Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur-unsur dan Arti Pentingnya bagi Kehidupan

oleh -883 kali dilihat
Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur-unsur dan Arti Pentingnya bagi Kehidupan
Sajian gugusan karst Rammang-rammang berpadu tambak warga menjadikannya fotogenik. Foto: Asri

Klikhijau.com – Dalam pengertian paling gamblang, lingkungan hidup adalah kesatuan antara seluruh makhluk hidup dan non hidup, meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, di dalamnya juga ada interaksi seluruh spesies dan sumber daya alam.

Lingkungan hidup biasa pula disebut dengan lingkungan hidup manusia (human environment) atau dalam sehari-hari lebih sering disebut “lingkungan” saja. Unsur-unsur lingkungan hidup sendiri terdiri dari: manusia, hewan, tumbuhan dan lainnya.

Dengan kata lain, lingkungan hidup tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Dalam bahasa Inggris, lingkungan hidup disebut environment. Dalam bahasa Prancis disebut I’environment dan dalam bahasa Belanda disebut dengan Millieu.

Pandangan Ahli tentang Lingkungan Hidup

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pengertian lingkungah hidup dalam kacamata para ahli, kamus ekologi dan UU Nomor 32 tahun 2009:

KLIK INI:  SD Negeri Borong Perkuat Gerakan PBLHS untuk Jadi Sekolah Adiwiyata Nasional
  • Michael Allaby

Lingkungan hidup diartikan  sebagai: the physical, chemical and biotic condition  surrounding and organism.

  • Jonny Purba

Lingkungan hidup adalah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai.

  • Dr. Otto Soemartowo

Lingkungan hidup adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita.

  • Sri Hayati

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

  • Emil Salim

Menurut Profesor Emil Salim, pengertian lingkungan hidup mengacu kepada semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang sedang kita tinggali dan hal tersebut mempengaruhi kehidupan di sekitarnya baik itu hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

KLIK INI:  Peran Pemuda Sadar Lingkungan untuk Indonesia Hijau
  • Dr. ST. Munadjat Danasaputro, SH

Lingkungan hidup adalah semua benda dan kondisi, termasuk  di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang, tempat manusia berada dan mempengaruhi hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.

  • J Mcnaughton & Larry L Wolf

Lingkungan hidup adalah semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung memengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi organisme.

  • Menurut UU Nomor 32 tahun 2009

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

  • Kamus ekologi

Istilah lingkungan hidup dalam kamus ekologi mengacu kepada keseluruhan yang saling berkaitan antara mahkluk hidup dan non hidup yang berada secara alamiah di bumi atau di sebagian daerahnya.

KLIK INI:  Wallacea Week 2019: Konservasi Akal Sehat Lingkungan

Unsur-unsur lingkungan hidup

Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibagi menjadi 3 komponen sebagai berikut:

  • Unsur hayati (Biotik)

Unsur hayati (Biotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan jasad renik. Sebagai contoh, jika Anda berada di kebun sekolah, maka lingkungan jayatinya di dominasi oleh tumbuhan. Tetapi, jika berada dalam kelas, maka lingkungan hayati yang paling dominan adalah teman-teman sesama manusia.

  • Unsur sosial budaya

Unsur sosial budaya, yakni lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.

  • Unsur fisik (Abiotik)

Unsur fisik (Abiotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi keberlangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

KLIK INI:  OPAB GEMPA, Barometer Organisasi Pencinta Alam di Makassar

Arti penting lingkungan bagi kehidupan

Lingkungan sangatlah penting dan berarti bagi kehidupan, untuk lebih jelasnya dapat dimaknai sebagai berikut:

  • Lingkungan sebagai tempat tinggal, dimana setiap makhluk berada dan hidup berkelompok dan berkesinambungan.
  • Di dalam lingkungan terdapat beberapa tingkatanmakhluk hidup diantaranya: (1) Individu: makhluk hidup tunggal; (2) Populasi; kumpulan individu yang sejenis yang hidup pada suatu daerah tertentu; (3) Komunitas: kumpulan populasi yang hidup pada suatu daerah tertentu; (4) Ekosistem: kumpulan komunitas yang berinteraksi dengan lingkungannya dan membentuk suatu sistem.
  • Lingkungan sebagai tempat mencari makan. Dalam kehidupan terbentuk semacam rantai makanan, jaring makanan dan piramida makanan yang mendorong terciptanya keseimbangan lingkungan atau ekosistem. Sebagai contoh, rumput dimakan rusa dan rusa dimakan harimau dan seterusnya.
  • Lingkungan sebagai tempat berlangsungnya aktivitas sosial, ekonomi, budaya dan lain-lain. Di dalam lingkungan pun interaksi sosial terjadi satu sama lain. Melalui interaksi inilah, manusia dapat mencapai kesejahteraan hidupnya.
  • Lingkungan sebagai wahana bagi keberlanjutan. Kerusakan dan degradasi pada lingkungan akan mempengaruhi kualitas lingkungan yang sekaligus berdampak pada kehidupan manusia. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa keberlangsungan hidup seluruh organisme di bumi ini sangat bergantung pada kondisi lingkungannya.

Itulah pengertian lingkungan hidup, unsur dan maknanya bagi kehidupan. Mari terus bergerak menjaga dan melestarikan lingkungan hidup kita!

*Sumber: Kurniasih.2017. Cinta Lingkungan. Yogyakarta. Relasi Inti Media.

KLIK INI:  Ini Beda Tanaman dan Tumbuhan serta Hubungan Timbal Baliknya dengan Lingkungan!