Rahasia Hidup Bahagia dengan “Enjoy Life with Ecolife” Ala Darhamsyah

oleh -106 kali dilihat
Memanen Filosofi dan Pencerahan dari Hobi Mencuci Piring
Dr. Darhamsyah, MSi., Kepala Pusat Pengendalian Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma) KLHK - Foto/Ist

Klikhijau.com – Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Darhamsyah, M.Si., menyebut pentingnya menjaga semangat cinta lingkungan dalam segala aktivitas keseharian.

Menurut Darhamsyah, kesadaran dan kepedulian pada lingkungan hanya bisa ditumbuhkan dengan cinta.

“Katakan dengan cinta dan lakukan aksi kecil untuk perubahan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat,” katanya saat diskusi ringan dengan Klikhijau, Minggu 31/10/2021.

Doktor Administrasi publik yang juga dikenal sebagai motivator ini sangat intens kampanyekan perlunya suatu gaya hidup ramah lingkungan. Darhamsyah aktif menghadiri sejumlah diskusi dan “talkshow” mengenai “Enjoy Life with Ecolife”.

Ini merupakan suatu diskursus menarik yang dibangun Darhamsyah untuk menginspirasi masyarakat agar hidup harmonis dengan tetap menjaga alam. Karenanya, pria yang dikenal humble ini  senantiasa mengedukasi dengan pola komunikasi yang ringan dan menggembirakan.

“Edukasi perlu disampaikan dengan penuh cinta. Ibu, ayah, teteh, dede, om, tante…semua penting memberi keteladanan. Hemat air, hemat listrik, kurangi kantong plastik, pilah sampah dari rumah adalah menu harian yang diterapkan dengan enjoy, tentu bila dilakukan dengan cinta,” tuturnya.

KLIK INI:  Kisah Kesuksesan Kaum Ibu Merawat Burung di Klaten
Hidup bahagia dengan ‘Enjel’

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “Enjoy Life with Ecolife” alias ‘Enjel’? Selain jadi judul bukunya yang fenomenal, istilah ini kini masif dijadikan slogan bersama para pegiat lingkungan dan ASN di lingkup KLHK.

Istilah ini sejatinya telah dipopulerkan Darhamsyah sejak beberapa tahun silam, seiring perjalanan karir beliau dalam bekerja dan menginspirasi masyarakat.

Menurut Coach di bidang brain based coaching dan Neuro Linguistic Programming (NLP) ini, ‘Enjel’ adalah metode inovatif dalam pengembangan kepemimpinan diri dan organisasi berbasis kecerdasan lingkungan dan keterhubungan kita dengan alam.

“Penerapan metode ini dalam bentuk edukasi dan coaching. Ini bermanfaat pada kesadaran diri, rasa kebersamaan dan kesadaran berkontribusi untuk menjaga lingkungan,” katanya.

Lalu, apa pentingnya menerapkan “Enjoy Life with Ecolife”? Menurut Darhamsyah, hal ini penting karena menghadapi pandemi dan perubahan yang begitu cepat, kita perlu membangun kapasitas mental.

“Kecerdasan lingkungan dan keterhubungan kita dengan alam, terbukti memperkuat kapasitas mental kita,” jelas Darhamsyah.

Menariknya, paradigma ‘Enjel’ ini ternyata bukanlah hal baru bagi seorang Darhamsyah. Ini adalah sesuatu yang telah menjadi perspektif beliau khususnya selama bekerja sebagai ASN di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Dalam bekerja saya senantiasa amanah dengan prinsip dasar lead by example, serve with humble, teladan memimpin dan telaten melayani,” inilah moto saya dalam bekerja.

Berkah dari implementasi “enjoy life with ecolife”, Darhamsyah saat ini dipercaya mewakili KLHK dalam pemilihan ASN teladan tingkat nasional. Sembari bekerja sebagai Pejabat di KLHK, ia juga aktif menebarkan inspirasi ke masyarakat tentang konsepsi hidup bahagia dengan kesadaran cinta lingkungan.

“Saat memberikan layanan coaching dan mentoring gratis kepada ASN dan masyarakat yang membutuhkan. Saya aktif memberi inspirasi di kampus dan sekolah juga pembicara tetap di Smart FM. Bagi saya,  hidup bahagia dapat digapai dengan cinta lingkungan dan semangat enjoy life with eco life,” pungkasnya.

KLIK INI:  Duka Mendalam Atas Musibah TN Sebangau, Jajaran KLHK Kibarkan Bendera Setengah Tiang