Sedekah, Solusi Bijak bagi Pendanaan Pemulihan Lingkungan

oleh -17 kali dilihat
Bagaimana Membedakan Tanah Subur dan Tanah Tidak Subur
Ilustrasi - Foto: Ist

Klikhijau.com – Memulihkan lingkungan tidak bisa dilakukan seorang diri. Semua pihak harus bahu membahu mewujudkannya.

Apalagi pemulihan lingkungan membutuhkan dana. Karena itu, sedekah pendanaan dalam pemulihan lingkungan sangat mungkin ditempuh.

Nantinya sedekah itu akan digunakan untuk kepentingan dalam memulihkan lingkungan agar tetap terjaga dan berkelanjutan.

Di Indonesia, sumber pendanaan pemulihan lingkungan telah dibentuk oleh pemerintah, yakni satu badan layanan umum yang bernama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

KLIK INI:  SD Inp Unggulan BTN Pemda Lakukan Penguatan Lingkungan Hidup

Sumber dana pemulihan lingkungan itu berasal dari APBN, dana hibah, swasta, publik, filantropi, dan kerjasama bilateral.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (KLHK) pada tahun 2022 memperoleh anggaran belanja sekitar 7,4 triliun rupiah.

Namun, sangat disayangkan  di tahun 2022 ini rencana anggaran belanja KLHK dari APBN mengalami penyusutan, yakni hanya  7,1 triliun rupiah.

Selain anggaran yang telah ditetapkan itu, maka sedekah pendanaan pemulihan bisa saja dilakukan bersama dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Adopsi pohon

Mengadopsi pohon adalah pilihan bagi mereka yang ingin memulihkan keadaan planet ini dengan meningkatkan kelestarian hutan. Adopsi pohon mendukung operasi reboisasi yang ada di Indonesia untuk memulihkan 270.000 hektar hutan primer yang hilang sejak 2001-2019.

Adopsi ini dapat dipertahankan dengan menanam pohon baru atau merawat pohon besar yang sudah ada. Banyak dari tindakan reboisasi ini dilakukan oleh organisasi nirlaba yang bekerja untuk melindungi ekosistem hutan.

Untuk dapat mengadopsi pohon, Anda dapat berdonasi melalui saluran donasi agensi atau langsung turun ke lapangan untuk menanam pohon adopsi Anda.

KLIK INI:  Pengelolaan Sampah untuk Pengendalian Perubahan Iklim

Dengan mengadopsi pohon, Anda sebagai penjaga pohon membantu memulihkan ekosistem hutan yang hilang untuk meminimalkan dampak krisis iklim melalui penyerapan karbon di pohon.

  • Sedekah penyelamatan binatang

Anda tidak hanya bisa bersedekah kepada sesama manusia, tetapi Anda juga dapat memberikan manfaat amal dan komunikasi untuk hewan langka di Indonesia.

Cara ini mirip dengan pohon, amal untuk hewan secara luas dipraktikkan oleh organisasi nirlaba. Melindungi satwa endemik Indonesia seperti gajah sumatera, harimau sumatera, orangutan, penyu, badak dan cenderawasih juga membutuhkan dukungan dana untuk menjaga keanekaragaman hayati.

Hasil dari sedekah yang diberikan untuk melindungi hewan endemik digunakan untuk mendanai tindakan konservasi dan pemulihan habitat hewan.

KLIK INI:  Ini yang Harus Diketahui Mengenai Teknik Pengelolaan Limbah Medis
  • Wakaf bumi

Wakaf adalah harta yang diberikan kepada masyarakat agar manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Ada banyak jenis aset yang bisa menjadi dana keagamaan, seperti properti, tanah, utilitas, uang, persediaan makanan dan air, bahkan benih.

Wakaf juga dapat mendukung tindakan perlindungan lingkungan bermanfaat bagi masa depan umat manusia. Salah satu inovasi wakaf yang didedikasikan untuk perlindungan lingkungan adalah Wakaf Hijau yang digagas oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Wakaf Indonesia.

Wakaf Hijau menggunakan dana wakafnya untuk program reboisasi di lahan-lahan kunci untuk memulihkan ekosistem dan meminimalkan degradasi lingkungan.

  • Sedekah pengelolaan sampah

Melalui sedekah pengelolaan sampah Anda bisa memulihkan lingkungan. Caranya  dengan menyumbangkan sebagian dari mata pencaharian yang Anda miliki.

Dengan cara itu Anda dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam berbagai tindakan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, seperti menyediakan fasilitas dan layanan untuk mengumpulkan dan mengolah sampah, kepada pemulung dan pekerja sampah, menyelenggarakan berbagai program pendidikan pengelolaan sampah  mengembangkan kebijakan dan strategi pengelolaan sampah di Indonesia.

Selain itu, Anda juga dapat mendonasikan sebagian uang atau juga bisa mendonasikan sampah yang Anda miliki ke berbagai lembaga atau layanan pemrosesan sampah yang ada di tanah air.

KLIK INI:  KLHK Siapkan Standarisasi Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah, Begini Penjelasannya!

Sumber: greeneration.org