Perihal Daun Sungkai yang sedang Naik Daun untuk Atasi Covid-19

oleh -4,959 kali dilihat
Perihal Daun Sungkai yang sedang Naik Daun untuk Atasi Covid-19
Pohon sungkai/foto-rimbakita
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Daun sungkai kini sedang hangat dibincangkan. Khasiatnya dipercaya bisa mengobati Covid-19. “Kecurigaan” itu didasari karena daun sungkai biasa digunakan untuk mengobati orang yang dilanda sakit demam.

Daun sungkai semakin naik daun ketika Gubernur Jambi Fachrori Umar, menginstruksikan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk menelitinya.

Sebelum kita melangkah jauh membahas daunnya, ada baiknya kita berkenalan singkat dulu dengan kayu sungkai. Jika ada daun, tentu ada pula pohonnya.

Pohon sungkai dapat tumbuh mencapai ketinggian antara 20 m hingga 30 m dengan cabang mencapai 10 meter.

KLIK INI:  Pusing dan Sakit Kepala Saat Menatap Layar Laptop? Begini Solusinya!

Pohon ini berbuah sepanjang tahun. Diameter batangnya sekitar 60 cm dengan batang lurus dan berlekuk dangkal, tidak berbanir, serta ranting dipenuhi bulu-bulu halus.

Ranting-ranting pohon sungkai ini ditumbuhi daun, dan daunnya inilah yang dipercaya dapat menjadi obat Covid-19.

Kecurigaan kepada daun tanaman ini bermula dari pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pernyataan Kepala BNPB itu terungkap dalam rapat perkembangan penanganan Covid-19 Kepala BNPB dengan para gubernur se-Indonesia. Rapat tersebut dilakukan melalui konferensi video pada Rabu 22 April 2020.

Dalam rapat yang juga diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto tersebut, Doni Monardo menyatakan mendapatkan informasi bahwa dedaunan ini memiliki khasiat yang bisa membunuh virus corona.

Mendapat informasi berharga seperti itu, Doni pun meminta kepada Gubernur Jambi untuk mengadakan penelitian terhadap manfaat daun sungkai

“Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terima kasih Pak Gubernur,” kata Doni Monardo saat itu.

Permintaan Doni direspons cepat oleh Gubernur Jambi. Ia meminta kepada dinas terkait agar segera melakukan penelitian tentang khasiat tumbuhan yang bernama latin Peronema canescens itu.

KLIK INI:  Cerita Doni Monardo Perihal Limbah Merkuri di Perairan Maluku Saat Jabat Pangdam Pattimura

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengungkapkan, jika daunan sungkai terbukti bisa mengobati Covid-19, hasilnya segera dipublikasikan.

Banyak khasiat

Bagi masyarakat pribumi Kalimantan, penggunaan dedaun sungkai untuk mengobati sanak yang sakit bukanlah hal yang baru, apalagi jika sedang demam. Daun sungkai diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan

Menurut penelitian yang dilakukan Ariefa Primair Yani dkk dari Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu, pemberian ekstrak daun sungkai memberikan pengaruh terhadap kekebalan tubuh.

Di mana leukosit adalah sel yang membentuk komponen darah, sehingga dengan meningkatnya kandungan sel darah putih dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

KLIK INI:  Ingin Hidup Beradaptasi dengan Covid-19, Ini 6 Rekomendasi LIPI!

Pemberian ekstrak daun sungkai lebih efektif dibanding dengan pemberian obat imonos sebagai obat pembanding.

Imunos sebagai obat tunggal, sedangkan pada ekstrak sungkai mengandung berberapa zat aktif yaitu, peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, flafanoid sehingga ada kemungkinan unsur-unsur tersebut membantu dalam menaikan jumlah leukosit.

Pada uji imunitas dosis yang paling efektif dalam membantu sistem kekebalan tubuh dengan dosis ekstrak sungkai sebesar 0,567 mg/Kg bb, cenderung meningkatkan jumlah leukosit sebesar 36%, lebih baik daripada daripada dosis pembanding (imunos) hanya meningkatkan jumlah leukosi sebesar 23%.

Selain itu, daun muda sungkai juga memilik kandungan atau potensi (antipiretik) obat yang sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu badan dan sakit kepala.

Daunnya yang masih muda sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional ketika anak-anak sedang mengalami demam, sakit kepala, sakit gigi atau masalah jamur pada kulit, seperti panu.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan, daun dari pohon sungkai ini memiliki kandungan antipiretik. Artinya, daun ini sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu badan dan sakit kepala yang berat.

Rebusan daun muda sungkai juga dipercaya berkhasiat untuk memperlancar haid pada perempuan dan membantu tingkat kesuburan rahim wanita.

Kita patut berharap hasil penelitian daun dari pohon sungkai benar-benar ampuh mengatasi Covid-19.

KLIK INI:  Perlu Diketahui, Ini Manfaat yang Diperoleh dari Makan Petai