Sederhana dan Murah, Ini 8 Cara Mengusir Bau Daging Kambing

oleh -22 kali dilihat
Konsumsi Daging Kambing Pacu Tekanan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta
Daging kambing - Foto/Malangvoice

Klikhijau.com – Kambing menjadi salah satu hewan yang bisa dikurbankan. Karenanya pada  Perayaan Iduladha atau Idulkurban selalu identik pula dengan kambing.

Masalahnya, banyak orang tidak doyan makan daging kambing. Salah satu alasannya karena baunya yang menyengat.

Jadi, memasak daging kambing memiliki tantangan tersendiri, bagaimana menghilangkan bau prengus atau bau tidak sedap itu.

Konon, daging kambing jantan jauh lebih berbau dari kambing betina. Itu karena kambing jantan memiliki zat feromon.

KLIK INI:  Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak menyukai daging kambing hanya karena baunya. Sebab banyak cara bisa ditempuh untuk menghilangkan baunya, di antaranya:

  • Hindari mencuci daging

Memasak daging kambing tidak sama dengan daging lainnya. Bila pada umumnya, sebelum dimasak daging terlebih dicuci agar bersih. Namun, tidak demikian dengan daging kambing, sebaiknya jangan dicuci sebelum dimasak.

Karena apabila dicuci, justru akan  mempertajam bau prengus. Selain itu akan membuat tekstur dagingnya menjadi keras atau alot.

Jadi, jika ingin memasaknya sebaiknya langsung saja diolah  dengan memasukkannya  ke dalam air rebusan bumbu rempah yang telah disiapkan.

  • Buang lemaknya

Daging satu ini memang harus diperlakukan istimewa, karena selain dilarang mencucinya. Cara lain yang bisa ditempuh agar baunya menghilang adalah dengan membuang bagian lapisan lemak yang menempel manja pada dagingnya.

Jika Anda bingung membedakan mana lemak mana daging, cara membedakannya gampang saja, sebab lemak  biasanya  berwarna putih.

Sebelum memasaknya, buanglah lapisan lemak tersebut. Meski lemak memberi rasa yang enak pada daging, namun demi menghilangkan baunya silakan dibuang.

Jika tetap ingin mempertahankan dan menikmati rasa gurih pada daging kambing, tidak usah membuang semuanya, sebagian saja sehingga bau prengusnya juga bisa berkurang.

  • Baluri parutan nanas

Buah nanas selain bisa meghilangkan bau pada daging, juga memiliki sifat yang bisa melembutkan tekstur daging.

Buah nanas mengandung bromelain, kandungan itulah yang mampu menguraikan serat daging. Caranya mudah, cukup parut satu buah nanas. Setelah itu balurkan ke seluruh permukaan daging dan remas dagingnya.

Langkah selanjutnya adalah mendiamkan daging yang telah dibaluri parutan nanas selama kurang lebih 30 menit.

KLIK INI:  7 Manfaat Sorgum, Baik untuk Jantung hingga Perkuat Daya Tahan Tubuh
  • Beri perasan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat, selain dapat menghilangkan bau pada daging, juga juga bisa membantu membunuh bakteri.

Caranya, cukup membaluri daging dengan perasan jeruk nipis ke seluruh bagian daging. Setelah dibaluri diamkan selama kurang lebih 30 menit.

  • Balur dengan garam

Membaluri daging kambing  dengan garam dipercaya pula dapat menghilangkan bau prengus dan amis pada daging.

Caranya sederhana saja, cukup baluri daging dengan garam lalu diamkan selama kurang lebih 60 menit. Garam yang meresap ke dalam daging akan menetralkan bau dan amis dari darah kambing.

  • Rebus  dengan cuka

Merebus daging dengan cuka juga diyakini ampuh menghilangkan aroma kurang brsahabat pada daging.

Caranya, yakni dengan merebus kambing pada air yang diberi cuka. Untuk waktunya sendiri tidak perlu lama, cukup biarkan airnya mendidih, setelah itu masaklah atau beri bumbu.

KLIK INI:  Misi Kemanusiaan untuk Palestina pada Semangkuk Sup Konro
  • Rendam dengan rempah

Merendam dengan rempah menjadi langkah selanjutnya yang bisa ditempuh untuk menghilangkan aroma pada daging.

Rempah yang bisa digunakan di antaranya daun jeruk, ketumbar dan bawang putih. Setelah ketiga rempah itu sudah siap, rendamlah daging selama kurang lebih 30 menit.

Selain ketiga rempah tersebut, Anda juga  bisa menggunakan daun jahe, serai, dan kemangi sebagai air rempah rebusan untuk merendamnya.

  •  Bungkus daun pepaya

Daun pepaya, juga bisa jadi solusi untuk menghilangkan bau pada daging kambing. Caranya cukup sederhana, hanya dengan membungkusnya dengan daun pepaya. Setelah itu daging diremas kurang lebih  60 menit kemudian memasaknya.

Sari pati daun pepaya tidak hanya menghilangkan bau, tetapi juga dapat mengempukkan daging kambing sehingga lebih nikmat disantap.

Itulah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan aroma kurang sedap pada daging kambing dilansir dari CNN. Jadi, selamat mencoba, selamat menikmati!.

Dan selamat Hari Raya Iduladha, mohon maaf lahir dan batin.

KLIK INI:  Cerita tentang Kopi TOPIDI, Cita Rasa yang Tersembunyi di Balik Kepopuleran Malino