Perihal Bambu dan 5 Manfaat Utamanya yang Mencengankan!

oleh -10.253 kali dilihat
Perihal Bambu dan 5 Manfaat Utamanya yang Mencengankan!
Bambu betung/foto-Ist

Klikhijau.com – Bambu, bagi masyarakat Indonesia adalah sesuatu yang menyatu dalam segala sendi kehidupan. Keberadaan flora satu ini bahkan menjadi satu identitas budaya masyarakat seperti di Toraja dan di beberapa kawasan adat nusantara.

Sejatinya, bambu adalah tumbuhan dari jenis rerumputan dengan rongga dan ruas pada batangnya. Jenisnya sangat banyak dan semuanya lazim dijumpai di semua daerah di Indonesia.

Secara umum terdapat dua bentuk bambu yang ada: bambu rerumputan dari suku Olyreae dan jenis berkayu dari suku Arundinarieae dan Bambuseae.

Tumbuhan ini termasuk yang paling cepat berkembang biak. Hal ini karena, memiliki sistem perakaran rhizoma-dependen yang unik yang membuatnya dapat bertumbuh pesat sepanjang 60 cm bahkan 1 meter dalam 24 jam.

KLIK INI:  Pramuka dan Sampah Plastik

Spesies bambu ditemukan di berbagai iklim, dari iklim dingin pegunungan hingga daerah tropis panas. Mereka menyebar di sepanjang Asia Timur sampai ke sebelah utara Australia dan di Bagian Barat India hingga Himalaya.

Mereka juga terdapat di sub sahara Afrika dan Amerika, dari pertengahan Atlantik Amerika Utara hingga ke selatan ke Argentina dan Cili.

Klasifikasinya

Adapun klasifikasi tanaman bambu dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Viridiplantae
Infra Kingdom Streptophyta
Super Divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub Divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super Ordo Lilianae
Ordo Poales
Famili Poaceae
Morfologinya

Bambu dapat dikenali dengan mudah, terutama dari batangnya yang bulat dan pertumbuhannya yang menjulang tinggi. Batangnya berbentuk silinder dengan rongga kosong di dalamnya. Uniknya, batang bambu sangat lentur namun tidak mudah patah.

Pada batangnya ditumbuhi dedaun yang muncul pada ruas-ruasnya. Ujung daunnya berbentuk runcing, berbentuk lanser. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau, bagian bawahnya hijau gelap dengan bulu-bulu kasat.

KLIK INI:  Rotan dan Bambu, Gerbang Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Lalu, saat menua, dedaunnya akan mengering dan berguguran di tanah. Daun bambu tergolong lengkap antara lain terdiri dari pelepah daun, helaian daun dan tangkai daun.

Secara umum, tumbuhan ini dapat tumbuh sekira 0,3 meter hingga 30 meter dan diameter antara 0,25 sampai 25 cm. Sedangkan ketebalannya mencapai 2,5 cm.

Akar bambu berbentuk meruncing ke arah pangkal dan pada tiap ruasnya ada akar dan kuncup. Kuncup pada akar bertumbuh sebagai rebung yang dapat dikonsumsi sebagai sayuran.

Manfaat istimewa bambu

Selain dapat digunakan dalam banyak keperluan sehari-hari seperti bangunan dan pembuatan beragam kerajian, berikut 5 manfaat istimewa bambu yang mencengankan.

KLIK INI:  Apa Saja Ekosistem Pantai? Selain Mangrove, Ini 5 Lainnya!
  • Mencegah terjadinya erosi

Bambu dapat ditanam di sekitar wilayah sungai atau pegunungan karena tumbuhan ini sangat efektif memperbaiki hulu dan sempadan sungai. Akarnya yang berjenis serabut dapat menstabilkan tanah dan mencegah erosi.

  • Memperbaiki cadangan air

Selain dapat mencegah erosi, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai pengendali cadangan air.  Hal ini karena ia memiliki kemampuan mengkonservasi air. Batangnya bersifat kapiler yakni dapat menghisap dan menampung air.

Walau begitu tidak semua jenis bambu cocok ditanam di hulu dan di sempadan sungai. Beberapa jenis yang cocok di dua kawasan tersebut antara lain Bambusa vulgaris (bambu ampel), Bambusa vulgaris var (bambu apel kuning), loleba (neolaba atra) dan sebagainya.

  • Dapat menghilangkan bau tak sedap

Ternyata, arang bambu sangatlah berpori dan dapat menyerap sejumlah besar bakteri yang menyebabkan bau.  Bahkan banyak benda-benda di sekitar kita seperti sol sepatu, dodoran, seprei, linen, kaus kaki, kemeja dan arang dari bambu yang dapat bermanfaat sebagai pengganti parfum.

  • Bahan dasar produk organik

Saat ini ada banyak produk organik yang kaya manfaat berbahan dasar tanaman ini, khususnya yang paling terkenal adalah kain. Produk berbahan ini diminati konsumen karena dikenal ramah lingkungan.

Kain dari bahan tumbuhan ini dikenal sangat ringan, antibakteri, dan tidak menimbulkan alergi karena memiliki serat halus berbeda dengan wol atau rami. Hal ini membuat produk organik dari tumbuhan ini khususnya kain sangat aman bagi kulit.

  • Penyerap karbon terbaik

Tanaman ini dapat menyerap karbon dioksida  dan melepaskan oksigen 30 persen lebih banyak ke atmosfer dibandingkan pohon-pohon lainnya. Ini membuat tanaman ini sangat baik untuk menyerap gas rumah kaca. Juga baik dalam memproduksi oksigen segar bagi manusia di sekitarnya.

Itulah perkenalan perihal tanaman khas ini dan 5 manfaat istimewa yang penting diketahui agar kita semua tetap menjaga kelestariannya.

KLIK INI:  Pohon-Pohon yang Andal Menyerap dan Menyimpan Air untuk Mencegah Banjir