Pengukuran Hutan Dunia Akan Dilakukan Satelit NASA

oleh -602 kali dilihat
Pengukuran Hutan Dunia Akan Dilakukan Satelit NASA
Satelit NASA/foto-google
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Keberadaan hutan memiliki peran yang sangat urgen bagi keberlangsungan hidup di dunia ini. Tidak heran jika hutan sering disebut sebagai paru-paru planet.

Bukan karena keberadaannya yang memberi rasa sejuk, tapi hutan mampu memproduksi banyak oksegen yang sangat diperlukan. Selain itu, hutan juga menyimpan banyak karbon.

Mengenai kandungan karbon tersebut seperti yang dilansir dari voaindonesia.com, Selasa, 8 Januari 2019,  para ilmuwan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Dalam bahasa Indonesianya lebih dikenal dengan Badan Penerbangan dan Antariksa ingin tahu pasti berapa banyak karbonnya.

Karena itu mereka baru saja meluncurkan sebuah satelit yang akan mengukurnya. Para ilmuan itu mengatakan bahwa pepohonan menyimpan biomassa dunia.

“Ketika bicara soal biomassa hutan, itu adalah berapa berat pepohonan. Apabila kita tahu biomassa-nya, berapa beratnya, separuh dari biomassa sebuah pohon adalah karbon,” kata Ralph Dubayah dari Program GEDI NASA.

Keinginan untuk mengetahui seberapa besar karbon penyebab pemanasan global yang tersimpan dalam pepohonan itu, sebenarnya sejak lama para ilmuwan NASA ingin mengetahuinya.

“Penting untuk memahami apa isi karbon dalam hutan sekarang. Kita perlu peta global yang baik yang bisa menunjukkan dimana karbonnya. Dan alasannya adalah karena setiap kali kita menebang pepohonan. Kita akan melepaskan karbon ke atmosfer dan kita tidak tahu berapa banyak karbon yang dilepaskan,” terang Dubayah

Pada awal bulan Desember para ilmuan NASA  akan memperoleh peta global itu, berkat satelit seukuran kulkas yang diluncurkan pada awal bulan  dan akan segera dikerahkan ke Stasiun Antariksa Internasional guna membantu para ilmuan tersebut mengetahui kondisi hutan di dunia.

“GEDI adalah altimeter laser, jadi merupakan instrumen optikal aktif. Ada laser yang memancarkan pulsa cahaya menuju bumi, kemudian direfleksikan dari bumi dan kemudian kami menerima refleksinya,” kata Bryan Blair, ilmuwan instrument GEDI.

Untuk menentukan dengan tepat ketinggian  dan berat pepohonan dalam hutan dan lingkungan kita , para ilmuan akan mengukur refleksi itu.

Hal tersebut juga akan membantu para ilmuwan untuk mengetahui seberapa banyak karbon disimpan, dan juga hal-hal seperti di mana ada ruang untuk menanam lebih banyak pohon, dan berapa banyak karbon dilepaskan ke atmosfer.