Selain Enak Dirujak, Buah Mangga juga Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

oleh -635 kali dilihat
Selain Enak Dirujak, Mangga juga Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan
Potongan daging mangga/Foto-IK Media

Klikhijau.com – Mangga adalah salah satu buah yang digemari banyak orang. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa buah mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam satu cangkir daging mangga potong dadu sebanyak 100 kalori, 1 gram protein, 0,5 gram lemak, 25 gram karbohidrat, 100 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C dan 35 persen vitamin A.

Selain itu, secangkir daging mangga juga mengandung 20 persen folat, 10 persen vitamin B-6, 8 persen vitamin K dan kalium. Banyak bukan?

Berbagai pencegahan dan pengobatan dari buah mangga ini juga banya. Simak penjelasan berikut!

KLIK INI:  Buah Pare yang Rasanya Pahit, Nyatanya Kaya Manfaat
# Mencegah kanker

Mangga memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Penelitian oleh The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker).

Penelitian lain yang dilakukan oleh tim dari Texas AgriLife Research diketahui, ekstrak polifenol mangga dapat mencegah perkembangan sel kanker pada usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, dan jaringan prostat. Buah ini terbukti paling efektif mencegah risiko kanker payudara dan usus besar.

Penelitian dari Malaysia menunjukkan bahwa kulit mangga mengandung zat polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan berbagai senyawa aktif lainnya yang berpotensi sebagai terapi antikanker yang lebih kuat daripada daging buahnya sendiri.

# Menambah berat badan

Mengonsumsi mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150 gram mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh.

Mangga juga mengandung pati yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan.

# Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat mangga lainnya adalah menghilangkan masalah gangguan pencernaan dan keasaman berlebih.

Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehid berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

# Menyembuhkan anemia

Bagi orang yang menderita anemia, makan mangga bisa jadi solusi karena kaya zat besi. Asupan yang teratur dan dimoderasi dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

KLIK INI:  Alami Gejala Kekurangan Kalium? Atasi dengan Makanan Ini
# Mencegah sakit jantung

Mangga mengandung serat, kalium dan vitamin yang dapat menangkal penyakit atau masalah pada jantung. Ini karena kenaikan asupan kalium akan sebanding pula dengan penurunan zat sodium dalam tubuh.

Kandungan kalium pada mangga bermanfaat mengatur denyut jantung agar selalu stabil dan juga teratur. Konsumsilah buah mangga yang segar sekitar 250 gram rutin setiap harinya.

# Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah mangga. Keduanya dilaporkan dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata.

Kandungan tersebut juga melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya dan memperlambat perkembangan katarak.

Vitamin A yang terkandung dalam buah mangga juga dapat membantu menjauhkan penyakit mata, seperti rabun jauh dan iritasi pada mata.

# Menurunkan kadar kolesterol

Buah mangga memiliki banyak kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain kandungan prebiotik serat makanannya yang tinggi, mangga juga mengandung vitamin c yang tinggi.

Kandungan pektin pada mangga juga ikut berperan untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

# Meningkatkan imun tubuh

Buah mangga yang kaya akan serat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Terdapat 25 jenis vitamin yang terdapat di dalam buah mangga.

Kandungan tersebut membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh selalu bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

KLIK INI:  Mentimun, Diburu di Bulan Puasa dan Manfaatnya yang Besar Bagi Kesehatan