Perihal Karbon Biru dan Peran Pentingnya bagi Kelangsungan Hidup di Bumi

oleh -188 kali dilihat
8 Isu Utama Permasalahan pada Ekosistem Mangrove di Indonesia
Hutan mangrove Tongke-tongke, Sinjai/foto- Idris

Klikhijau.com – Karbon biru atau blue carbon merupakan satu istilah untuk karbon. Namun, bukan sembarang karbon, hanya yang ditangkap oleh lautan dan ekosistem pesisir.

Ada sejumlah “lahan” bagi karbon biru, yakni hutan bakau atau mangrove, rawa pasang surut, rumbu, karang,  fitoplankton, dan padang lamun.

Mungkin ada di antara sahabat hijau yang bertanya tentang rawa pasang surut itu apa? Rawa pasang surut  adalah rawa yang letaknya berada di tepi pantai, dekat pantai, muara sungai atau dekat muara sungai dan tergenangi air yang dipengaruhi adanya pasang surut air laut.

Ketiga lahan itu adalah daerah pesisir bervegetasi utama yang menyimpan sejumlah besar karbon biru. Penamaan biru sendiri adalah penamaan yang sesuai dengan warna lautan.

KLIK INI:  Contoh Konkret Pemulihan Lingkungan; Pembibitan Rumpin dan Agenda Mangrove

Menurut Soil Science Society of America’s (SSSA) karbon biru merupakan alat penting dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

Menurut ilmuwan tanah dan blogger, Lori Gorczynski, karbon bergerak melalui siklus di Bumi. Ini dipertukarkan antara atmosfer, lautan, dan permukaan tanah dalam berbagai bentuk. Karbon dioksida (CO 2 ) di atmosfer digunakan oleh tumbuhan untuk metabolismenya.

Tanaman kemudian menyimpan karbon dalam berbagai bentuk karbohidrat dan protein. Ketika mereka terurai, karbon dilepaskan kembali ke atmosfer, menciptakan siklus karbon.

Hutan darat telah lama dikenal karena perannya dalam siklus karbon. Meskipun luas globalnya kecil, ekosistem karbon biru menyimpan jumlah karbon yang jauh lebih besar per satuan luas dibandingkan dengan hutan dataran tinggi!.

KLIK INI:  Lagi, 5 Siswa SMK Kehutanan Asal Timor Leste Berhasil Lulus

Ekosistem karbon biru sangat produktif dalam menyimpan karbon. Mereka menangkap dan menyimpan karbon dalam kehidupan mereka, biomassa di atas tanah (batang, daun, dan cabang), seperti hutan dataran tinggi. Inilah yang terjadi di bawah permukaan yang membuat ekosistem pesisir lebih efisien dalam penyimpanan karbon daripada rekan-rekan terestrial mereka.

Serasah tanaman tak terurai

Di hutan terestrial, serasah tanaman di tanah terkena udara dan terurai seperti serasah tanaman biasa. Di lautan dan ekosistem pesisir, tanah sering berada di bawah air sepanjang waktu, atau terkena pembasahan pasang surut terus menerus. Tanah ini kekurangan oksigen, yang diperlukan untuk menguraikan serasah tanaman.

Jadi, serasah tanaman di ekosistem karbon biru tidak terurai secepat rekan-rekan terestrialnya. Tanpa oksigen, mikroorganisme tanah yang bertanggung jawab atas pemecahan bahan organik tidak dapat bekerja secara efisien.

Hal ini memungkinkan karbon menumpuk dan terkunci di tanah dalam jangka waktu yang lebih lama – menjadikannya hebat dalam penyimpanan karbon.

KLIK INI:  Perjalanan ke Hutan Mangrove Tongke-tongke dan Cerita yang Mengiringinya

Antara setengah dan 99 persen karbon biru yang tersimpan di dalam hutan bakau/mangrove, rawa pasang surut, dan padang lamun. Mereka terletak di bawah permukaan tanah dan sedimen. Jika tidak terganggu, area ini bertindak sebagai penyerap karbon jangka panjang. Di sini karbon dapat disimpan selama ribuan tahun!

Ekosistem karbon biru juga dipengaruhi oleh pasang surut dan arus laut, yang dapat membawa karbon organik dari sumber luar ke dalam ekosistem untuk dikubur dan disimpan.

Banyak jasa ekosistem

Selain perannya yang berharga dalam siklus karbon global. Ekosistem karbon biru menyediakan banyak jasa ekosistem tambahan. Ini termasuk perlindungan banjir dan badai serta penyaringan polutan dan sedimen.

Mereka adalah habitat penting yang mendukung keanekaragaman hayati dan perikanan. Meskipun demikian, mereka adalah salah satu ekosistem yang paling terancam di dunia.

Sepertiga kawasan bakau, rawa pasang surut, dan padang lamun selama beberapa dekade terakhir akibat pengerukan, penimbunan, pengembangan, dan pencemaran sudah hilang.

KLIK INI:  6 Racikan Pestisida Nabati Pengusir Hama dan Penyakit pada Tanaman Adenium

Selain itu, perubahan iklim dan kenaikan permukaan laut terkait berpotensi membanjiri dan mengikis pasang surut rawa dan hutan bakau.

Ketika ekosistem ini rusak atau terkikis, karbon yang pernah disimpan dilepaskan kembali ke dalam siklus karbon. Di mana ia dapat masuk ke atmosfer sebagai CO2 .

Karena itu, penting untuk memulihkan dan melindungi ekosistem ini sehingga mereka dapat terus menyimpan karbon biru dan bertindak sebagai “penyerap” karbon demi Bumi yang lebih baik dan lestari.

KLIK INI:  Kenalkan 10 Hewan yang Bisa Ditemukan di Hutan Mangrove

 Sumber: Newswise