Philodendron Pastazanum, Tanaman Daun Berbentuk Hati yang Indah

oleh -508 kali dilihat
Philodendron Pastazanum, Tanaman Daun Berbentuk Hati yang Indah
Philodendron Pastazanum dengan daun indah yang lebar - Foto/ Ig: Iwan1510

Klikhijau.com – Philodendron pastazanum adalah Philodendron berbentuk hati yang sangat indah namun amat langka. Di akun instagram Mas Iwan (Praktisi tanaman hias di Bogor), gambar Philo satu ini dipajang. Ratusan penggemar menyerbu tanda “suka”, tentu pertanda kagum dengan eksotikanya.

Mas Iwan memajang gambar Philo pastazanum pada 17 Januari 2021 dan memberi #soldout. Tandanya, tanaman ini sudah terjual. Wajar saja, untuk kelas tanaman daun, jenis ini memang menggiurkan dengan ukuran lebar daun sangat lebar.

Dari laman Plantophiles.com, seluk beluk mengenai Pastazanum dibeberkan. Artikel ini akan memaparkan informasi penting di baliknya yang mungkin bermanfaat bagi Anda, penggemarnya.

Philo pastazanum berasal dari Ekuador dari negara bagian bernama Pastaza dimana ia dikumpulkan pada tahun 70-an.

Tanaman ini bersifat crawler yakni batang atau rimpang utama tumbuh secara vertikal dan bukan horizontal. Tangkai daun tumbuh secara vertikal dari batang dan membawa daun.

Rimpang tidak boleh terendam dan tetap berada di permukaan tanah karena di sinilah daun muncul. Mengubur rimpang berarti mengakhiri hidup tanaman ini.

KLIK INI:  Panduan Memilih dan Merawat Tanaman Hias di dalam Rumah
Perawatan Philodendron pastazanum

Dari laman Plantophiles disebutkan bahwa Philo satu ini memang memiliki daun yang sangat istimewa. Diantaranya karena tekstur daunnya yang sangat hijau dan mengkilap—juga ukuran daunnya yang menakjubkan.

Wajar saja bila ada banyak penggemar tanaman hias menyukai pastazanum untuk dikoleksi di teras rumah. Sebelum membeli dan merawat tanaman ini, berikut ini dijelaskan beberapa hal penting dalam perawatannya:

  • Tanah

Tanaman hias ini membutuhkan tanah yang bisa dikeringkan dengan bebas. Campuran aroid adalah yang terbaik. Campuran pot harus lapang dan terdiri dari bahan tebal seperti kulit kayu anggrek yang memungkinkan air mengalir dengan cepat. Tanah pot juga membutuhkan bahan yang dapat menahan kelembapan dan unsur hara seperti perlite atau batu apung serta tanah itu sendiri. Tingkat pH harus dijaga antara 5-7 untuk kondisi tanah yang ideal.

  • Cahaya

Tanaman ini membutuhkan cahaya tidak langsung sedang hingga terang. Jika terbiasa dengan itu mereka dapat mengambil beberapa jam sinar matahari langsung di pagi hari. Jumlah sinar matahari langsung tidak boleh melebihi beberapa jam dan sinar matahari sore yang kuat perlu dihindari. Jika tidak, daun akan terbakar dan rusak.

Disarankan menyimpannya dekat jendela yang menghadap ke timur dengan beberapa jam sinar matahari langsung.

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan Philodendron, Tanaman Hias Berjuta Pesona
  • Penyiraman

Disarankan untuk menyiram pastazanum saat tanah agak kering. Aturan praktis yang baik adalah seminggu sekali. Namun, jumlah penyiraman yang dibutuhkan per minggu akan bergantung pada banyak faktor berbeda di rumah Anda. Jumlah cahaya, kelembapan serta suhu dan tanah pot yang digunakan akan mempengaruhi seberapa sering penyiraman dibutuhkan.

