Perihal Hutan, Cara Kita Terhubung dan Kata-Kata Mutiara Mengenainya

oleh -704 kali dilihat
hutan hujan
Ilustrasi - Foto/ Kazden Cattapan dari Unsplash

Klikhijau.com – Dalam e-book Segala dalam Jiwa, Hutan itu Menenangkan mengulas tentang bagaimana cara kita terhubung dengan hutan.

E-book itu disusun oleh  Hutan itu Indonesia, Yayasan Alam Sehat Lestari, dan Healing Forest ID,  bahwa dalam risetnya yang berjudul A Guide to Nature Immersion: Psychological and Physiological Benefits oleh  Lim Pei Yi dkk (2020) mengungkapkan ada  3 bentuk kontak manusia dengan alam, yaitu: memandang alam, berada di alam bebas, dan beraktivitas di alam bebas.

Jika manusia ingin mendapatkan manfaat psikologis yang lebih signifikan dari alam, termasuk juga  pengalaman positif yang lebih nyata, maka seseorang perlu menghabiskan waktu di alam secara aktif.

Sebenarnya  stimulus pemandangan alam secara visual dapat  menimbulkan efek tenang, namun tidak akan sama dengan pengalaman langsung bersentuhan dengan alam (hutan).

KLIK INI:  Memanen 9 Manfaat Sedotan Minum Reusable

Berkegiatan di alam bebas menurut beberapa penelitian terbaru menunjukkan  dapat  meningkatkan perasaan bahagia, perasaan bermakna, kemampuan reflektif positif, pengurangan hormon stress, kecemasan dan kecenderungan depresif.

Pada buku yang berjudul The Biophilia Effect karangan Clemens G. Arvay terungkap, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari hutan, kita hanya cukup bernapas di dalam hutan, tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berlebih seperti hiking.

Banyak hal yang bisa didapatkan dengan aktivitas  yang berkaitan dengan healing forest. Karena bernapas, terhubung dengan pohon-pohon, menyadari keberadaan kita di dalam hutan saja sudah cukup.

Clemens mengatakan, dengan bernapas lah cara kita berkomunikasi dengan pohon, di mana kita membiarkan unsur yang dipancarkan oleh pohon masuk ke dalam tubuh kita.

Bahkan sejak tahun 1982,  Jepang telah memperkenalkan satu  tradisi yang bernama shinrin-yoku atau forest bathing. Tradisi ini merupakan aktivitas mengunjungi hutan terkenal.

Forest bathing jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti mandi hutan. Namun sesungguhnya makna dari istilah forest bathing tersebut bukan hanya “mandi saja”.

Aktivitas forest bathing memiliki arti membiarkan tubuh kita terikat atau terhubung dengan seluruh unsur yang dimiliki oleh hutan.

Unsur hutan tersebut yang diyakini menghasilkan the power of healing yang berdampak positif terhadap kesehatan manusia. Pada dasarnya, ini cukup melibatkan indera yang kita miliki, (E-book, Segala dalam Jiwa).

KLIK INI:  Gelar Writing Camp, Klikhijau Ajak Peserta Menulis di Alam Raya
Kata-kata mutiara tentang hutan

Hutan memiliki pesona yang bisa menginspirasi. Di sana, pada rimbunan pepohonan dan aneka flora dan fauna yang hidup, hutan memberi banyak arti yang bisa dituang dalam karya seseorang—yang kemudian berubah jadi kata mutiara yang bijak dan memberi pesan menohok akan arti hutan sesungguhnya

Berikut beberapa tokoh yang menjadikan hutan sebagai inspirasi, ini kata-kata mutiara dari mereka:

Robert Frost

Robert Frost adalah penyair asal  Amerika Serikat. Ia lahir pada tahun 1874 dan meninggal dunia di tahun 1963. Ia menulis kata-kata yang menginspirasi tentang hutan.

“Dua jalan bercabang di dalam hutan, dan aku – Kupilih jalan yang jarang di tempuh. Dan perbedaannya besar sungguh.”

Edmund Spenser

Penyair dari Inggris  yang lahir pada tahun 1552 dan meninggal  pada tahun 1599 mengungkapkan kekagumannya terhadap hutan. Ia menggembarkannya begini:

“Merah dan ungu mawar berhembus, lalu seluruh kembang termanis tumbuh di belantara hutan.”

Friedrich Nietzsche

Friedrich Wilhelm Nietzsche, ia 15 Oktober 1844 dan  meninggal  25 Agustus 1900 pada umur 55. Ia merupakan  filsuf asal Jerman. Ini kata-kata mutiara darinya tentang hutan

“Aku mencintai hutan. Tidak enak tinggal di keramaian, di sana terlalu banyak mereka yang bernafsu.”  .

KLIK INI:  Politikus Nasdem Julie Sutrisno Ajak Masyarakat Manggarai Menjaga Hutan
E.E. Cummings

Penyair dan penulis dari Amerika Serikat ini lahir pada 1894, meninggal dunia pada tahun 1962. Ini kata-kata E. E. Cummings yang terkenal tentang hutan

“Kepalamu adalah hutan hidup yang dipenuhi nyanyian burung-burung.”

Carl Sandburg

Ia merupakan penyair asal  Amerika Serikat. Ia lahir  tahun 1878 hingga meninggal pada tahun 1967, berikut kata-kata mutiaranya:

“Ada banyak jenis sosialis seperti burung liar yang terbang di hutan dan terkadang naik dan turun melalui awan.”

Pha Pachak

Hmmm, saya tak menemukan jejak digital tentangnya. Namun, kata-kata mutiara tentang hutan darinya cukup banyak bertebaran di internet, berikut kata-kata mutiara Pha Pachak tentang hutan:

“Hutan membuat hatimu lembut. Kamu akan menjadi satu dengannya. Tidak ada tempat untuk keserakahan atau kemarahan di sana.”

John Lubbock

Ia lahir pada  tanggal 30 April 1834 dan meninggal pada tangga 28 Mei 1913. Ini kata-katanya menyentuh tentang hutan

“Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, adalah sekolah yang sangat baik, dan mengajari beberapa dari kita lebih dari yang dapat kita pelajari dari buku.”

KLIK INI:  Di Balik Topeng Investasi, Indonesia Kehilangan 684 Ribu Hektare Hutan

Dari berbagai sumber