Promosikan Pariwisata, Jelajah Sulawesi Lewati Empat Provinsi Ini

Publish by -28 kali dilihat
Penulis: Kartika Puspitasari
Jelajah Sulawesi resmi dilepas-Foto/hulondalo.id

Klikhijau.com – Indonesia Timur dikenal dengan keindahan alam yang masih sangat alami, begitu juga dengan Pulau Sulawesi. Salah satu dari pulau besar di Indonesia ini menyimpan beragam keindahan dari alam, kuliner, hingga budaya yang memukau.

Pada awal tahun ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar perhelatan besar yang disebut dengan Jelajah Sulawesi. Jelajah Sulawesi merupakan salah satu rangkaian acara Calender of Event Wonderful Gorontalo 2020.

Jelajah Sulawesi ini merupakan ajang touring terbesar di kawasan Indonesia Timur. Jelajah Sulawesi akan melalui 4 provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan berakhir di Sulawesi Utara. Acara ini dimulai pada hari ini Sabtu, 22 Februari 2020 dan diikuti oleh peserta dari Jawa dan komunitas pecinta otomotif se-Sulawesi.

Jumlah peserta mencapai 75 unit mobil masing-masing dari JK Merah Putih Community sebanyak 26 mobil, JK Owner Community 16 mobil dan 33 unit mobil tim pendukung. Dikemas dalam bentuk touring menjadikan acara ini ramai peminat.

Touring jelajah Sulawesi mengambil start di Kota Makassar yakni di Center Point of Indonesia dan dihadiri oleh Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibi. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun tak kalah ikut ambil bagian dengan menjadi peserta dalam Jelajah Wisata Sulawesi 2020 tersebut. Ditemani sang istri, Idah Syahidah Habibie yang juga anggota Komisi VIII DPR RI, dia mengendarai JK Rubicon.

KLIK INI:  Negara akan Beri Kompensasi pada Jasa Lingkungan, Begini Penjelasannya
Jelajahi destinasi wisata

Pemerintah Kota Makassar mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah melibatkan Kota Makassar sebagai salah satu bagian ajang bergengsi tersebut. Kota Makassar dipilih dengan alasan Kota Anging Mamiri menyimpan banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan.

Pemerintah Kota Makassar berharap melalui ajang ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi pariwisata terutama kota-kota yang dilalui di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Gubernur Gorontalo berkesempatan memberikan sambutan sebelum pelepasan. Disampaikan bahwa Jelajah Sulawesi adalah ajang promosi wisata Indonesia khususnya Sulawesi.

“Siapa lagi kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang yang mau mengakui bahwa NKRI ini kaya. Pariwisatanya, pegunungannya, baharinya, alam bawah lautnya, ikannya, ekosistem yang ada, keramah tamahan masyarakatnya, termasuk kulinernya,” ungkap Gubernur Rusli dalam sambutannya dikutip Read.id.

Bahkan Gubernur satu ini merasa berhutang pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara. Tapi Beliau berjanji untuk melanjutkan kegiatan serupa dengan mengambil titik start dari Kendari, Sulawesi Tenggara.

Peserta dilepas langsung oleh Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf RI, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Makassar dan Walikota Makassar. Pelepasan peserta touring ditandai dengan penggunaan topi khas Makassar Mappatonro, oleh Gubernur Rusli dan seluruh peserta.

Bergerak dari Kota Makassar, rombongan akan menuju Kota Pare-pare, Toraja, Poso, Parimo, Gorontalo, dan berakhir di Manado. Semoga melalui acara ini pariwisata Sulawesi semakin dikenal masyarakat luas. Dari Pulau Sulawesi untuk Indonesia.

KLIK INI:  Memanen Pesona Matahari Pagi di Atas Gunung Pattaneteang
Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!