Philodendron Selloum, Keistimewaan, Pertumbuhan dan Tips Merawatnya

Publish by -689 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Philodendron Selloum, Keistimewaan, Pertumbuhan dan Tips Merawatnya
Penampakan Philodendron sellom koleksi Iwan di Bogor - Foto/Ist

Klikhijau.com – Philodendron selloum variegata lebih dikenal dengan philodendron jari karena dedaunnya yang menyerupai jari-jemari manusia. Tanaman hias satu ini punya kesan mewah dan maskulin.

Pada banyak literatur, jenis ini dimasukkan sebagai salah satu varian dari philodendron. Namun, menurut Mas Iwan (Pegiat dan ahli tanaman hias dari Bogor), Sellom saat ini dimasukkan dalam kategori thaumatophyllum variegata.

Di beberapa Marketplace yang menjual Sellom memang sudah menyebut jenis ini sebagai thaumatophyllum sellom variegata, meski juga disebutkan sebagai Philodendron selloum variegata.

Tanaman hias favorit ini cukup banyak diburu kolektor sehingga harganya juga lumayan mahal. Memangnya apa kelebihan utamanya jenis ini?

KLIK INI:  11 Jenis Philodendron Paling Populer di Tanah Air, Klik Ini!

“Menarik karena bisa besar dan banyak jenisnya. Apalagi sekarang ada hybrider, jadi selain bisa beraneka ragam bentuk daunnya, yah bisa variegatednya juga,” kata Mas Iwan pada Klikhijau, Selasa, 24 Juni 2020.

Selain pesona pada daunnya yang mirip jari tangan terbuka, Sellom juga menaruh daya magisnya pada batang dan akarnya. Kata Mas Iwan, di ketiga bagian inilah para kolektor tanaman jenis ini jatuh hati karena terbilang eksotis.

Melansir greenandvibrant.com, philodendron Selloum adalah salah satu dari sekitar 450 varietas Philodendron. Sellom merupakan tanaman khas Amerika Selatan yang bisa tumbuh tinggi hingga 5 kaki.

Umumnya jenis ini memiliki daun tebal dengan batang yang kokoh.

KLIK INI:  Pulau Sulawesi, Surganya Kumbang Yodha

Ada tiga varietas Philodendron sellom yang saat ini paling dikenal antara lain Philodendron hederaceum, varietas oxycardium. Jenis ini umumnya memiliki daun hijau berbentuk hati.

Kedua, Philodendron bipennifolium yang umumnya dikenal sebagai daun biola, tanaman ini memiliki daun hingga 10 inci dan 18 inci. Dedaunan jenis ini berwarna hijau mengkilap.

Ketiga, Philodendron domesticum. Daun varietas ini berbentuk segitiga dan dapat tumbuh hingga 24 inci.

Selain tampak mewah dan maskulin, jenis ini juga punya daya tahan yang lebih kuat sehingga mudah merawatnya. Namun, tetap pelajari dengan seksama tips sederhana merawat tanaman ini!

#Suplai air yang memadai 

Tanaman ini memiliki kebutuhan air yang cukup. Tanaman ini tidak tahan kekeringan dan menyukai tanah yang sedikit lembab.

KLIK INI:  Kebun Binatang Surabaya Berhasil Tetaskan 74 Telur Komodo

Anda perlu menyeimbangkan antara tanah lembab tetapi tidak basah, karena kelembaban dibutuhkan untuk membantu tanaman berkembang, tetapi tanah basah akan membuat akarnya membusuk dan berakibat fatal bagi tanaman.

Siramlah tanaman dengan air secukupnya. Jangan biarkan ada genangan air yang menumpuk pada pot tanaman ini.

#Pencahayaan

Philodendron Selloum lebih suka berada di cahaya terang, tidak langsung atau belang-belang dengan beberapa warna.

Tanaman ini dapat tumbuh di tempat teduh, tetapi jika disimpan dalam cahaya rendah, daun akan berubah menjadi warna hijau lebih gelap dan terlihat agak tidak sehat dengan pertumbuhan terhambat.

Koleksi tanaman hias
Koleksi tanaman hias, Philodendron selloum milik Iwan di Bogor – Foto/Ist
KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan

Tanaman yang disimpan dalam kondisi cerah yang tidak biasa juga akan membutuhkan lebih banyak kelembaban daripada biasanya. Dalam situasi yang ideal, Philodendron Selloum akan memiliki iklim sedang yang cerah tanpa menjadi terlalu terang.

