Pengendara Buang Sampah Sembarangan, Ini Sebabnya!

Publish by -26 kali dilihat
Penulis: Taufiq Ismail
Tempat sampah di atas kendaraan, satu cara atasi buang sampah sembarangan. Foto: Ist

Klikhijau – Pernahkah Sobat Peduli Lingkungan melihat pengendara membuang sampah sembarangan?

Sementara berkendara terus ada tangan keluar dari balik kaca mobil memegang tisu bekas. Tidak lama kemudian terbang ke jalanan. Dibuang sembarang sang pemilik.

Perilaku inilah tak terpuji. Semestinya sampah berakhir di tempat yang seharusnya, di tempat sampah. Sampah-sampah ini kemudian oleh petugas di buang ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Tempat yang disediakan pemerintah. Di sanalah terdapat mekanisme untuk kelola sampah warga.

Perilaku membuang sampah sembarangan adalah salah satu potret perilaku warga kita saat ini. Tidak menyadari betapa penting menjaga lingkungan.

Saya jadi penasaran, apa sih penyebab orang-orang suka membuang sampah sembarangan? Apakah karena tidak berpendidikan? Apakah sudah jadi budaya? Apakah tidak memiliki kesadaran lingkungan? Atau kah tak punya tempat sampah di mobilnya?

KLIK INI:  Selain Sehat, Rutin Tidur Siang Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah

Coba kita ulas satu per-satu. Pendidikan. Apakah mereka-mereka yang memiliki kendaraan mewah tidak mengenyam pendidikan yang layak. Rasanya alasan ini tidak asuk akal. Paling tidak pendidikan mereka setingkat SMA.

Budaya. Boleh jadi ini menjadi kebiasaan dari kecil. Terus dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama. Kebiasaan tersebut hingga kemudian melekat. Seperti mendarah daging. Hingga kemudian menjadi budaya buruk pada seseorang.

Kesadaran lingkungan. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan itu tetap bersih dan asri tidak lah datang serta merta.

Perlu pembiasaan yang terus dilakukan. Boleh jadi juga  kesadaran lingkungan muncul setelah mendapat ilmu di bangku sekolah. Ilmu ini kemudian terpancar melalui kebiasaan baik menjaga lingkungan.

KLIK INI:  Ulasan Singkat Tentang Jenis Kain yang Baik dan Buruk Bagi Lingkungan

Tempat sampah dalam kendaraan

Membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, atau pun tidak mengurung satwa liar sebagai peliharaan sebagai wujud menjaga lingkungan.

Terakhir, tempat sampah. Bagaimana mungkin mau membuang sampah pada tempatnya jika tak memiliki tempat sampahnya.

Ini bisa jadi sebab utama. Boleh jadi iya sadar akan kebersihan lingkungan namun karena situasi yang memaksanya. Hingga kemudian daripada ia membuang sampah di dalam kendaraan.

Maka ia memilih membuangnya di luar mobil saat ia melaju. Tak memikirkan lagi akan mengotori jalanan.

KLIK INI:  Dengar Lagunya, Armonica Band Bertutur Jujur tentang Kerusakan Alam

Akan tetapi jika memang sang pengendara memiliki kesadaran akan penting menjaga lingkungan maka pasti ia akan menyiapkan tempat sampahnya. Jaman sekarang sudah canggih. Semua serba ada, termasuk tempat sampah khusus di mobil.

Ya.. tempat sampah mini. Ukurannya hanya berkisar 10x10x18 cm. Tempat sampah mini yang paling tidak bisa menampung sampah penumpang kendaraan dalam sekali perjalanan.

Tisu bekas atau pun sisa bungkusan makanan ringan dari penumpang bisa langsung dimasukkan dalam tempat sampah mini itu. Setelah sampai tujuan bisa dibuang pada tempat sampah yang lebih besar.

Apakah sudah memiliki tempat sampah di kendaraan Anda? Jika belum segeralah ke super market terdekat. Mari jaga lingkungan mulai dari diri sendiri!

KLIK INI:  Di Negara +62 Ini, Sepanjang Jalan adalah Tempat Sampah
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!