Selain Enak Dimakan, Kentang Ungu Juga Bisa Cegah Berbagai Penyakit

oleh -340 kali dilihat
Selain Enak Dimakan, Kentang Ungu Juga Bisa Cegah Berbagai Penyakit
Kentang ungu/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Ada yang tak pernah berubah jika sedang berada di kampung halaman. Setiap pagi di atas meja selalu tersedia segelas kopi dan makanan.

Seperti hari biasa, hari ini pun tersedia kopi dan ubi berwarna ungu. Rasanya begitu lezat. Apalagi dikonsumsi saat masih hangat.

Ubi ungu atau kentang ungu ini memang selalu menjadi bahan makanan pengganti nasi. Sebuah penelitian menyebut kentang ungu sangat kaya dengan serat dan protein, namun rendah kalori.

Tertulis di laman CNN Indonesia, ubi ungu memiliki karbohidrat yang lebih rendah dari nasi.

KLIK INI:  Rutin Menggigit Bawang Putih Bisa Cegah Banyak Penyakit

Umbi ini bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng tapi lebih sehat jika direbus atau dikukus. Kentang yang dimasak memiliki rasa yang sedikit seperti kacang dan earthy.

Warna ungu alami dari umbi ini sendiri berasal dari konsentrasi antosianin yang dikandungnya. Memiliki kandungan serat yang tinggi, potasium, dan vitamin B, seperti dikutip dari Boldsky.

Kentang ungu juga memiliki kandungan antioksidan, empat kali lebih tinggi dari kentang biasa.

Dari kandungan-kandungan tersebut, umbi ini tentulah punya manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi. Simak manfaat kentang ungu berikut!

# Turunkan tekanan darah

American Chemical Society menyebut, phytochemical yang bernama cholorgenic acid pada kentang ungu membantu menurunkan tekanan darah.

Sementara, kalium yang diperoleh saat makan kentang ungu, berasal dari senyawa polifenol. Polifenol disebut berfungsi mirip obat penurunkan tekanan darah.

# Lancarkan sirkulasi darah dan cegah stroke

Tak disangka, makanan alami yang satu ini ternyata sering dikonsumsi sebagai terapi stroke. Kentang ungu bisa mengurangi kadar kolesterol yang menipiskan darah sehingga sirkulasi lancar dan tersuplai ke seluruh tubuh.

Penelitian yang terbit dalam Journal of Biochemical and Molecular Toxicology menemukan, asam klorogenik bisa menunda akumulasi penggumpalan darah yang bermuara pada stroke.

KLIK INI:  Berbagai Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet
# Antioksidan tinggi

Antioksidan memang selalu berhubungan dengan berbagai macam manfaat kesehatan. Fungsi utamanya adalah menangkal radikal bebas yang bisa membuat peradangan serta penyakit lain.

Kandungan warna ungu menunjukkan adanya antioksidan tinggi, terutama antioksidan polifenol yang disebut anthocyanin.

Mirip dengan kentang putih dan kuning, varietas ungu mengandung senyawa karotenoid, asam caffeic, scopolin, asam klorogenik dan asam ferulic.

# Penurun efek stres oksidatif

Anthocyanin pada kentang ungu memiliki kemampuan melindungi sel dari stres oksidatif.

Stres oksidatif ini akan menyebabkan peradangan kronis, kanker, sampai infertilitas pria.

# Pencegah sembelit, kram, dan kembung

Ternyata, makanan yang satu ini juga ampuh mengatasi masalah pencernaan. Umbi yang keseluruhannya berwarna ungu ini mengandung jumlah serat yang tinggi.

Ini menjadikan ubi ungu merangsang gerak peristaltik di usus kecil. Jika rangsangan tersebut baik, bisa meredakan gejala sembelit, kram, kembung, bahkan sakit perut atau mulas.

# Baik untuk kesehatan jantung

Semua jenis kentang mengandung potasium, termasuk kentang yang satu ini. Konsentrasi potasium sangat penting untuk berfungsinya otot, termasuk jantung.

Selain itu, kandungan antosianin dalam kentang ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

KLIK INI:  Miliki Kuku Kuat dan Sehat dengan Mengonsumsi Makanan Ini!