Perihal EcoMasjid dan 4 Alasan Mengapa Masjid Harus Menerapkannya

oleh -381 kali dilihat
mui-lplhsda.org
Foto-mui-lplhsda.org

Klikhijau.com – Masjid sejatinya mencerminkan nilai Islam yang sebenarnya. Apa itu? Islam yang menjaga dan melestarikan lingkungan.

Konsep ecoMasjid dapat didefinisikan sebagai tempat beribadah tetap yang mempunyai kepedulian terhadap hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan lingkungannya.

Keberhasilan menciptakan kehidupan yang ramah lingkungan merupakan penjelmaan dari hati bersih dan pikiran jernih umat beragama dan merupakan titik-tolak upaya menciptakan negeri yang asri, nyaman, aman sentosa: baldatun thoyyibatun wa Robbun Ghafur.”

Mengapa konsep ecoMasjid penting untuk diterapkan di masjid-masjid? Berikut beberapa fakta penting yang layak sebagai alasan menerapkannya.

KLIK INI:  Apakah di Masjid Tempat Anda Shalat Jumat Sudah Ramah Lingkungan?
Krisis Ekologis

Krisis lingkungan hidup dengan berbagai manifestasinya, sejatinya adalah krisis moral, karena manusia memandang alam sebagai obyek untuk dikuras bukan subyek yang perlu dipelihara untuk kelangsungan kehidupan semesta.

Maka penanggulangan terhadap masalah yang ada haruslah dengan pendekatan moral. Pada titik inilah agama harus tampil berperan melalui bentuk tuntunan keagamaan serta direalisasikan dalam bentuk nyata dalam kehidupan sehari-hari umat manusia.

Aktivitas Manusia yang Tak Ramah Lingkungan

Laju pertumbuhan penduduk, urbanisasi maupun industrialisasi memicu eksploitasi alam secara besar-besaran. Walhasil, bumi perilaku manusia semakin tidak ramah lingkungan. Sumberdaya alam penting yang tak terbarukan, seperti air dan energi fosil semakin cepat terkuras.

Kelangkaan sumberdaya air dan energi merupakan ancaman konflik dan eksistensi kehidupan masa depan manusia. Penggunaan bahan bakar fosil selain jumlahnya terbatas juga menyebabkan emisi dan terjadinya efek rumah kaca yang berimplikasi pada peningkatan suhu bumi dan merubah sistem iklim bumi.

Ancaman Perubahan Iklim

Perubahan iklim akan menyebabkan cuaca bumi menjadi ekstrim (kekeringan yang luar biasa atau hujan yang luar biasa) yang merusak keseimbangan tatanan ekosistem sebagai pendukung kehidupan manusia dan seluruh mahluk bumi.

KLIK INI:  Kapus P3E Suma Kembali Gaungkan Pentingnya Eco Masjid

Bila kita tidak segera merubah perilaku ramah lingkungan melalui konservasi air dan mencari alternatif energi baru, maka akan terjadi mafsadat lebih besar bagi kita dan generasi masa depan nanti. Islam menuntut kita untuk meninggalkan keturunan yang kuat – bukan keturunan yang lemah.

Pentingnya memakmurkan masjid

Sesuai dengan peran masjid sebagai basis pembangunan masyarakat madani, masjid bukan hanya semata-mata dijadikan sarana ibadah ritual (mahdhah), melainkan ia menjadi sarana dan sekaligus kekuatan dalam membangun dan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan pembaharuan kehidupan umat, baik sekarang ataupun masa mendatang.

Memakmurkan masjid tidak bisa hanya dengan ceramah, perlu aksi nyata untuk membangun kemandirian umat dalam menghadapi ancaman kelangkaan air dan energi. Hal ini kita lakukan dengan orientasi pengelolaan masjid yang mandiri dan berkelanjutan pada aspek idarah (manajemen), imarah (kegiatan memakmurkan), dan riayah (pemeliharaan dan pengadaan fasilitas).

Mari memulai!

KLIK INI:  Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia bersama Kata-Kata Inspirasi yang Melingkupinya