#Kelembaban

Tanaman ini membutuhkan lingkungan yang lembab untuk benar-benar berkembang, tetapi sebagian besar rumah biasanya bukan daerah dengan kelembaban tinggi, jadi Anda perlu secara artifisial meningkatkan kadar air di udara untuk memenuhi kebutuhan ini.

Solusi paling sederhana adalah menyemprot tanaman setiap hari dengan semprotan air ringan. Ini adalah solusi yang mudah dan murah, tetapi memang membutuhkan sedikit waktu setiap hari.

#Temperatur

Sebagai tanaman asli Amerika Selatan, Philodendron Selloum terbiasa dengan suhu hangat. Jenis ini tumbuh paling baik pada temperatur yang biasanya ditemukan di rumah, yang merupakan salah satu alasan mengapa tanaman ini menjadi tanaman yang baik.

KLIK INI:  Di Malam Hari Buah Apel Tumbuh Lebih Cepat, Iyakah?

Tanaman ini tidak menyukai peredam dingin, jadi jauhkan dari tempat-tempat yang memungkinkan, seperti jendela atau jalan masuk. Ada baiknya dijauhkan pula dari pemanas atau kompor.

#Perkembangbiakan

Philodendron Selloum dapat diperbanyak dari stek batang. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah mengikuti sesi pemangkasan untuk memastikan daun yang telah Anda pangkas tidak sia-sia dan dapat digunakan untuk membuat tanaman baru untuk koleksi Anda.

Gunakan potongan batang dengan simpul daun utuh, karena dari sinilah akar akan muncul. Anda dapat memperbanyak potongan batang di tanah atau air hanya dalam beberapa minggu.

Untuk berkembang biak di air cukup tempatkan potongan batang dalam toples air, biarkan di tempat yang hangat dan terlindungi dan saksikan saat akar tumbuh. Untuk perbanyakan di tanah, celupkan ujung batang ke rooting hormon, tahan di pot tanah lembab. Dan selipkan dengan lembut sehingga didukung dan dapat berdiri tegak.

KLIK INI:  Jeff, Iwan dan Kisah Janda Bolong yang Terjual Selangit Pekan Ini

Jaga agar tanah tetap lembab dan di tempat yang hangat, dan akar akan terbentuk dalam hitungan minggu. Periksa pertumbuhan akar dengan mengidentifikasi pertumbuhan baru di atas permukaan tanah atau dengan menarik batang dengan hati-hati untuk melihat daya tahannya.

#Pemangkasan

Tanaman ini dapat dipangkas untuk mengontrol ukurannya atau untuk mendorong tampilan yang lebih lebat.  Seiring waktu, daun terkadang berwarna coklat, dan ini perlu dihilangkan dengan memotongnya atau memotongnya sedekat mungkin dengan alasnya.

Seiring bertambahnya usia tanaman, batang utama akan menebal menyerupai batang, dan Anda mungkin ingin mendorong penampilan pohon dengan menghapus daun bagian bawah untuk mengungkapkan batang.

Ini bisa dilakukan dengan gunting bersih atau gunting tajam. Selain pemangkasan opsional ini, dan pemotongan daun mati atau rusak, Philodendron Selloum tidak perlu dipangkas secara rutin.

Saat memangkas, selalu gunakan sarung tangan karena tanaman mengandung getah beracun yang dapat menyebabkan iritasi jika tertelan atau jika bersentuhan dengan kulit.

KLIK INI:  Tanaman Hias untuk Kecantikan? Berikut Penjelasannya!
#Perawatan bunga 

Bunga hanya muncul pada contoh tanaman dewasa, dengan mereka biasanya memakan waktu beberapa dekade sebelum mekar.

Usia rata-rata mekar Philodendron Selloum adalah 15 hingga 20 tahun, dan tanaman yang telah disimpan sebagai tanaman hias seumur hidup mereka mungkin tidak akan pernah mekar.

tanaman
Koleksi Iwan di Bogor – Foto/Ist
Hama dan Penyakit

Tanaman ini dapat dipengaruhi oleh hama tanaman rumahan umum, seperti kutu daun, tungau laba-laba, kutu putih, dan skala.

Penyakit yang dapat menginfeksi Philodendron Selloum termasuk bakteri hawar, yang menghasilkan bercak sangat gelap pada daun dan akhirnya menyebabkan daun membusuk dan mati.

Pencegahan adalah metode perlindungan terbaik terhadap penyakit ini dan dapat dijaga dengan menyiram pada permukaan tanah agar daun tetap kering. Itulah penjelasan lengkap mengenai Philodendron Selloum, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  9 Jenis Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Hoki di Rumah
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!