Sangat Mudah, Ini 7 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong agar Senantiasa Cetar

oleh -659 kali dilihat
Sangat Mudah, Ini 7 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong agar Senantiasa Cetar
Tanaman Janbol - Foto/Ist

Klikhijau.com – Tanaman Janda Bolong alias Janbol memang punya daya tarik tersendiri untuk menghiasi rumah Anda. Meski tanpa bunga dan corak warna-warni, tanaman ini begitu cetar membahana karena lubang-lubang di dedaunnya.

Harga tanaman ini memang super mahal untuk jenis tertentu yakni Monstera adansonii variegted yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Simak kisah Mas Iwan, pengusaha tanaman hias di Bogor yang menjual Janbol miliknya hingga ratusan juta di SINI!

Meski harganya selangit, Anda tak perlu cemas. Sebab masih ada jenis Janbol biasa yang harganya terjangkau. Untuk jenis ini harganya bisa didapat mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Sebagai tanaman yang merambat dan bisa berkembang secara cepat, Janbol juga cukup mudah diperbanyak. Jadi, Anda dengan mudah dapat menjadikannya sebagai satu tamu istimewa di rumah.

Nah untuk perawatannya juga tidaklah sulit. Berikut 7 tips sederhana bagaimana merawat janda bolong, disarikan dari Channel Youtube Detik.com dan pengalaman para penggemarnya agar tetap sehat dan memesona.

KLIK INI:  Monstera Deliciosa, Tanaman Hias Mewah dengan Buah Lezat yang Misterius
  • Tempatkan tidak di matahari langsung

Di habitatnya, Janda bolong memang menyukai tumbuh di bawah pepohonan atau merambat di batang-batang pohon. Hal ini membuatnya terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Yah, Janda bolong memang tak menyukai matahari langsung. Jadi, pastikan menempatkan tanaman ini di tempat teduh.Paparan sinar matahari langsung dapat membuat dedaunnya kering dan layu.

  • Letakkan di dekat jendela

Satu tempat ideal bagi tanaman viral ini adalah di dekat jendela rumah. Posisi ini memungkinkan akses cahaya tetap menyelimutinya. Meski menyukai tempat teduh, Janbol tak bisa jauh dari cahaya agar pertumbuhannya tak terganggu.

  • Letakkan tanaman di bawah pohon

Posisi lain yang disenangi tanaman ini bila ditempatkan di luar rumah adalah di bawah pohon. Tujuannya sama yakni menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung. Pastikan pohon peneduhnya dapat melindunginya dari terik matahari langsung.

KLIK INI:  Bunga Chamomile, Antibakteri dan Kaya Manfaat untuk Kecantikan
  • Penyiraman rutin

Tanaman ini memerlukan penyiraman intens setidaknya 1 hingga 2 kali (pagi dan sore hari) sehari di musim kemarau. Atau dua kali dalam seminggu saat musim hujan. Pastikan ada lubang di bagian bawah pot agar tak ada air yang menumpuk dan memicu pembusukan akar.

  • Beri pupuk secara rutin

Pemupukan tanaman ini bisa diberikan setiap sembilan bulan sekali. Gunakan pupuk butir atau pupuk cair yang tepat untuk memenuhi kecukupan nutrisinya. Anda juga dapat memberinya pupuk kompos setiap enam bulan sekali sebagai alternatif pemenuhan nutrisinya.

  • Perbanyakan dengan stek

Perbanyakan tanaman ini cukup mudah yakni dengan menggunakan stek. Caranya mudah yakni potong batang atau stek yang telah menjalar dan mengeluarkan akar. Tanam stek tersebut pada media taman tanah atau di dalam air. Pastikan Anda mengganti media tanam air bila sudah keruh.

  • Jauhkan dari gangguan hewan peliharaan

Dedaun Janbol yang hijau dan berlubang dapat menggoda ternak peliharaan Anda di rumah khususnya ayam. Dedaunnya bisa jadi santapan ayam sehingga dapat merusak dan mengganggu pertumbuhannya. Pastikan pula agar hewan peliharaan Anda tak mendekati tanaman ini karena dapat merusak keberadaannya dalam pot.

Demikianlah 7 cara mudah merawat janda bolong. Mudah dan bisa dipraktekkan di rumah Anda bukan? Selamat menanam dan memanen pesonanya yang senantiasa cetar menyenangkan hati!

KLIK INI:  Tak Ada Ruginya Menaman Lidah Mertua, Ini 5 Manfaatnya yang Mengejutkan