Ramah Lingkungan, 8 Produk Ini Bisa Bikin Rumah yang Eco-Friendly

oleh -42 kali dilihat
Ramah Lingkungan, 8 Produk Ini Bisa Bikin Rumah yang Eco-Friendly
Ilustrasi produk eco-friendly - Foto/www.pexels.com

Klikhijau.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan zaman berupa modernisasi memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai cara untuk mengurangi dampak yang semakin memburuk.

Hal ini terlihat dari semakin banyaknya gerakan untuk mencegah dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan bumi.

Sahabat hijau, apakah Anda ingin menjadi bagian dari masyarakat yang bergerak untuk melindungi alam dari kerusakan-kerusakan di masa depan?

Anda bisa mulai dari hal-hal kecil dengan menggunakan produk recycle atau memilih produk yang ramah lingkungan sebagai pengganti alat-alat di rumah.

Barang-barang ini akan membantu Anda untuk menghemat energi, mengurangi sampah, sekaligus menurunkan risiko Anda terekspos bahan kimia yang membahayakan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah menjadi lebih ramah lingkungan.

KLIK INI:  Tips Mencuci Bantal Kesayangan agar Tetap Awet dan Nyaman
Sedotan Stainless Steel

Sekarang ini, sudah banyak yang menggunakan sedotan ini sebagai pengganti sedotan plastik yang dengan mudah Anda temui di tempat makan atau tempat minum umum.

Diketahui hampir 3,2 juta ton sampah plastik terbuang ke laut di Indonesia. Maka dari itu, gerakan menggunakan sedotan pribadi yang dapat dicuci dan dipakai berulang-ulang adalah salah satu upaya baik yang bisa Sahabat Hijau lakukan untuk mengurangi sampah plastik.

Kompor Induksi

Tidak jauh berbeda dari kompor gas biasa, kompor induksi hemat energi memiliki fungsi yang sama untuk membantu Anda memasak makanan rumah. Kompor induksi juga lebih ramah lingkungan karena menekan CO2 yang dirilis ke udara saat digunakan memasak.

Selain itu, kompor induksi memiliki keunikan sendiri, yaitu kompor yang dapat memanaskan panci atau wajan tanpa adanya unsur api. Tidak hanya lebih aman, rumah Anda juga akan terhindar dari risiko gas bocor atau kebakaran akibat api yang menyulut.

KLIK INI:  Apakah Air Hujan Aman Dikonsumsi Meski Sudah Dimasak?
Saringan Kopi Reusable

Jika Sahabat Hijau termasuk salah satu yang harus minum kopi di pagi hari, Anda pasti akan menyukai produk ini. Alih-alih menggunakan saringan kopi yang hanya bisa digunakan sekali, kini tersedia saringan kopi yang dapat Anda gunakan berkali-kali. Produk yang umumnya berbahan dasar stainless steel ini sedang ramai dibicarakan karena selain membantu mengurangi limbah, Anda juga dapat mengurangi pengeluaran untuk terus membeli saringan kopi.

Tempat Minum/Tumbler

Semenjak kecil, umumnya kita memiliki tempat minum atau tumbler untuk membawa minum ke sekolah. Selain itu, botol minum ini bisa juga digunakan di rumah sebagai gelas minum.

Sedangkan saat ke luar rumah, tumbler bisa dimanfaatkan untuk mengganti gelas plastik sekali pakai yang biasa dipakai kafe atau tempat minum lainnya. Namun, jangan sampai membeli tumbler terlalu banyak ya. Cukup gunakan yang ada di rumah untuk menghemat pengeluaran.

KLIK INI:  Sustainability Festival 2021, Bahas Praktik Bisnis Ramah Lingkungan
Power Bank Daya Solar

Apakah Anda sering kekurangan baterai saat sedang sibuk bekerja di luar kantor? Power bank akan menjadi solusi alternatif saat tidak ada colokan listrik di sekitar Anda.

Kali ini berbeda dengan power bank biasanya, Sahabat Hijau bisa mengisi daya menggunakan power bank solar atau matahari yang lebih ramah lingkungan. Anda bisa menghemat listrik dengan memanfaatkan cahaya matahari saja.

Es Batu Stainless Steel

Kalau sedotan stainless steel sudah ramai digunakan, produk yang satu ini mungkin menjadi produk baru yang belum diketahui banyak orang. Seperti namanya, es batu ini terbuat dari stainless steel dan bisa membantu mendinginkan minuman Sahabat Hijau.

Cukup dengan menaruhnya di dalam kulkas selama minimal 1 jam di chiller atau 30 menit di dalam freezer, Anda bisa memasukkannya ke dalam gelas Anda untuk minuman yang segar. Setelah minuman Anda habis, es batu tersebut bisa Anda cuci dan pakai kembali.

KLIK INI:  Ide Ramah Lingkungan Pedagang Hewan Kurban di Makassar yang Layak Ditiru
Sikat Gigi Bambu

Memang tidak jauh berbeda dari sikat gigi umumnya, tetapi bahan dasar bambu menjadikan produk ini masuk ke dalam rekomendasi produk eco-friendly. Terlepas dari harganya yang memang sedikit lebih mahal dibandingkan sikat gigi biasa, sikat gigi bambu ini dapat didaur ulang dengan mudah dan jauh lebih aman dari produk sikat gigi plastik lainnya.

Walaupun banyak yang ragu karena terbuat dari bambu, sikat gigi ini terbukti kuat dan kokoh untuk dipakai sampai 3 bulan sebelum waktunya diganti.

Lilin Soy Wax

Membakar lilin aromatik di tengah musim hujan atau saat malam dapat membantu meningkatkan suasana yang nyaman dan tenang. Namun, seringkali ditemukan lilin dengan bahan dasar paraffin yang diketahui beracun dan tidak sehat jika dihirup terlalu lama.

Oleh karena itu, kini muncul lilin dengan bahan dasar soy wax yang dapat dijadikan alternatif lebih sehat dan lebih baik untuk lingkungan. Tidak hanya itu, lilin bahan soy wax juga punya aroma dan daya tahan yang lebih tahan lama.

Itulah 8 produk andalan yang bisa bikin rumah Anda jadi eco-friendly, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Inilah Tiga Bahan Bangunan yang Memenuhi Standar Ramah Lingkungan