#PohonUntukKita: Aksi Sederhana untuk Kita, Bumi, dan Masa Depan

oleh -69 kali dilihat
#PohonUntukKita Aksi Sederhana untuk Kita, Bumi, dan Masa Depan
Ilustrasi pohon danau - Foto/Pixabay

Klikhijau.com —Tokopedia dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bekerja sama mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menciptakan Indonesia yang lestari melalui program #PohonUntukKita, yang berlangsung selama 28 September hingga 11 Oktober 2021.

Saat ini, aksi menanam pohon telah menjadi gerakan global yang dilakukan oleh berbagai kelompok masyarakat yang menyadari peranan penting alam yang lestari bagi kehidupan.

Aksi ini dianggap sebagai langkah sederhana, tetapi efektif, untuk membantu mengatasi dampak fatal perubahan iklim.

Hutan tropis mampu menghasilkan oksigen sebanyak 20-30%, memproduksi air bersih sebanyak 20-30%, dan menopang ketahanan pangan masyarakat.

Mengutip data dari PBB, satu pohon dewasa dapat menyerap hingga 150 kilogram karbon dioksida per tahun. Kehadiran pohon-pohon juga dapat menurunkan suhu 2-8 derajat Celsius.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuat perubahan, mengingat suhu bumi terus meningkat. Waktu yang tersisa untuk membatasi kenaikan suhu tetap di bawah 1,5 derajat Celsius—sesuai dalam Perjanjian Iklim Paris, 2015—juga kian mendesak.

Pada 13 Agustus 2021, Pusat Informasi Lingkungan Nasional Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) mempublikasikan bahwa Juli 2021 menjadi bulan dengan suhu terpanas di bumi dalam 142 tahun terakhir.

KLIK INI:  Air Kemasan Berdampak 3.500 Kali pada Lingkungan Dibanding Air Keran

Suhu pada Juli 2021 tercatat lebih hangat 0,93 derajat Celsius dibandingkan rata-rata suhu abad ke-20 untuk bulan tersebut.

Upaya menahan kenaikan suhu dan menurunkan emisi karbon dioksida ini pula yang menjadi salah satu agenda konservasi YKAN yang dilaksanakan bersama-sama dengan para mitra.

Mendukung upaya pemerintah dalam program konservasi, YKAN memiliki dua program konservasi utama, yakni terestrial dan kelautan, yang bekerja di 10 provinsi di Indonesia. Dalam menjalankan strategi konservasinya, YKAN mengembangkan solusi berbasis alam, yang berdasarkan kajian terkini dapat mencapai sepertiga dari target penurunan emisi global.

Restorasi area yang telah mengalami deforestasi dan degradasi merupakan salah satu solusi berbasis alam tersebut.

Aksi penanaman pohon dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di sekitar kawasan hutan maupun tinggal di perkotaan.

“Kolaborasi adalah kunci untuk menjaga bumi tetap lestari. Kerja sama dengan Tokopedia menjadi salah satu langkah untuk menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas dalam meningkatkan kesadaran lingkungan serta mengajak masyarakat untuk ikut memberikan kontribusi penurunan emisi gas rumah kaca,” jelas Ratih Loekito, Director of Development and Marketing YKAN, mengenai program ini.

KLIK INI:  Sulsel Gandeng KLHK Gagas Satgas Gakkum Lingkungan

Program #PohonUntukKita merupakan kerja sama perdana antara YKAN dan Tokopedia, yang bertujuan membantu upaya restorasi kawasan hutan.

Penyediaan bibit, penanaman, pemeliharaan dan pemantauan pertumbuhan pohon menjadi rangkaian tahapan yang berlangsung selama satu tahun dalam program ini.

Kepedulian terhadap kelestarian alam ini pun sejalan dengan salah satu pilar utama CSR & Social Impact Tokopedia, yakni lingkungan, yang menjadi dasar bagi platform belanja daring Indonesia ini dalam berkontribusi nyata bagi alam sekitar.

“Tokopedia bersama mitra strategis #SelaluAdaSelaluBisa mendorong terciptanya berbagai inisiatif terkait pelestarian lingkungan guna membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Misalnya melalui kolaborasi dengan YKAN dalam program #PohonUntukKita yang merupakan salah satu aksi nyata untuk menginspirasi lebih banyak masyarakat terlibat dalam aksi peduli lingkungan, termasuk menanam pohon.” tambah Nuraini Razak, Vice President of Corporate Communications Tokopedia.

Melindungi dan merawat satu pohon dapat menjaga harapan dan aspirasi generasi mendatang untuk bumi yang nyaman dihuni. Saatnya menanam harapan untuk kelestarian hutan. Satu aksi untuk tujuan besar, satu #PohonUntukKita.

KLIK INI:  Dampak Badai Siklon Seroja terhadap Terumbu Karang di TN Perairan Laut Sawu