Perihal Tarajju’, Kue Khas Bugis-Makassar Berbahan Ubi

oleh -73 kali dilihat
Perihal Tarajjo’, Kue Khas Bugis-Makassar Berbahan Ubi
Perihal Tarajjo’, Kue Khas Bugis-Makassar Berbahan Ubi-foto/Ist

Klikhijau.com – Kue khas dari daerah Bugis dan Makassar memang beragam. Tarajju’ atau tarajjo’ hanyalah salah satunya.

Kue ini terbilang berbahan sederhana dan bahannya mudah ditemukan. Terbuat dari ubi, baik itu ubi jalar maupun ubi kayu atau singkong.

Jika kamu ingin membuat atau membelinya, tak membutuhkan rogohan kantong cukup dalam. Karena kue khas Bugis-Makassar ini cukup murah.

Meski mudah cara membuatnya dan harganya murah meriah. Kue ini termasuk salah satu kue yang mulai sulit ditemukan. Agak jarang ada yang menjualnya.

KLIK INI:  Buroncong, Kue Pinggiran yang Dirindukan

Biasanya jika suatu keluarga ingin menikmatinya—cukup membuatnya sendiri. Kue khas Bugis Makassar ini paling pas jika dinikmati di pagi hari bersama segelas kopi.

Tarajju’ memiliki rasa yang manis dan guring. Itu karena selain ubi, kue ini juga menggunakan gula merah, sehingga rasanya manis.

Manfaat bagi tubuh

Selain manis dan nikmat, tarajju’ juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Kue ini bisa mengenyangkan. Sudah bukan rahasia lagi jika ubi, khususnya ubi kayu telah menjadi sumber pangan selain beras dan jagung.

Manfaat ubi juga sangat banyak. Misalnya ubi jalar, ia memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan usus, juga memiliki senyawa yang ampuh melawan sel kanker.

Tak berhenti di situ saja, ubi jalar juga dapat berefek baik pada mata dan meningkatkan fungsi otak. Lalu bagaimana dengan ubi kayu atau singkong?

Ubi kayu dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebagai pengganti pangan, tanaman berumbi ini bisa pula menambah energi bagi yang memakannya. Ia juga mengandung antioksidan dan dapat meminimalisir penyakit jantung serta ampuh dalam mencegah penyakit kanker.

Sementara gula merah memiliki manfaat yang luar bisa pula untuk kesehatan, di antaranya dapat mengatasi anemia, menangkal radikal bebas, sumber energi tambahan, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan meningkatkan daya ingat, dan lain-lain.

Perpaduan bahan-bahan tersebut, yakni ubi dan gula merah bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan.

KLIK INI:  Ini Tempat Sahur Ramah Lingkungan di Bantaeng
Bahan yang perlu ada

Kue khas Bugis-Makassar ini rasanya enak dengan tekstur yang lembut.  Lalu bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat tarajju? Ini enam bahan yang harus kamu siapkan jika ingin membuatnya

  • Ubi jalar atau ubi kayu
  • Gula merah, ini bisa disesuaikan dengan  seleramu.
  • Kelapa yang bisa diparut (bahan ini tak harus ada)
  • Tepung terigu, bahan ini untuk membuat adonan tarajju
  • Minyak goreng, ini penting untuk menggoreng adonan agar bisa dinikmati
  • Air secukupnya, air untuk membasahi bahan-bahan yang telah disatukan agar bisa dibuat adonan.

Setelah bahan-bahan di atas tersedia. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengupas terlebih dahulu ubi jalar atau ubi kayu yang akan dibuat tarajju’. Langkah selanjutnya adalah memasak ubi yang telah dikupas.

Setelah ubi masak, ulek hingga penyet dan merata—tak ada lagi gumpalan utuh ubi tersebut. Kemudian irisi tipis-tipis gula merah ke dalam ubi yang telah rata tadi. Campurkan gula yang telah diiris hingga merata, lalu tuangkan tepung terigu, isi sedikit air sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa menambahkan kelapa yang telah diparut

Buatlah adonan, upayakan tidak terlalu lembek. Langkah selanjutnya setelah adonan jadi, nyalakan kompor, tuang minyak ke dalam wajan, tunggu hingga minyaknya mendidik kemudian masukkan adonan tarajju yang telah dibuat tadi.

Tunggu hingga matang lalu angkat—tiriskan. Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menikmati kue khas Bugis Makassar itu.

Bagaimana, cukup mudah, murah dan menyehatkan, bukan? Jadi, selamat mencoba!

KLIK INI:  6 Makanan Korea yang Mirip Makanan Indonesia