Selain Indah, Anthurium Bunga Ini Punya Hal Spesial yang Membahagiakan

oleh -389 kali dilihat
Selain Indah, Anthurium Bunga Ini Punya Hal Spesial yang Membahagiakan
Anthurium bunga - Foto/Ist

Klikhijau.com – Ada puluhan jenis bunga Anthurium yang populer karena bentuk daun dan bunganya. Pada beberapa jenis yang ada, satu di antaranya tampak mencolok dengan kembang merahnya.

Yah, jenis ini namanya Anthurium andraeanum atau lazim dinamai pula Anthurium bunga. Tanaman yang berasal dari Kolombia ini memang dikenal sebagai tanaman berbunga. Karena itu pula, tanaman dari keluarga Araceae ini dinamai pula tailflower atau bunga flamingo.

Bila diperhatikan secara seksama, bunga merah yang muncul di antara dedaun hijaunya adalah pesona khasnya. Bila dipotret di malam hari, penampakannya akan terlihat seperti bunga hias plastik. Merah kembangnya benar-benar tegas dan otentik. Indah.

Apakah hanya ini saja yang membuat Anthurium ini istimewa? Tidak rupanya, sebab masih ada beberapa hal lagi hal mengejutkan yang dimilikinya. Penasaran apa saja, ikuti pembahasannya:

KLIK INI:  Mengenal Anggrek Bulan (Phalaenopsis) dan Cara Merawatnya
Hal spesial pada anthurium
Anthurium bunga
Anthurium bunga yang dipotret malam hari – Foto/Ist

Seorang pegiat tanaman hias di Kota Bunga Malino Kabupaten Gowa bernama Nurhayati (46) membeberkan, setidaknya tiga hal istimewa pada Anthurium bunga yang membahagiakan pemiliknya.

Pertama, bunga merah yang eksotis dengan warna merah tajam ternyata bisa dinikmati dalam waktu lama. Berbeda dengan tanaman bunga lainnya yang hanya bisa dinikmati pesona kembangnya sesaat, bunga pada Anthurium bisa bertahan lebih lama.

Karena bunganya awet, pemiliknya tentu akan bahagia. Menikmati pesona kembang merah yang indah tentu membahagiakan. Jadi, bagi kamu yang menyukai pesona kembang merah, tanaman ini bisa jadi pilihan.

“Kembang merahnya bisa bertahan sampai enam bulan lamanya,” kata Nurhayati.

Lumayan lama bukan? Terlebih bila tanamannya subur, sehingga bisa mengeluarkan beberapa kuntum bunga merah pada satu pot. Sungguh suatu pemandangan yang bikin happy!

Hal kedua yang membahagiakan adalah harganya yang terjangkau. Di Marketplace, tanaman ini dibanderol amat terjangkau yakni kisaran Rp.25.000 hingga Rp.50.000, tergantung ukurannya.

KLIK INI:  4 Jenis Anthurium yang Pernah Naik Daun, Bagaimana Nasibnya Kini?

Di Kota Malino, harga Anthurium bunga juga tidak jauh beda dengan marketplace. Negosiasi dengan penjual tentu bisa dilakukan sampai harga pas dan tanaman kualitas terbaik.

Selain itu, dengan membeli langsung di sumbernya, kamu juga bisa mendapatkan suntikan informasi mengenai cara perawatannya.

Hal ketiga yang membahagiakan dari memiliki tanaman bunga ini adalah karena fungsinya yang benar-benar luar biasa. Yah, Anthurium andaeanum dapat berfungsi sebagai tanaman pembersih udara dalam ruangan.

Menurut NASA, Anthurium jenis ini sangat ampuh melenyapkan formaldehyde, xylene, toluene, dan amonia pada udara.

Tiga hal ini rasanya sudah cukup yah untuk kita segera mengoleksi tanaman ini. Keuntungan lainnya yang tak kalah menariknya adalah perawatannya yang tidak rewel.

Selain penyiraman rutin, media tanam yang baik juga perlu diperhatikan. Jangan lupa mengatur posisinya, karena akses cahaya tidak langsung sangat cocok untuk tanaman berbunga ini.

Demikian, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Philodendron Selloum, Keistimewaan, Pertumbuhan dan Tips Merawatnya