Rorano, Herbal Mistik Alam Ternate

Publish by -72 kali dilihat
Penulis: Haam Achmada
Rorano, Herbal Mistik Alam Ternate
Ilustrasi obat herbal/foto-Ist

Kamu lagi patah hati? Eksperimentasikan kesembuhan hatimu dengan mengkonsumsi air rebusan buah cengkih

Klikhijau.com – Alam Indonesia terkenal dengan keragaman hayati, di antaranya tumbuh pelbagai varietas obat-obatan. Kondisi lingkungan alam yang kaya dengan tumbuhan herbal membentuk pola kearifan manusia Indonesia memanfaatkan potensi alam di lingkungannya.

Salah satu istilah unik dari dari pemanfaatan obat-obatan alam itu ialah “rorano” yang sangat khas dari Tenate (Maluku Utara).

Mengutip Harnas  yang mewawancarai Ibrahim (salah satu warga Ternate), terungkap bahwa “rorano adalah cara pengobatan berbagai jenis penyakit, termasuk malaria yang diwariskan para leluhur dengan memanfaatkan bagian tertentu dari tanaman, seperti akar, daun dan kulit.”

Pengambilan bahan rorano tertentu bersumber dari hutan. Adapula bahan lain yang dengan mudah dapat ditemukan dilingkungan kebun maupun pekarangan rumah warga desa.

KLIK INI:  Tak Hanya Cegah Ejakulasi Dini, Ini Manfaat Lain dari Cengkih

Teknik pengambilan rorano ini sangat unik, yaitu melalui proses khusus yang disebut siloloa, karena daun, batang, kulit, akar pohon, dan bunga tertentu yang diambil diyakini sebagai karunia Allah yang memiliki penjaga.

Proses pengambilan bahan rorano mencermikan ekoreligius manusia Kie Raha secara umum yang tidak berhenti sampai pada siloloa. Bahan mentah rorano yang terkumpul biasanya langsung dihaluskan kemudian diseduh dengan air, ada pula yang dimasak.

Jika telah siap, rorano hasil seduhan atau air rorano yang sudah dimasak, kemudian disholawatkan dengan rangkaian doa tertentu untuk menambah kemujaraban rorano.

Proses doa merupakan permohonon kepada sang Khalik untuk mencapai kesembuhan.

Jika ditelisik dengan seksama; dari awal proses pengambilan hingga pemakaian mencerminkan relasi eksotik pemanfaatan lingkungan.

Manusia Ternate (Maluku Utara) punya kearifan luar biasa ini dapat menjadi ikon pengobatan di tengah obat kimia yang masif dan mahal.

KLIK INI:  Selain Penyedap Masakan, Ini Manfaat Lain Daun Perilla
Rorano Pendaur Hati

Salah satu herbal sederhana yang mudah dibuat ialah rebusan daun cengkeh. Proses pengambilannya tidak butuh proses khusus. Anda bisa langsung petik dan masukkan ke dalam air yang dimasak.

Di lingkungan penulis, daun dan buah cengkeh biasa digunakan sebagai pewangi air minum dan mampu menambah rasa nikmat air yang dimasak. Ternyata manfaatnya secara medik sangat besar loh!

Ayo lanjut baca, beta bilang kamong, beberapa rahasianya;

Ternyata buah cengkeh selain bisa menjadi pewangi alami, juga mampu meningkatkan stamina. Nah, ini salah satu sebab buah cengkeh diburu dulu kala sampai sekarang masih berharga.

Mengutip Nakita, diuraikan ternyata salah satu manfaat minum rorano rebusan buah cengkih juga mampu melindungi “hatimu”, whaooo!

KLIK INI:  Berbahaya! Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan Ini

Kamu lagi patah hati? Eksperimentasikan kesembuhan hatimu dengan mengkonsumsi air rebusan buah cengkih.

“Kehadiran senyawa eugenol dalam cengkeh juga bisa bermanfaat bagi hati. Selain memperbaiki fungsi hati, cengkeh dapat menjadi suplemen yang baik untuk penyakit hati berlemak. Kandungannya bisa  mengurangi peradangan dan dapat membantu menjaga kesehatan hati secara keseluruhan.”

Hayo, tunggu apa lagi. Silahkan dicoba. Petik daun cengkeh atau buah mentahnya (yang kering juga boleh). Campurkan ke air yang dimasak. Jika sudah mendidih, dinginkan di gelas. Tunggu sampai hangat atau dingin airnya.

Awas loh, buang jauh ingatan wajah mantan_biar tambah mujarab! Semoga fungsi hatimu terjaga.

KLIK INI:  Benarkan Ginjal Bisa Rusak jika Konsumsi Banyak Obat?
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!