Berhati-hatilah untuk tidak menyirami tanaman ini terlalu banyak karena akan membahayakan pertumbuhannya. Pastikan juga untuk tidak membiarkan tanah mengering sepenuhnya.

  • Kelembaban

Perawatan Philodendron pastazanum paling berhasil dalam kelembaban di atas 65%. Umumnya, kelembaban 65% – 75% adalah kisaran yang bagus untuk tanaman ini. Namun jangan khawatir jika kondisi tersebut tidak ada di rumah Anda. Ada berbagai tip dan trik untuk mencapai tingkat kelembapan yang baik.

Tips Kelembaban # 1: Letakkan tanaman hias Anda berdekatan untuk menciptakan iklim mikro dengan kelembaban yang lebih tinggi. Semakin dekat tanaman Anda, semakin tinggi kelembaban alami di sekitar tanaman Anda.

Tips Kelembaban # 2: Nampan kerikil tua yang bagus. Gunakan nampan di bawah pot tanaman Anda dan isi dengan air. Air akan menguap dan meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman Anda dari bawah.

Tips Kelembaban # 3: Manfaatkan humidifier yang dapat Anda atur antara 65% – 75%. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan meskipun ini adalah yang termahal.

KLIK INI:  Bunga Hydrangea, Cantik nan Populer, Ini 10 Fakta Menarik Tentangnya!
  • Pupuk

Gunakan pupuk yang seimbang dengan setengah dari kekuatan yang disarankan untuk pot tanaman Pastazanum Anda. Anda bisa menggunakan pupuk cair atau pupuk lepas lambat.

  • Pertumbuhan

Philodendron pastazanum adalah tanaman menjalar dan rimpang tumbuh di atas tanah. Paku daun baru muncul di sepanjang rimpang. Daun baru yang muncul membutuhkan waktu satu bulan atau lebih sampai mereka benar-benar terbuka.

Pertama-tama Anda akan melihat lonjakan daun yang meluas secara vertikal. Ini akan tumbuh lebih lama dan lebih lama sampai menghasilkan daun baru yang akan terbentang. Antisipasi seberapa besar daun terbaru akan selalu tinggi.

Daun baru berwarna hijau muda dan akan menggelap menjadi hijau tua yang sehat. Daun tanaman ini terlihat sangat menakjubkan sehingga menjadi penghenti di setiap koleksi tanaman.

  • Pot

Saya menyarankan agar tidak menggunakan pot bundar yang merupakan pot paling umum digunakan untuk tanaman pot. Karena Philodendron pastazanum adalah crawler dan akan tumbuh secara horizontal.

KLIK INI:  Cerita dari Kampung, Tanaman Hias Keladi Tumbuh Bebas, Ambilnya Gratis Semaunya!
  • Perbanyakan

Perbanyakan Philodendron cukup mudah seperti halnya perbanyakan tanaman Monstera karena simpul pada tanaman Anda dengan jelas menunjukkan di mana pemotongan dapat dilakukan. Stek adalah cara paling umum untuk menyebarkan Philodendron pastazanum.

Cara yang berbeda adalah perbanyakan dari biji tetapi agar ini berhasil, Anda harus memiliki dua bunga tanaman Philodendron pastazanum pada saat yang sama untuk menyerbuki tanaman atau setidaknya menyimpan serbuk sari untuk menyerbuki setelah tanaman kedua berada pada tahap yang sama.

Cara lain adalah dengan membiakkan Philodendron pastazanum secara mikro tetapi untuk ini, agar berhasil, Anda memerlukan peralatan laboratorium dan kondisi steril. Semua ini mungkin tidak diperlukan karena potongan potong sederhana akan membantu Anda memperbanyak tanaman dalam waktu singkat.

Itulah perkenalan dengan Philo pastazanum dan cara merawatnya, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Daffodil, Bunga Hias Sarat Simbolis yang Tebar Banyak Manfaat