Philodendron, Selain Mahal dan Eksotik Punya Manfaat Besar bagi Kesehatan

oleh -12,564 kali dilihat
tanaman Philodendron
Philodendron/foto-ist
Anis Kurniawan

Klikhjau.com – Banyak yang menduga, philodendron dibanderol mahal sekadar eksotikanya saja. Tidak rupanya, tanaman hias satu ini punya manfaat besar bagi kesehatan loh.

Dikutip dari majalah “Serial Taman”, Philodendron adalah tanaman yang memiliki fungsi sebagai elemen pembentuk taman rumah. Saat ini terdapat lebih dari 200 spesies tanaman philodendron di seluruh dunia.

Pola penyebarannya pun sangatlah luas dan dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, yang notabene banyak ditemukan di hutan-hutan tropis.

Dari segi ara tumbuhnya, philodendron terdiri dari dua jenis yaitu tanaman daratan (terrestial plants) dan menumpang (epiphyte/epifit). Meskipun menumpang/menempel, namun philodendron tidak merugikan tanaman induknya.

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan Philodendron, Tanaman Hias Berjuta Pesona

Hebatnya tanaman ini bisa menyerap polutan udara di dalam ruangan seperti zat polutan yang jika terhirup oleh manusia dalam jumlah banyak akan merugikan kesehatan serta berpotensi mengakibatkan kanker.

Zat polutan yang tersebut adalah ‘formaldehid’ yang biasa terdapat pada bahan busa dan partikel debu pada bahan karpet.

Morfologi tanaman philodendron

Dari sisi morfologi tanaman, philodendron memiliki morfologi yang beragam mulai dari sistem perakaran, batang, daun bunga, dan biji serta memiliki sistem perakaran serabut.

Bagian akar ada yang terdapat di dalam tanah, juga ada yang tumbuh di atas permukaan tanah sebagai akar nafas. Akar nafas sering dijumpai pada jenis tanaman yang merambat.

Pada batangnya, tanaman ini memiliki bentuk dan warna batang yang beragam. Bentuk batang umunya bulat, diameter bervariasi (tergantung umur tanaman).

Warna batangnya akan berbeda tiap tingkat pertumbuhan. Ada yang berwarna hijau pada usia muda dan agak keabu-abuan pada umur dewasa, ada juga yang hijau tua pada usia muda dan hijau kemerahan pada saat dewasa.

KLIK INI:  Bukan Sekadar Valentine, Ini Fakta Tentang Bunga Mawar Lainnya!

Philodendron tergolong jenis tanaman bunga majemuk. Jenis bunganya sama dengan jenis bunga pada tanaman anthurium dan aglaonema. Biji tanaman ini sangat jarang ditemukan, karena proses penyerbukannya sangat jarang ditemukan.

Bentuk pada daunnya tidak kalah menarik dan beragam, dimulai dari bentuk seperti hati, lanset, lanset berlekuk, panjang melebar, dan menjari.

Umumnya daun dari tanaman ini mempunyai banyak lekukan daun. Daunnya pun mempunyai bermacam-macam warna mulai dari hijau, hijau muda, hijau kekuning-kuningan, merah keunguan, hingga warna perak. Bisa juga kombinasi dari berbagai warna pada satu tanaman.

Faktor-faktor seperti suhu yang tinggi akan mengakibatkan daun menjadi lebih pucat dan warnanya pudar. Selain faktor suhu, elemen seperti udara, kebutuhan cahaya matahari, kelembapan udara, air, serta ketinggian tempat menjadi penentu agar tanaman hias ini dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

KLIK INI:  Peperomia dan Tali Hati, Penghias Teras yang Estetik Bermahar Selangit