Punya Bisa Mematikan, Ini 9 Hewan Paling Beracun di Dunia

oleh -53 kali dilihat
Punya Bisa Mematikan, Ini 9 Hewan Paling Beracun di Dunia
Ikan buntal - Foto/Youtube, Diupload oleh: bankjim, 10 Jan 2015

Klikhijau.com – Di dunia ini tidak semua hewan dapat kita sentuh atau didekati hanya karena penampilannya yang unik atau lucu. Mengapa demikian?

Terdapat beberapa hewan perlu diwaspadai karena memiliki bisa yang beracun bahkan mematikan.

Oleh sebab itu, Sahabat hijau tentu perlu tahu dan mengenalnya. Ini penting agar bila suatu waktu bertemu atau melihatnya, dapat lebih waspada.

Apa saja hewan paling beracun tersebut? Apakah ada di sekitar kita? Berikut ini 9 diantaranya hewan paling berbisa yang mungkin kerap Anda jumpai saat berpetualang di alam bebas:

KLIK INI:  Di Usia 6 Tahun, Unyu Jadi Penghuni Kawasan TN Bukit Baka Bukit Raya
  • King kobra

Ada banyak orang punya kegemaran dan juga keberanian mendekati bahkan merawat ular. Namun, tak sedikit pula yang memang paranoid bila melihat ular.

Tentu wajarlah bila ular dijauhkan dari rumah terlebih bila dijadikan hewan peliharaan. Kecuali Anda yang memang terlatih atau punya skill khusus merawat ular untuk kepentingan penelitian misalnya.

Nah, diantara ular-ular berbisa dan berbahaya di dunia ini, ada satu ular paling berbisa yakni ular kobra. Jangan main-main dengan ular satu ini sebab korbannya sudah sangat banyak.

King kobra merupakan jenis ular kobra yang habitatnya di India dan beberapa negara di Asia Tenggara. Selain terkenal sangat agresif, ular ini punya bisa mematikan bahkan dengan sekali gigitan dapat menyebabkan kematian.

KLIK INI:  Glosari Arti Nama-Nama Latin Tumbuhan
  • Ikan buntal

Tak semua ikan bisa dikonsumsi. Beberapa diantaranya tergolong beracun seperti ikan buntal (Puffer fish). Bisa dari ikan buntal tak main-main lho yakni seratus kali lebih berbahaya dari sianida.

Meski beracun, ada fakta yang unik di sejumlah negara seperti di Jepang, Korea dan Cina yang menjadikan ikan buntal sebagai santapan kuliner. Meski demikian, ini tentu tak bisa ditiru. Sebab salah pengolahan, racunnya bisa membunuh.

  • Ikan batu

Tak jauh beda dengan ikan buntal, ikan batu juga termasuk kategori hewan beracun yang tak layak dikonsumsi.

Ikan batu (Stone fish) banyak dijumpai di wilayah indo Pasifik. Namun, sama dengan ikan buntal, meski ikan batu tergolong berbisa, di beberapa negara seperti di Jepang, Hongkong, Cina dan lainnya justru menjadikan ikan ini sebagai sajian kuliner.

Tentu ini tak bisa ditiru yah Sahabat hijau. Sebab, salah mengolah ikan batu dapat menyebabkan hal fatal bagi kesehatan.

KLIK INI:  Kareo Padi, Burung Air yang Mulai Langka
  • Katak panah beracun

Dari penampilannya, katak memang menggemaskan. Beberapa jenis kerap ditangkap dan dijadikan umpan untuk memancing.

Namun, ada pengecualian pada jenis katak satu ini. Namanya katak panah beracun. Hewan dengan penampilan aneh dengan warna mencocok ini tergolong hewan paling mematikan.

Hewan amfibi dari Bolivia, Brazil, Kolombia, Kosta Rika dan Ekuador ini berkembang pesat di hutan amazon.

  • Deathtalker scorpion

Deathtalker scorpion merupakan spesies kalajengking paling mematikan di dunia. Hewan liar ini dapat dijumpai di wilayah padang pasir seperti di Arab, Mesir, dan negara Asia tengah lainnya.

Selain bentuknya yang sangat predator, kalajengking jenis ini punya racun mematikan khususnya bila menyengat manula dan orang-orang dengan riwayat penyakit jantung.

KLIK INI:  Mengenal Tawon Vespa Affinis yang Membahayakan, Begini Penjelasannya!
  • Gurita cincin

Gurita cincin (Blue Ringed octopus) merupakan spesies invertebrata yang bisa dijumpai di laut berkarang, khususnya di samudera Hindia dan Pasifik.

Meski gigitan gurita ini tidak terasa sakit namun bisa yang dikandungnya dapat menyebabkan sesak napas, pingsang, gagal jantung hingga kematian.

  • Inland taipan

Inland taipan merupakan spesies ular yang asalnya dari Australia. Penampilannya cukup imut dan menggemaskan, namun perlu waspada bila menjumpainya.

Hal itu karena hanya dengan sekali gigitan, bisa ular ini bisa menyebabkan kematian.

KLIK INI:  Melihat Potensi Tanaman Porang Melalui Produk Turunannya
  • Siput kerucut

Siput kerucut (Cone snail) merupakan hewan laut yang umumnya dijumpai di perairan Afrika Selatan, California dan Mediterania.

Uniknya, siput ini dapat menyengat musuh atau mangsa dengan sengatan tersembunyi. Bisa dari hewan ini tergolong mematikan bila terlambat ditangani medis.

  • Box jellyfish

Box jellyfish merupakan spesies ubur-ubur yang memiliki racun paling mematikan. Hewan ini banyak dijumpai di perairan Atlantik dan laut Pasifik bagian Timur.

Begitu berbahayanya, hewan ini diberi gelar sebagai hewan paling mematikan di dunia. Tak main-main, dalam sekali sengat pada manusia akan menyebabkan hyperkalemia hingga kematian hanya dalam waktu tak kurang dari 5 menit.

Itulah 9 hewan dengan bisa mematikan yang sangat berbahaya. Masih banyak lagi hewan liar lainnya yang tentu berbahaya dan tidak boleh dijadikan hewan peliharaan. Biarkan hewan-hewan ini tetap eksis di habitatnya sebagai bagian dari kekayaan ekosistem.

KLIK INI:  Fenomena Ular Kobra Juga Gegerkan Warga Gowa