Ragam Manfaat Konsumsi Kopi Hitam tanpa Gula

Publish by -110 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Ragam Manfaat Konsumsi Kopi Hitam tanpa Gula
Manfaat kopi hitam tanpa gula/Foto-IK Media

Klikhijau.com – Konsumsi kopi berlebihan bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Gangguan kesehatan yang ditimbulkan mulai dari susah tidur hingga serangan jantung.

Pada dasarnya, kopi merupakan produk alam yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Kopi hitam tanpa gula misalnya, bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Berbeda halnya jika menambahkan gula ke dalamnya. Jika kadarnya melebihi ambang batas yang direkomendasikan, malah dapat menyebabkan pergeseran kandungan nutrisi.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), jumlah asupan gula tambahan yang aman adalah 9 sendok teh (36 gram atau setara 150 kalori) per hari bagi pria. Sementara bagi wanita, cukup 6 sendok teh (25 gram atau setara 100 kalori) per hari.

KLIK INI:  Penggunaan Pestisida Bisa Menyebabkan Bayi Alami Autisme?

Konsumsi gula berlebih akan meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti diabetes tipe 2.

Di Indonesia, kopi hitam dikenal sebagai minuman yang dapat menghilangkan kantuk dan membuat bersemangat saat beraktivitas.

Namun, penelitian mengungkap bahwa konsumsi kopi hitam memiliki manfaat yang lebih dari itu. Kopi kaya akan antioksidan yang memainkan peranan penting bagi kesehatan tubuh.

Kopi hitam juga mengandung nutrisi esensial, seperti kromium, potasium, niacin, vitamin E, dan magnesium. Sementara kafein, kandungan kopi yang paling diketahui orang juga punya manfaat kesehatan.

Kandungan-kandungan tersebut akan memberikan manfaat kesehatan jika dikonsumsi tanpa gula. Simak penjelasannya!

# Turunkan risiko diabetes

Saat minum kopi tanpa gula, efeknya justru dapat menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

Kemungkinan penurunan risiko ini bisa mencapai 23-50 persen. Bahkan, dalam salah satu studi disebut bisa sampai 67 persen.

# Membantu bakar lemak

Banyak orang percaya salah satu manfaat kopi hitam tanpa gula adalah membakar lemak. Manfaat ini mempercepat penurunan berat badan pada orang yang sedang diet.

Sebuah penelitian menyatakan, metaboilisme tubuh seseorang memang meningkat 3-11 persen setelah minum kopi tersebut.

Hanya saja, efek tersebut akan berkurang dalam jangka panjang. Metabolisme tubuh pun akan beradaptasi seiring seringnya Anda mengonsumsi kopi.

KLIK INI:  Minum Kopi 3 Gelas Dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah?
# Menyehatkan organ hati

Berbagai penyakit hati seperti hepatitis dan pembengkakan hati, dapat bujung pada sirosis. Sirosis sendiri adalah kondisi saat hati menjadi besar karena tumbuhnya jaringan luka di organ tersebut.

Menariknya, risiko tersebut dapat dikurangi dengan rutin mengonsumsi kopi hitam.

Penelitian menyebut, orang yang rutin minum kopi hitam tiap hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena sirosis hingga 65 persen.

# Cegah penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit neurogeneratif yang paling sering mengakibatkan demensia. Penyakit ini biasanya menyerang orang berumur di atas 65 tahun dan hingga kini belum ditemukan obatnya.

Nah, kopi hitam tanpa gula ini sangat berguna untuk hari tua mendatang. Ini didukung oleh studi menyebut bahwa peminum kopi hitam berisiko 65 persen lebih rendah mengalami Alzheimer.

Meski begitu, Anda sebaiknya tetap menjalani pola hidup sehat secara keseluruhan. Terutama menjaga pola makan dan berolahraga teratur.

***

Penting untuk diingat! Manfaat kopi hitam tanpa gula di atas tidak otomatis menggantikan fungsi obat secara medis.

Jadi, jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti disebutkan di atas, periksalah ke dokter.

KLIK INI:  Sering Tak Disadari, Kebiasaan Ini Dapat Merusak Ginjal
Editor: Ian Konjo
Sumber: Tempo.co

KLIK Pilihan!