Selain Indah, 5 Jenis Tanaman Pagar Hidup Ini Bikin Rumah Terhindar dari Polusi

oleh -463 kali dilihat
Selain Indah, 5 Jenis Tanaman Pagar Hidup Ini Bikin Rumah Terhindar dari Polusi
Ilustrasi - Foto/CNNIndonesia

Klikhijau.com – Pagar merupakan bagian terluar dari rumah yang menjadi komponen pelengkap, tidak hanya sebagai pengaman, tetapi juga penambah keindahan eksterior rumah.

Dalam perkembangannya, pagar selalu dicirikan dengan besi, tembok baja dengan pola desain yang cantik dan elegan. Identik dengan tingkat sosial, perkembangan budaya dan teknologi.

Namum, apakah sahabat hijau pernah mendengar mengenai tanaman pagar hidup?

Tanaman pagar hidup yang dimaksud disini adalah pemanfaatan beberapa jenis tanamam yang ditata sedekian rupa sehingga memberikan pola dekoratif yang memiliki fungsi ekologis dan memberi kesan alami.

Di beberapa negara seperti Jepang pemanfaatan pagar hidup dari tanaman merupakan bagian penting, selain karena keunikannya dan sifatnya yang multifungsi,  juga memberi dampak yang baik bagi lingkungan dan kesehatan.

Nirwono yoga,seorang arsitek langkap berpendapat bahwa pagar tanaman dapat mengantarkan atmosfer alami pada fasad rumah.

Beberapa riset juga menujukkan bahwa Pagar hidup dari tanaman dapat mencegah debu,polusi dan radiasi sinar matahari.Juga sebagai sebagai filter suara dan filter bau yang mengeluarkan wewangian (aromatic) yang dapat menyaring bau dan meredam kebisingan lalu lalang kendaraan.

KLIK INI:  10 Penyebab Tanaman Outdoor Menguning Plus Cara Mengatasinya

Hal ini dikarenakan tanaman hidup akan berfotosintesis pada siang hari dan menyerap karbooksida (CO2) dan melepaskan oksigen (O2) sehingga membuat udara menjadi lebih segar.

Kriteria tanaman untuk pagar

Berikut ini kriteria tanaman untuk pagar yang perlu dipahami:

Tahan terhadap perubahan cuaca dan meiliki kemampuan berdaptasi

– Mempunyai siklus hidup yang panjang

– Tidak mudah mengugurkan daun

– Mudah dirawat dan bukan tanaman produktif

– Tidak disukai hewan herbivore

Untuk lebih lanjut ayo berkenalan dengan 5 jenis tanaman pagar hidup yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mempercantik dan memperindah eksterior  rumah.

KLIK INI:  Memesona dan Perawatan Mudah, 5 Tanaman Hias Bakal Hit Tahun Ini
  1. Tanaman pagar teh-tehan

Tanaman yang dikenal dengan nama latin Acalypha siamensis, yang lebih popular disebut teh-tehan atau teh hutan dapat menjadi pilihan untuk dijadikan tanaman pagar.

Bukan tanpa alasan, tanaman yang berasal dari Genus Acalypha,memiliki cabang yang  banyak dan membentuk semak. Daunnya juga berukuran sedang dan tumbuh membentuk rumpun. Selain itu dalam hal perawatannya juga cukup mudah, bentuk pertumbuhanya yang padat membuatnya  dapat membuatnya kedap suara.

  1. Tanaman pagar Bunga Soka

Bunga Soka merupakan tanaman hias yang banyak tumbuh di Indonesia, memiliki nama latin Ixora. Termasuk tanaman yang berbunga di famili Rubiaceae. Ini adalah satu-​satunya genus di tribus Ixoreae.

Genus ini terdiri dari pohon dan semak tropis. Jika telah  tumbuh besar  tanaman ini memiliki bentuk yang padat sehingga dapat dibentuk dengan mudah sesuai keinginan kamu.

Sangat cocok dijadikan tanaman  pagar hidup karena bunganya yang cantik juga dapat mengundang kupu-kupu dan jenis serangga lainnya. Dapat bertahan pada daerah tropis dan subtropis.

KLIK INI:  Impatiens Walleriana, Tumbuhan Berbunga yang Bisa Menumbuhan Dirinya Sendiri
  1. Tanaman pagar bambu kuning

Tanaman Bambu kuning adalah salah satu jenis bambu yang dapat dijumpai di daerah tropis, bambu jenis ini memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning.

Tanaman bambu kuning dapat merehabilitasi lahan dan menjaga keasrian lingkungan, karena memiliki kemampuan menyimpan 5.000 liter air.Selain berfungsi mempercantik rumah, juga dapat  meredam suara bising.

  1. Tanaman pagar Bugenvil

Tanaman bugenvil yang lebih popular dikenal sebagai bunga kertas, dapat kamu jadikan tanaman pagar hidup. Bukan tanpa alasan, tanaman ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan memiliki bunga berwarna orange, merah, kuning dan ungu  memiliki duri pada batangnya yang dapat mencegah hewan masuk kehalaman rumah.

Selain itu, bunga tanaman ini memiliki kelopak yang sangat tipis bahkan hampir sama dengan daunnya. Perawatannya pun sangat mudah, hanya perlu memangkas batang yang sudah mengeras.

  1. Tanaman pagar Boxwood

Tanaman pagar boxwood atau juga dikenal dengan boksus ini termasuk tanaman pagar yang sempurna.Tekstur daun tanaman yang rapat, dan dapat tumbuh tinggi hingga 6 meter.  pagar boxwood biasanya digunakan untuk membuat labirin seperti layaknya di buku dan film fiksi.

Meski dipototng berulang-ulang, tanaman pagar satu ini dapat dengan cepat tumbuh, selain itu daunnya yang hijau membuatnya tampak asri. Dengan sifat daun yang serbaguna, dapat dibentuk geometris yang terpotong rapat atau dibentuk sesuai dengan kinginan kamu.  Juga dalam hal perwatan, kamu dapat membeli artifial sehingga tidak repot dalam perawatannya.

Boxwood tumbuh dengan cepat dan subur meskipun mengalami pemotongan berulang kali. Boxwood merupakan tanaman pagar yang sempurna untuk membuat rumah terlihat hijau dan asri. Anda dapat membeli Boxwood artifisial sehingga tidak perlu repot dalam hal perawatan.

Demikianlah pembahasan mengenai tanaman pagar hidup, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Tanaman Bungur, Peneduh Jalan yang Kaya Khasiat