Pinisi Diving Club, Lahir Tak Hanya untuk Menyelam

Publish by -95 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Pinisi Diving Club, Lahir Tak Hanya untuk Menyelam
Para anggota Pinisi Diving Club berpose usai aksi bersi di Pantai Bira/foto- Meryam

Pinisi diving club lahir untuk menimbulkan kecintaan terhadap ekosistem terumbu karang dan biota laut, khususnya bagi usia dini

Klikhijau.com – Setelah melihat postingan berupa foto di Facebook Meryam Putri Mohta. Saya pun mengirimi pertanyaan kepadanya via inbox.

“Ini kegiatan aksi bersih-bersih yang kedua setelah sebelumnya diadakan di Pantai Panrang Luhu,” jawab Meryam Putri Mohta beberapa menit kemudian setelah saya bertanya.

Meryam memberi keterangan pada foto yang ia unggah pada tanggal 8 Januari 2020 lalu. Keterangannya berupa ajakan.

Meryam menulis begini “Mari sadar diri, jangan buang sampah sembarangan. Sayangi laut kita. Aksi bersih-bersih pantai oleh @pinisidivingclub di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba.”

KLIK INI:  Di Sela Uji Kompentensi Insinyur, BKS PII Sarankan Kajian Lanjutan Bencana Alam Palu

Foto dan keterangan itulah yang membuat saya tertarik untuk tahu lebih perihal Pinisi Diving Club. Saya merasa cukup beruntung karena Meryam mau berbagi info tentang Pinisi Diving Club.

Club atau organisasi ini berbentuk perkumpulan hobi menyelam dan berwawasan solidaritas cinta lingkungan dan memiliki rasa kebersamaan. Beralamat di Mess Kuliner, Kawasan Wisata PAntai Tanjung Bira.

Pinisi Diving Club berdiri pada 28 Oktober 2019 dengan visi berperan dan berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan pariwisata yang mandiri.

Visi lain dari club ini adalah profesional dengan menjunjung tinggi norma agama, adat istiadat. Juga nilai sportifitas dalam suasana musyawarah secara kekeluargaan untuk mencapai mufakat.

Demi kelestarian lingkuangan

Sedangkan misinya adalah mengembangakan potensi pariwisata bahari Bulukumba, pengembangan hobi, wawasan dan pengetahuan bagi para penyelam. Selain itu, juga  mengembangkan dan meningkatkan kontribusi pengelolaan potensi sumber daya alam bahari dalam pembangunan, dan turut berpartisipasi menjaga kelestariannya.

Menurut Meryam, maksu berdirinya Pinisi Diving Club sebagai wadah pengembangan wisata selam di Bulukumba dan sekitarnya.

KLIK INI:  Berkonsep Bambu, Sikola Macca Menggoda untuk Dikunjungi

“Berdirinya club ini adalah untuk berperan aktif dalam kegiatan bahari dan pelestarian lingkungan hidup baik flora dan fauna,” ungkapnya.

Pinisi Diving Club juga memiliki tujuan yang jelas ke depannya, di antaranya membantu pemerintah dalam melindungi kelangsungan hidup biota laut, menjaga terumbu karang dan lingkungan pesisir pantai.

Selain itu, juga untuk memberdayakan masyarakat melalui pendidikan lingkungan, membangun kapasitas masyarakat pesisir untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan metode yang baik dan aman.

Tujuan lain dari club ini adalah mendampingi masyarakat pesisir demi meningkatkan kepedulian mereka terhadap ekosistem bahari dan menjaga kelangsungan hidup terumbu karang dan biota laut.

“Mempublikasikan wisata selam dengan metode yang aman, nyaman dan berkualitas kepada masyarakat mulai dari usia dini sehingga menimbulkan kecintaan terhadap ekosistem terumbu karang dan biota laut,” tutup Meryam.

KLIK INI:  Tim Milenial Melawan Corona Berbagi Saffron dan Madu Kepada Petugas Kesehatan
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!