabat Hijau, selan merawat tanaman Aglonema, anthurium atau sayuran organik di pekarangan rumah, ini 4 aktivitas lainnya yang cukup menghibur dan ramah lingkungan saat kamu berada di rumah!

KLIK INI:  Cara Membuat Taman Rumah Berkelanjutan dengan 3 Pertanyaan
Mengamati perkembangan tanaman

Kalau kamu punya sederet tanaman bunga di pekarangan, tentu sangat menyenangkan. Tak hanya karena kamu punya kesempatan merawatnya. Pada kesempatan yang lowong, mengamati perkembangan tanaman ternyata bisa jadi satu aktivitas yang menyenangkan.

Mengamati tanaman bisa dilakukan kapan saja dalam waktu yang lama. Pokoknya “suka-suka kamu”. Pada bunga-bunga mekar yang kamu tanam, setiap saat, kamu dapat memanen eksotikanya. Mengamati tanaman membuat hati dan pikiran lebih tenang.

Saat mengamati tanaman, kamu juga dapat mengidentifikasi perkembangannya. Mencatat hal-hal yang perlu dibenahi saat waktu perawatannya tiba atau menemukan inspirasi untuk dekorasi dan tata letaknya.

Berselancar membaca informasi perihal tanaman

Membaca referensi atau artikel mengenai tanaman itu sangat menarik untuk menambah wawasan. Bila selama ini, kamu banyak membaca apa saja melalui seperti berita atau buku-buku umum. Tak ada salahnya mencoba berselancar membaca artikel perihal tanaman.

KLIK INI:  Sensasi Bahagia Berkebun di Rumah, Mulailah dengan Menanam 4 Jenis Sayuran Ini!

Kamu dapat menemukannya melalui website, atau dengan mengakses buku-buku (offline maupun online) mengenai tanaman.

Pengetahuan tentang tanaman akan semakin menginspirasi kamu tetap menanam dan menemukan hal-hal baru perihal tanaman. Mulai dari filosofi di balik sebuah tanaman, manfaatnya hingga profil sebuah pohon atau tumbuhan.

Mengikuti Webinar perihal isu lingkungan

Selama pandemi, hampir semua aktivitas berlangsung secara virtual melalui Webinar via zoom, Youtube atau Instagram. Nah, kamu bisa mengikuti kegiatan virtual yang khusus tema lingkungan setiap saat. Ada banyak sekali loh, Sahabat Hijau!

Webinar yang ada membahas pelbagai topik menarik. Diantaranya tentang flora fauna, masalah urban farming, tips-tips hijau, hingga pada isu-isu yang lebih spesifik seperti daur ulang sampah, dan lainnya.

KLIK INI:  Gratis dan Melimpah, Peternak Ini Jadikan Eceng Gondok sebagai Pakan Ayam Kalkun

Dengan begitu, kamu dapat memperoleh pengetahuan baru langsung dari pakarnya atau pegiat lingkungan. Akses informasi mengenai Webinar bertajuk lingkungan setiap saat dari banyak sumber, melalui Grup WhatsApp, Klikhijau, atau melalui organisasi yang memang concern pada masalah lingkungan.

Mengikuti Webinar sekaligus akan membuat Anda punya perspektif baru dan komunitas baru. Beberapa organisasi selama pandemi ini bahkan menawarkan even kerjasama menarik seperti Lomba menulis tema lingkungan hingga Fellowship penulisan dengan nominal yang lumayan.

Menulis artikel tema lingkungan

Nah, ini yang mungkin belum terpikirkan oleh banyak orang. Menulis apa saja bisa dilakukan dan bisa dishare ke sejumlah website. Dengan begitu, ide-ide kamu akan dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang. Kamu juga dapat memperoleh manfaat lain di sana, semisal honorarium dari poin artikel, popularitas hingga jaringan.

Tak ada salahnya menulis masalah-masalah yang bertema lingkungan. Bisa saja mengenai pengalaman kamu dalam merawat tanaman atau berkebun atau pengamatan kamu soal lingkungan sekitar. Tulisan itu bisa dikirim ke website relevan yang memang punya pembaca khusus dengan ketertarikan isu yang sama.

Ayo, tunggu apalagi? Selain merawat tanaman, 4 aktivitas ini juga dapat kamu lakukan untuk tetap bahagia dan ramah lingkungan. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  5 Cara Mudah Bercocok Tanam di Pekarangan Ala Petani Milenial Makassar
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!