Selain Menawan, 5 Tanaman Hias dengan Kembang Putih Ini Juga Mustajab!

oleh -513 kali dilihat
Selain Menawan, 5 Tanaman Hias dengan Kembang Putih Ini Juga Mustajab!
Bunga bakung

Klikhijau.com –  Pernahkah kamu melihat tanaman hias dengan kembang berwarna putih menawan? Ada sebagian di antaranya ternyata tak hanya sekadar estetis tetapi juga kaya manfaat.

Secara umum, ada tiga manfaat dari tanaman hias. Pertama, memberikan manfaat pada alam yakni dengan menyerap polusi udara dan debu serta polusi suara, menyerap air hingga menjaga lestarinya keanekaragaman hayati. Sebagai contoh, dengan banyaknya tanaman di pekarangan rumah, akan menjadi tempat hidup makhluk hidup lain seperti serangga, burung, kupu-kupu, capung dan lainnya.

Kedua, manfaatnya dalam memperindah halaman rumah. Warna-warni pada daun atau bunga pada tanaman hias memberi manfaat penting untuk estetika dan menyenangkan dipandang mata.

Ketiga, ada beberapa tanaman hias yang juga bermanfaat sebagai obat. Di Indonesia, penggunaan sejumlah tanaman hias untuk mengatasi ragam penyakit telah dilakukan sejak lama dan menjadi satu warisan leluhur yang turun-temurun.

Tanaman hias kembang putih

Berikut, kami merangkum 5 tanaman hias dengan kembang berwarna putih yang juga mengandung manfaat pengobatan, apa saja jenis dan manfaatnya, simak penjelasannya!

KLIK INI:  Panduan Lengkap Merawat Tanaman dalam Ruangan
  • Bunga bakung
Bunga bakung
Bunga bakung dengan kembang berwarna putih

Bunga bakung (Crinum asiaticum L) tumbuh di hampir semua wilayah di Indonesia. Dikenal dengan ragam nama antara lain bakong, bawang brojol, bakueng atau bawang tembaga.

Bunga yang kerap ditanam bergerombol di tepi pagar ini akan tampak menarik saat telah berbunga. Warna bunganya putih bersih. Selain indah, bakung dikenal kaya manfaat dan dipakai dalam pengobatan antara lain untuk mengobati rematik, bisul, radang kulit dan borok.

  • Cempaka putih
cempaka putih
Cempaka putih – Foto/Menews

Cempaka putih (Michelia alba DC), merupakan tumbuhan berkayu yang dapat tumbuh setinggi 30 meter. Daunnya tunggal berbentuk bulat telur. Sedangkan bunganya berwarna putih dan mengeluarkan aroma yang harum.

Cempaka putih banyak tumbuh di Indonesia khususnya di daerah pesisir bahkan banyak dijumpai di daerah pemakaman.

KLIK INI:  10 Bunga Unik dan Misterius yang Bikin Geleng Kepala!

Pada kembangnya yang menawan berwarna putih, cempaka putih ternyata kaya manfaat antara lain bunganya dapat digunakan untuk mengobati bronkhitis, demam, keputihan dan prostat. Sedangkan, akarnya dapat mengobati infeksi saluran kemih.

  • Bunga kaca piring
bunga putih kacapiring
bunga kaca piring – Foto/bibitbunga

Namanya unik, kaca piring. Kaca piring dapat tumbuh tegak dengan ketinggian bisa mencapai 2 meter. Batangnya bulat berkayu dan bercabang.

Daunnya berlapis lilin dan berwarna hijau. Warna bunganya putih cerah yang keluar dari ujung ranting dan juga mengeluarkan aroma wangi.

Bagian dari tanaman ini yang digunakan sebagai obat adalah buahnya yang dapat meningkatkan fungsi hati dan menenangkan emosi, melancarkan aliran empedu ke usus, antiradang, antibiotik, pereda demam, peluruh dahak dan penawar racun.

Sedangkan bagian akar dan bunganya berkhasiat sebagai peluruh haid. Bunganya juga berkhasiat untuk peluruh kencing. Daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi demam, sesak napas, darah tinggi dan sariawan.

KLIK INI:  Bunga Ekor Kucing, Morfologi, Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan
bunga kecubung kembang putih
kecubung terompet

Kecubung (Dature metel) termasuk tumbuhan perdu yang berkayu yang dapat tumbuh hingga 2 meter.  Daunnya bulat telur, pada bagian tepinya berlekuk tajam dan letaknya berhadap-hadapan.

Bunga kecubung menyerupai terompet dan warnanya putih cerah. Tanaman ini hidup di daerah dataran rendah sampai ketinggian 800 m dpl.

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daun dan bunganya. Khasiatnya antara lain mengobati asma, reumatik, sakit pinggang, pegal linu, bisul dan eksim.

bunga kembang putih
Bunga pukul delapan

Bunga pukul delapan merupakan tanaman berbunga indah berwarna putih kekuningan. Tanaman ini akan mekar bunganya pada pukul 12 siang. Mahkota bunganya berbentuk bulat telur sunsang. Buahnya berbentuk lebar dengan biji lebih dari 30.

Bagian dari tanaman ini yang berkhasiat obat adalah daun dan akarnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, perut kembung, rematik, bengkak karena memar, dan kurang nafsu makan.

Itulah 5 diantaranya tanaman hias dengan kembang berwarna putih yang indah menawan sekaligus kaya manfaat. Ayo ditanan!

KLIK INI:  Kembangnya Menawan, Begini Cara Menanam dan Merawat Bunga Masamba!