Pisang Raja Sereh, Rajanya Pisang Ijo yang Kaya Manfaat

oleh -11 kali dilihat
Pisang Raja Sereh, Rajanya Pisang Ijo yang Kaya Manfaat
Pisang raja sereh - foto/Ist
Nona Reni

Klikhijau.com – Suatu ketika menjelang Ramadan. Saya mengunjungi satu pasar kabupaten yang lumayan ramai pengunjung.

Barangkali sudah menjadi tradisi menyambut bulan suci adalah membeli sembako, minuman, dan cemilan-cemilan yang akan dimakan saat waktu berbuka puasa.

Di sini, di kampung saya, Soppeng, Sulawesi Selatan pasar tradisional sudah tertata lumayan rapi. Semua mempunyai blok tersendiri. Semisal blok sayur, lauk-pauk, pakaian, perhiasan bahkan blok khusus masakan jadi.

Blok-blok itu memudahkan pengunjung mencari kebutuhannya.Kebetulan saat itu saya menyusuri blok sayur dan menemukan setandang pisang.

KLIK INI:  Pisang Manurung Selain Nikmat, Apasih Khasiatnya?

Jujur, saya mengira pisang hanya terdiri dari satu jenis saja. Ternyata diluar dugaan. Pisang ternyata terdiri dari berbagai jenis.

Namun, pisang yang paling laris saat menjelang Ramadan adalah pisang raja sereh. Pisang raja sereh adalah pisang kultivar hibrida triploid dari Filipina.

Pisang tersebut adalah salah satu pisang kultivar paling umum di Asia Tenggara dan Filipina, selain pisang lacatan dan pisang kepok, bahkan pisng raja sereh dikategorikan sebagai makanan penutup yang paling umum di negara tersebut. Ia memiliki rasa manis dan sedikit rasa asam.

Konon pisang ini berasal dari  India dan diperkenalkan oleh seorang seorang pendeta Prancis bernama Letondal.

KLIK INI:  Keseringan Konsumsi Makanan Ini dengan Susu Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya
Rajanya pisang ijo

Masih ingat bukan, takjil khas Sulawesi Selatan saat Ramadan? Yap, pisang ijo.

Saat kunjungan ke pasar itu, saya dapat bocoran dari penjual pisang tersebut, bahwa pisang inilah yang paling cocok untuk dijadikan menu pisang ijo.

Karena jadi andalan untuk bahan baku pisang ijo, harganya pun naik dua kali lipat dari harga pasaran sebelumnya.

Selain rasanya enak saat dijadikan pisang ijo, pisang raja sereh   juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan imun tubuh, menguatkan tulang, meningkatkan energi tubuh, mengurangi gangguan penglihatan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko batu ginjal, mengatasi anemia, menyembuhkan maag dan lain sebagainya.

Dikutip dari Heal With Food, pisang raja sereh menawarkan banyak kandungan potasium sebagai sumber vitamin C yang sangat baik.

Faktanya, analisis nutrisi yang mendalam menunjukkan bahwa permata nutrisi ini menyediakan lebih banyak vitamin C daripada pisang  Cavendish yang bentuknya lebih besar.

Satu porsi atau 100 gram pisang raja sereh segar telah dilaporkan menyediakan 13 miligram vitamin C, yang setara dengan hampir 23% dari nilai harian untuk vitamin esensial tersebut.

KLIK INI:  Menyesap Nikmatnya Berkah Jahe Merah dan Kopi di Tengah Pandemi

Manfaat lain yang bahkan jarang diketahui adalah pisang ini merupakan sumber potasium yang baik. Oleh karena itu, manfaat pisang raja sereh ini dapat menjaga kesehatan jantung, terutama pada orang yang sensitif terhadap natrium.

Sahabat  hijau perlu ingat bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi, merupakan faktor risiko umum untuk stroke, penyakit jantung koroner (PJK), gagal jantung kongestif (CHF), penyakit ginjal, dan penyakit arteri perifer (PAD).

Banyak dari penyakit ini menjadi salah satu penyebab paling umum kematian di Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya.

Peluang usaha

Nah, sahabat hijau setelah tahu manfaatnya, bagi sahabat yang ingin memulai bercocok tanam pisang jenis ini bisa dimulai dari sekarang ya. Karena waktu yang diperlukan sejak tanaman pisang ditanam sampai panen adalah sekitar 12-15 bulan.

Bila dihitung sejak pisang mulai berbunga, sekitar 4-6 bulan atau bergantung varietasnya.. selain itu, pisang ini tidak akan membuat kita terlalu dipusingi dengan ancaman hama yang tiba-tiba menyerang, seperti pada tanaman-tanaman jangka panjang lain.

KLIK INI:  Dampo’, Olahan Pisang yang Pas untuk Kawan Ngopi

Budidaya pisang juga bisa menjadi salah satu ladang usaha dengan pendapatan yang tinggi. Itu jika dibudidayakan dengan cara yang benar, karena merupakan salah satu tanaman yang termasuk sangat mudah tumbuh.

Pohon dari jenis pisang ini biasanya mencapai ketinggian 10 hingga 13 kaki. Dikutip dari Academic, tanaman pisang ini membutuhkan paparan sinar matahari penuh atau sebagian.

Bagaimana sahabat hijau, pernah mencoba pisang raja sereh atau tertarik membudidayakannya?

KLIK INI:  Penasaran dengan Kuliner di Festival Teluk Tomini 2019? Klik di Sini!