Peringati HPSN 2020, Ini 7 Aksi Paling Spektakuler dan Meriah

Publish by -28 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Ilustrasi aksi bersih-bersih di Makassar-Foto/Ist

Klikhijau.com – Perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap 21 Februari, sekaligus mengenang tragedi kemanusiaan di TPA Leuwigajah. Beragam kegiatan dan aksi-aksi hijau dilakukan digelar di banyak tempat. Selain pihak pemerintah, pegiat lingkungan dan sejumlah komunitas juga turut merayakan momen baik ini.

Berikut ini, Klikhijau merangkum 7 aksi spektakuler yang dilakukan banyak pihak di perayaan HPSN 2020 ini.

Aksi emak-emak di Grobogan

Emak-emak di Grobogan tidak mau ketinggalan di HPSN 2020 ini. Diinisiasi oleh Bank Sampah Induk Bersemi Grobogan, emak-emak berlatih menyulap minyak jelantah jadi sabun.

Selain itu, mereka juga berlatih memanfaatkan botol bekas, stereform, dan kantong plastik. Hasilnya keren, dari aksi ini tercipta sabun dari jelantah, bros, pot bunga, lukisan dari stereform dan lainnya. Aksi ini digelar pada Jumat 21 Februari 2020 di Gedung Riptaloka Setda Grobogan.

KLIK INI:  Pegiat Lingkungan: Jokowi Periode II Harus Perhatikan Ekologi dan Isu Kerakyatan
Aksi nol sampah di pendakian Merbabu

Jalur pendakian Selo, Taman Nasional Merbabu terus menginspirasi pendakian yang zero waste. Pada momen HPSN 2020, seluruh aktivitas pendakian di Merbabu diarahkan untuk tidak menghasilkan sampah.

Sebelum pendakian, diadakan pengisian formulir tentang barang bawaan seperti logistik, obat-obatan, peralatan dan lainnya. Para pendaki diberikan infomasi mengenai pemilahan sampah organik dn anorganik.

Pendaki diarahkan agar sampah organiknya bisa dikubur, sedangkan anorganik harus dibawa turun kembali. Pengecekan detail dilakukan setelah para pendaki turun ke bawah.

Warga Cibadak serentak turun ke jalan

Peringati HPSN 2020, sejumlah Warga Kecamatan Cibadak Sukabumi turun ke jalan memungut sampah. Aksi massal ini juga diikuti oleh Muspika, TNI/Polri, dan tokoh masyarakat. Dilansir Radarsukabumi, peserta aksi membersihkan tiga zona yakni jalan Suryakencana, Desa Sekarwangi dan jalan Perintis Kemerdekaan Cibadak.

KLIK INI:  Tertib Anggaran, KLHK Raih Opini WTP Dua Tahun Berturut-turut
Ratusan anak SD bersihkan taman Jayawijaya dihibur aksi teatrikal pantomim

Berlokasi di Taman Jayawijaya, ada sekitar 300-an siswa dari SD Negeri VI Mojosongo, Surakarta ikut andil melakukan giat bersih sampah. Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati HPSN 2020.

Siswa yang terlibat sangat antusias dan meriah, terlebih sebelum aksi dimulai para siswa menonton aksi teatrikal pantomim. Pementasan itu juga dibuat dalam rangka menginspirasi siswa agar terlibat sejak dini dalam penyelematan lingkungan dari ancaman sampah plastik.

Semarak HPSN di Dumai

Walikota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah ikut serta dalam kemeriahan momen HPSN 2020 dengan melaksanakan aksi bersih di Jalan Putri Tujuh kota Kecamatan Dumai Timur. Ratusan peserta ikut serta dalam kegiatan ini.

Dukungan dari PT Pertamina RU II Dumai membuat gelaran ini semakin meriah. Pada momen itu pula, PT Pertamina menyerahkan secara simbolis bantuan kendaraan pengangkut sampah pada Pemerintah Kota Dumai. Menariknya, plastik pengumpul sampah yang digunakan adalah plastik ramah lingkungan berbahan singkong yang dapat cepat terurai dalam tanah.

KLIK INI:  Hobi Memancing Ikan? Perhatikan Ini Agar Lebih Ramah Lingkungan!

Kolaborasi pegiat lingkungan di Kabupaten Bandung

Para pegiat lingkungan di Kabupaten Bandung menggelar aksi bersih di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Minggu 23 Februari 2020. Aksi ini dibuat untuk menginspirasi warga agar mengelola sampahnya dari rumah masing-masing.

Aksi para pegiat lingkungan ini jua secara sukarela membuat lubang biopori untuk resapan air saat turun hujan. Aksi penanaman pohon juga dilakukan bersama warga demi pelestarian lingkungan.

Pelatihan Massal daur ulang sampah di Yogyakarta

Momen paling meriah dapat dijumpai di Yogyakarta. Yah, pada momen HPSN 2020 ini, ada kolaborasi paguyuban bank sampah se- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menggelar aksi pelatihan massal daur ulang. Pesertanya adalah warga dan dilakukan secara terbuka, gratis.

Tak tanggung-tanggung, panitia menyiapkan 50 item kreasi daur ulang yang dilatihkan ke masyarakat. Ada 50 bank sampah ikut terlibat dalam perhelatan akbar ini dengan dukungan dari pihak pemerintah dan swasta. Kegiatan ini digelar pada Selasa 18 Februari 2020.

Itulah sebagian kecil aksi-aksi menarik di momen HPSN 2020 kali ini, di tempat Anda boleh jadi ada yang lebih spektakuler lagi. Semoga aksi baik ini menginspirasi banyak orang untuk bertindak bersama mengendalikan sampah plastik.

KLIK INI:  Tidak Mau Kecolongan, KLHK Perkuat Pengendalian Karhutla di Masa Pandemi
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!