Perlu Diketahui, Begini Penyebab Halitosis atau Bau Mulut

oleh -131 kali dilihat
Perlu Diketahui, Begini Penyebab Halitosis atau Bau Mulut
Penyebab bau mulut/Foto-liputan6.com

Klikhijau.com – Halitosis atau bau mulut umumnya disebabkan oleh sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang terlalu lama di dalam mulut akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Sepele memang, tapi berada pada kondisi ini bisa berdampak pada kepercayaan diri seseorang. Selain itu, halitosis juga bisa jadi gejala beberapa gangguan kondisi kesehatan.

Menurut data Academy of General Dentistry seperti dikutip dari CNN Indonesia, lebih dari 80 juta orang mengalami bau mulut kronis. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan. Berikut penyebab umum bau mulut yang perlu diketahui.

KLIK INI:  Hipertensi Bisa Sebabkan Otak Orang Dewasa Mengecil
# Kebersihan gigi

Rendahnya kebersihan gigi bisa menyebabkan bau mulut. Sisa makanan terjebak di sel gigi dan gusi sehingga membuat bakteri menghasilkan gas yang bau seperti telur busuk.

# Mulut kering

Jika bau mulut tak kunjung hilang meski sudah rajin sikat gigi, bisa jadi Anda mengalami mulut kering. Tanpa disadari, jumlah air liur yang sedikit bisa memicu bau mulut tak sedap.

Air liur atau saliva berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi, mulut, dan napas Anda.

Selain membantu melumatkan makanan, cairan bening ini juga bertugas membantu membilas sisa-sisa makanan dan bakteri dari mulut. Bakteri inilah yang jadi penyebab bau mulut.

# Konsumsi makanan atau minuman berbau tajam

Ada beberapa makanan atau minuman yang bisa menimbulkan bau mulut. Misalnya bawang putih, ikan, telur, bawang bombay, makanan pedas dan kopi.

Makanan dan minuman tersebut berkontribusi menyebabkan halitosis karena bersifat melepas sulfur.

Kandungan allyl methyl sulfide pada kopi, bawang putih, dan bawang bombay mampu tinggal dalam aliran darah hingga 72 jam setelah dikonsumsi. Kandungan itu akan terlepas lewat napas.

# Konsumsi makanan serba manis

Makanan serba manis memang bisa jadi “moodbooster” saat menghadapi hari-hari yang berat. Namun, jenis makanan ini membuat bakteri di mulut juga bersemangat. Apalagi jenis makanan manis yang lengket seperti permen dan karamel.

Makanan manis jadi santapan empuk bakteri. Jika sudah begitu, bau mulut akan timbul dari gas yang dihasilkan bakteri.

Jika rasa untuk mencecap rasa manis tak tertahankan, para ahli menyarankan konsumsi cokelat polos yang rendah kandungan gula dan cepat meleleh di mulut.

KLIK INI:  Anda Tak Harus Minum Air Putih 8 Gelas Perhari, Begini Penjelasannya
# Asam lambung naik

Penyebab bau mulut ternyata tidak hanya berasal dari gigi dan mulut saja. Aroma tak sedap pada mulut juga bisa berasal dari sistem pencernaan.

Bau mulut ternyata juga bisa dipicu oleh gangguan pencernaan, salah satunya refluks asam lambung (GERD). GERD merupakan kondisi saat asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.

Pada kondisi ini, Anda biasanya akan mengalami perut mulas dan rasa pahit atau asam di mulut. Efek lainnya juga menyebabkan bau mulut tak sedap.

# Diet rendah karbohidrat

Diet ketogenik mengharuskan Anda mengurangi asupan karbohidrat dan menambah konsumsi protein. Tubuh akan berada dalam kondisi ketosis, saat sistem mulai membakar lemak untuk menghasilkan energi.

Proses ini menciptakan produk yang disebut keton. Jika tubuh banyak memproduksi keton, tak ada pilihan lain bagi tubuh selain mengeluarkan keton lewat urine dan napas yang bau.

# Merokok

Kebiasaan merokok membuat asap rokok menempel pada baju, barang bawaan, bahkan napas. Asap panas rokok dapat menurunkan kemampuan penciuman dan pengecapan.

Asap panas ini pula yang membuat mulut kering. Hilangnya air liur dikombinasikan dengan aroma tembakau menciptakan halitosis khas perokok.

# Konsumsi obat tertentu

Salah satu penyebab bau mulut paling umum adalah pengobatan untuk penyakit tertentu. Obat-obatan dapat membuat mulut kering dan berkontribusi pada bau mulut.

Obat untuk penyakit seperti depresi, tekanan darah tinggi, dan otot tegang kerap membuat produksi air liur menurun.

Jika obat membuat mulut kering, mintalah saran dari dokter untuk mencarikan alternatif obat lain.

# Penyakit

Beberapa penyakit, seperti kanker, gagal hati, dan penyakit metabolisme lainnya dapat menyebabkan bau mulut. Ini dikarenakan campuran spesifik bahan kimia yang dihasilkan.

KLIK INI:  Selain Bikin Sehat, Ini Manfaat Lain Permainan Tradisional Bagi Anak