Sambut Hari Lingkungan Hidup, UNDP Gelar Lomba Foto Perempuan dan Energi Bersih

oleh -82 kali dilihat
Sambut Hari Lingkungan Hidup, UNDP Gelar Lomba Foto Perempuan dan Energi Bersih
Ilustrasi - Foto/ Zorik D on Unsplash

Klikhijau.com – Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menyambut hari Lingkungan Hidup internasional, diantaranya dengan mengikuti lomba foto dan penulisan.

Tahun ini, United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia akan menggelar lomba foto perempuan dan energi bersih. Lomba foto ini diadakan melalui Proyek Market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency (MTRE3) dengan tema “Perempuan dan Energi Bersih”.

Lomba ini bertujuan untuk mengajak generasi muda bersuara dalam peran inspiratif perempuan dalam sektor energi berkelanjutan. Serta sebagai upaya untuk membangkitkan kesadaran peran penting perempuan di sektor energi berkelanjutan.

Apa syaratnya?

Kompetisi ini menyasar kalangan muda dengan klaster usia antara 17-25 tahun. Bagaimana caranya?

KLIK INI:  Berlangsung Sehari, PII Pusat Gelar Kursus LNG Fundamentals

Peserta dapat mengirimkan hasil jepretan foto, baik lewat kamera ponsel ataupun kamera profesional, dengan mengunggahnya ke akun instagram milik peserta. Juga menyertakan tagar #PerempuanEnergiBersih #KompetisiFotoUNDP dan mencantumkan akun @undpindonesia dan @katadatacoid yang sudah diikuti.

Peserta juga diminta untuk memberikan deskripsi menarik berupa narasi pendek mengenai foto yang dikirim paling lambat pada 29 Mei 2021.

Pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada acara SDG Talks Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 4 Juni 2021. Pada sesi ini akan menghadirkan tokoh muda inspiratif dalam gerakan gaya hidup hemat energi.

Penasaran apa hadiahnya bagi pemenang? Tiga orang pemenang akan mendapatkan hadiah voucher senilai total 5,5 juta rupiah.  Wah, lumayan, segera persiapkan diri yah Sahabat Hijau!

KLIK INI:  Mitra Hijau Asia dan Klikhijau Rayakan Hari Bumi 2022 dengan Ragam Aksi, Ini Daftarnya!
Perempuan dan energi bersih

Berdasar Laporan Pembangunan Dunia 2012 dari Bank Dunia tentang gender menyebutkan bahwa pekerjaan dan keterlibatan perempuan di sektor energi adalah setengah dari pekerjaan laki-laki (WDR, 2012).

Namun, potensi peningkatan kualitas hidup yang ramah lingkungan di sektor Energi Bersih atau Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Konservasi Energi (Penghematan Listrik) perlu didukung baik oleh laki-laki dan perempuan agar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dapat tercapai.

UNDP Indonesia dan Kementerian ESDM melalui proyek MTRE3 mendukung keterlibatan perempuan di bidang energi. Proyek MTRE3 mempromosikan praktek cerdas baik dari segi desain maupun penerapan dari Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Konservasi Energi (Penghematan Listrik) di Indonesia, terutama melalui Rencana Aksi Nasional Penurunan Gas Rumah Kaca (RAN-GRK).

Untuk Informasi lebih lanjut dapat mengakses di SINI! Atau menghubungi kontak Media UNDP Indonesia, Communication Specialist, Tomi Soetjipto, suryo.tomi@undp.org. Atau UNDP Indonesia, SDGs Campaigner, Enggi Dewanti, enggi.dewanti@undp.org.

Peserta lomba foto ini tidak dipungut biaya. Ayo diramaikan!

KLIK INI:  Denis Heyes dan Pesan di Hari Bumi: Kehidupan di Bumi Jangan Melampaui Kapasitasnya!