Pohon Cemara, Tumbuhan Hijau Abadi yang Bernapas Ratusan Tahun

Publish by -168 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Pohon Cemara, Tumbuhan Hijau Abadi yang Bernapas Ratusan Tahun
Pohon cemara/Foto-Ist

Jenis pohon cemara cukup banyak, berada dikisaran lebih dari 70 jenis

Klikhijau.com – Pohon satu ini akan selalu terlihat hijau, namanya pohon cemara. Ranting dan daunnya cukup tangguh, jarang rontok.

Tidak heran jika pohon cemara juga dikenal sebagai tetumbuhan tetumbuhan hijau abadi. Cemara termasuk suku cemara-cemaraan atau Casuarinaceae meliputi sekitar 70 jenis tetumbuhan.

Dengan jenis sebanyak itu, sebagian besar suku ini terdapat di belahan Bumi Selatan, terutama di wilayah tropis Dunia Lama, termasuk Indonesia, Malaysia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Sekilas cemara mirip seperti tusam karena rantingnya yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil.

KLIK INI:  Bukan Sekadar Valentine, Ini Fakta Tentang Bunga Mawar Lainnya!

Anggapan itu keliru, sebab kenyataannya pepohonan ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betinanya tampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.

Pohon cemara akan selalu terlihat ramai setiap akhir tahun menjelang tanggal 25 Desember. Hari yang diperingati sebagai hari natal.

Hiasan natal yang paling sering dan jadi ikonnya adalah pohon cemara. Maka, tidak heran pula jika pohon ini dikenal pula dengan pohon natal.

Keberadaan pohon cemara selanjutnya, sering kita jumpai di halaman rumah sebagai tanaman hias. Pohon ini mampu hidup hingga umur ratusan tahun.

Keberadaan pohon yang tumbuh tinggi dan berbentuk kerucut ini memiliki daya tarik sendiri.

Mungkin tak banyak yang tahu, jika daunnya yang berbentuk ramping dan runcing yang berguna untuk mengurangi penguapan.

Bentuk daun ini merupakan adaptasi pohon cemara terhadap lingkungan yang panas. Namun, ketebalan kulitnya, khususnya yang telah dewasa membuatnya mambu beradaptasi dan bertahan di segala kondisi cuaca.

Bisa atasi stres

Jika Anda termasuk orang yang suka menanam pohon buah, pohon cemara bukanlah pilihan yang tepat, sebab pohon ini tak menghasilkan buah melainkan pinecone atau runjung cemara.

Hhmm, jangan berrputus asa dulu, meski tak berbuah pohon ini memiliki manfaat seperti yang diungkapkan Birgitta Gatersleben, yang merupakan ahli psikologi lingkungan dari University of Surrey, menjelaskan jika pohon cemara mampu meredakan stres.

Menurutnya, kemampuan ini dikaitkan dengan makna cemara yang berarti kesejahteraan dan kepuasan dalam kehidupan. Pohon ini dapat memberikan suasana alam yang secara tak langsung mengatasi stress dan meringankan penyakit mental.

Dan lebih keliru lagi jika kita menganggap bahwa pohon cemara hanya satu jenis. Telah dituliskan di atas bahwa pohon cemara memiliki sekitar 70 jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia. Baik yang tumbuh liar maupun yang dipelihara.

Maka pada kesempatan ini, klikhijau akan mengulas secara singkat 7 jenis pohon cemara yang dihimpun dari bererapa sumber:

  • Cemara pensil

Cemara ini berasal dari mediterania. Cemara pensil juga sering dijuluki “drama tree” karena akan membungkuk jika terkena angin meskipun pelan.

Cemara ini biasa juga disebut Cupressus Sempervirens atau Cypress Mediterania atau Cypress Tuscan. Daunnya sangat rimbun dan padat dengan warna hijau tua.

Sedangkan kayunya kuat dan memiliki bau khas. Seringkali digunakan sebagai tanaman hias dan cocok tumbuh di daerah lembap dan dingin.

  • Cemara angin

Ia memiliki daun yang paling tipis di antara pohon cemara lainnya. Sekilas hampir mirip dengan daun pinus tetapi lebih panjang. Nama latinnya, Casuarina junghuhniana.

  • Cemara norfolk

Asalnya dari pulau Norfolk, yaitu pulau kecil di sekitar Samudera Pasifik. Cemara norfolk memiliki ciri cabang yang simetris dan menyerupai jarum tumpul.

Cemara ini tumbuh subur didaerah beriklim dingin dengan kelembapan tinggi, serta mendapat sinar matahari secara langsung.

  • Cemara perak

Warna daunna unik seperti perak. Cemara jenis ini termasuk tanaman perdu yang berasal dari Pegunungan Asia Tengah dan Himalaya.

Nama latinnya Juniperus squamata blue star atau Blue pine. Walaupun, sering ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias, tapi tingginya bisa mencapai 1 meter.

  • Cemara Pua-Pua

Sepanjang tahun, cemara jenis ini memiliki daun berwarna hijau tua. Daunnya bagus seperti tanduk rusa

Umumnya, cemara pua pua menghiasi halam rumah karena perawatannya yang mudah dan daunnya tidak mudah rontok.

  • Cemara laut

Di bagian selatan Pulau Jawa pasti tidak asing lagi dengan cemara jenis ini. Cemara ini memiliki habitat di daerah pesisir, sehingga sudah beradaptasi terhadap angin laut.

Australian pine dan Beach she-oak adalah nama lain dari cemara yang memiliki nama laitin Casuarina equisetifolia ini.

  • Cemara embun

Karena bentuk daunnya seperti berembun, maka cemara ini dinamai cemara embun. Daun yang berwarna hijau muda keputih-putihan seakan-akan selalu terkenan embun. Posturnya relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis cemara lainnya.

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!