Rasakan, Ini 10 Manfaat yang Tak Terduga Jika Mengonsumsi Jeruk Bali

Publish by -216 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Ilustrasi jeruk bali
Ilustrasi jeruk bali/foto-matajurnal.com

Klikhijau.com – Empat orang anak kecil sedang berkumpul di depan TV. Keempatnya mengabaikan TV yang sedang menayangkan film kartun, Minggu, 17 Februari 2019. Mereka lebih fokus menikmati lemo lompo (begitu namanya di kampung saya) artinya jeruk besar, yang lebih dikenal dengan jeruk bali.

Keempat anak kecil itu menikmati jeruk itu dengan cara mencelupkan ke dalam kecap yang telah dicampur garam. Keempatnya memakannya dengan lahap. Jika orang dewasa menikmatinya, biasanya dilengkapi dengan lombok biji.

Saya lalu tergoda mencari tahu manfaat dari jeruk bali tersebut, ternyata ia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jeruk lain mulai dari ukurannya yang lebih besar, kalorinya yang lebih rendah, hingga kandungan vitamin C yang lebih tinggi.

Jeruk ini juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral   seperti kalium, fosfor, magnesium, vitamin B1, dan vitamin A.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa

Senyawa lainnya yang terkandung dalamnya antara lain seperti bioflavonoid, pektin, likopen, phenolic acid, asam-sitrat, dan beta karoten.

Selain itu, jeruk bali juga memiliki manfaat yang cukup banyak, seperti dalam artikel yang dimuat Doktersehat.com, inilah manfaat jeruk bali

  •  Menjaga tekanan darah normal

Manfaat jeruk bali yang pertama adalah dapat menjaga tekanna darah agar tetap normal. Kandungan mineral seperti kalium yang ada di dalamnya dapat membantu melancarkan sirkulas darah dan juga mencegah ketegangan pembuluh darah.

Lancarnya pembuluh darah juga bermanfaat untuk lancarnya aliran oksigen ke seluruh tubuh. Risiko penyakit seperti stroke dan serangan jantung pun menurun.

  •   Mengatasi anemia

Salah satu penyebab anemia adalah karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Selain mengandung zat besi, jeruk bali juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat membantu dalam penyerapan zat besi.

Terserapnya zat besi dengan baik dan lancarnya sirkulasi darah akan membuat kamu terhindar dari anemia.

  •   Menjaga kesehatan tulang

Mineral berupa kalium, magnesium, dan fosfor yang ada dalam jeruk bali merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  •   Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab paling umum dari infeksi saluran kemih. Kandungan vitamin C dalam jeruk bali akan meningkatkan asam dalam urin sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri yang ada dalam saluran kemih sehingga infeksi pun dapat dihindari.

KLIK INI:  7 Kiat Simpel Menjaga Berat Badan Usai Lebaran
  •   Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kandungan vitamin C dapat memicu produksi kolagen secara alami. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun jaringan tulang dan kulit pada manusia.

Produksi kolagen yang cukup akan dapat membantu Anda mendapatkan gusi dan gigi yang lebih sehat. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut

  • Membantu sistem pencernaan

Jeruk bali memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Buah ini dipercaya dapat memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan. Konsumsi jeruk ini dapat menghindarkan kamu dari sembeli maupun masalah diare.

Serat didalamnya akan membantuk dalam stimulasi sekresi pencernaan, stimulasi asam lambung untuk memecah protein kompleks, dan juga menjaga kerja usus dan organ pencernaan lainnya.

  •   Membantu menurunkan berat badan

Jeruk bali memiliki kandungan enzim carnitine palmitoyltransferase yang dipercaya sebagai enzim yang mampu untuk membakar lemak.

Kalori jeruk kandungan enzim carnitine palmitoyltransferase yang dipercaya sebagai enzim yang mampu untuk membakar lemak.

  •  Mencegah kanker

Berbagai kandungan dalam jeruk bali mulai dari vitamin C, bioflavonoid, beta-kareten, dan likopen merupakan agen antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Kandungan dalam ekstrak kulitnya juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh

KLIK INI:  Karena Sisiknya, Banyak Trenggiling Temui Kematiannya
  •  Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat jeruk bali selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit. Vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat menjadi perlindungan kulit sehingga kulit mampu untuk beregenerasi ketika terjadi kerusakan. Karena dapat melawan radikal bebas, jeruk bali juga dipercaya sebagai saah satu anti-aging agent

  •  Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat berpengaruh bagi sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, buah jeruk, termasuk jeruk bali merupakan buah yang sangat baik untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Manfaatnya bagi kesehatan bisa didapatkan jika penggunaannya sesuai dengan aturan. Kandungan asam yang cukup tinggi membuatnya tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak

Selain manfaat tersebut, sebaiknya jeruk bali tidak dikonsumsi pemilik gigi sensitif, penderita batu ginjal, dan juga pasien yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

KLIK INI:  Hindari Hipertensi dengan Tidak Mengomsumsi Hal Ini
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!