Penasaran Berwisata ke India? Ini 14 Tips Sederhana Saat Beribur di Sana

Publish by -77 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Rombongan PT MHA di depan Fort India. Foto: Ist

Klikhijau.com – Penasaran ke India dan melihat langsung kemegahan Taj Mahal atau Fort India? Ada baiknya bila Anda mempelajari banyak hal tentang India dan mempersiapkan diri lebih baik agar keindahan Taj Mahal dan beberapa spot menarik lainnya dapat Anda nikmati dengan ceria.

India memang negara yang unik, selain populasinya yang terbesar ke-2 di dunia yakni mencapai lebih dari 1 Milyar penduduk, India juga didominasi oleh pemeluk agama Hindu. Dua hal itu mempengaruhi corak budaya dan kebiasaan warga India plus kondisi sosial-geografisnya yang juga berbeda dengan negara kita.

Selain Taj Mahal di Agra, India memiliki banyak destinasi menarik lainnya di Delhi, Benares maupun di Jaipur. Ada India Gate di Delhi, Fort India di Agra dan banyak lagi.

Di awal bulan ini, saya berkesempatan berwisata ke India dan menyaksikan eksotika Taj Mahal. Sahabat Hijau, berikut ini saya merangkum 7 tips sederhana berwisata ke India sesuai pengalaman pribadi saya.

KLIK INI:  Memeluk Pohon, Cara India Mencintai Bumi
  1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Kebiasaan baik seorang wisatawan atau turis adalah mengumpulkan informasi atau referensi setiap tempat yang akan dikunjungi. Berselancar ke dunia maya dengan membaca banyak artikel misalnya. Jangan lupa bertanya atau mendengar pengalaman orang lain yang kebetulan pernah berwisata ke India. Bila ada buku-buku atau referensi tentang India, tentu akan semakin memperkaya pengetahuan awal Anda.

  1. Lebih teliti saat mengurus Visa Online ke India

Visa ke India sejatinya gratis alias tak dipungut biaya apa pun. Tetapi, bila ada kesalahan sedikit saja tentu akan vatal jadinya, sebab Anda akan diminta untuk mengurus visa regular. Ini pengalaman saya yang harus mengurus visa regular ke India. Lumayan menyita waktu, sebab harus mengurus langsung ke Kedutaan India di Jakarta (tak bisa diwakili) selama dua-tiga hari. Tidak gartis pula, saya harus membayar biaya visa sebesar Rp. 1.540.000.

Periksa data pribadi yang Anda masukkan saat mengisi formulir visa online seperti alamat yang jelas, alamat kantor, nomor identitas, atau ukuran foto. Ada kesalahan sedikit pada data-data itu berpotensi pengajuan Anda ditolak dan terpaksa mengurus visa regular berbayar.

  1. Jangan makan sembarangan

Untuk Anda yang terbiasa membeli makanan di pinggir jalan saat di Indonesia, Anda perlu berpikir seribu kali melakukan hal yang sama saat di India. Mengapa? Selain faktor kebersihan, beragam jajanan di India dibuat dengan bumbu-bumbu yang berbeda dengan di Indonesia. Hal ini tentu berisiko bagi kesehatan pencernaan Anda. Jangan lupa, pilihlah makanan yang benar-benar halal dan diproduksi di tempat-tempat yang terpercaya kebersihannya.

KLIK INI:  Selain Sehat, Rutin Tidur Siang Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah
  1. Persiapkan fisik dan kebugaran

Beberapa destinasi di India mengharuskan Anda berjalan kaki dan bersentuhan dengan suasana kotanya yang pesat. Ini membutuhkan tenaga dan kebugaran. Oleh sebab itu, sebelum ke India pastikan kesehatan Anda tidak terganggu agar selama di India tetap sehat bugar. Konsumsi multi vitamin bila perlu demi kebugaran.

  1. Hindari komunikasi intens dengan warga lokal

Saya terkejut saat guide kami bernama Nadiem memberitahu agar kami tak melayani perbincangan dengan pedagang dan pengemis selama di India. Yah, agak beralasan memang sebab melakukan kontak dengan mereka cukup berbahaya. Selain bisa kena copet, hipnotis juga berpeluang kena tipu daya mereka. Bersiaplah untuk minim bicara dengan siapa pun yang menawarkan atau bertanya banyak hal. Tetapi, tetap berlagak santun dan menghargai mereka.

  1. Berhati-hati saat di jalan raya

Jalan raya di Delhi misalnya sangat padat. Kondisinya mirip di Jakarta, tetapi perilaku pengendara di India rasanya lebih mencemaskan. Pengendara ugal-ugalan dan saling bergegas, sehingga setiap saat kita menjumpai kendaraan yang saling sambar. Kalau di Jakarta atau di Makassar, pengendara biasanya jauh lebih berhat-hati ketimbang pejalan kaki, di India bisa sebaliknya. Jadi, pastikan Anda selalu waspada dari kendaraan yang melintas agar terhindar dari kecelakaan.

  1. Perhatikan keamanan dompet dan barang berharga lainnya
KLIK INI:  Cerita dari India dan Kejutan di Pasar Rakyat yang Tanpa Kantong Plastik

Saya cukup beruntung saat ke India didampingi travel guide, sehingga hampir semua perjalanan kami melalui bus dan bersama-sama. Walau begitu, kami tetap saja diminta berhati-hati, karena saat berjalan atau berbelanja, ada kemungkinan Anda bertemu dengan copet. Pastikan dompet dan handphone Anda aman dalam tas. Periksa setiap saat barang-barang tersebut, terutama saat baru saja melewati keramaian pedagang jalanan.

  1. Nikmati kebisingan kota

Kota New Delhi misalnya sangat bising. Polusi udaranya juga cukup tinggi. Siapkan earphone untuk meminimalkan efek kebisingan. Bersiaplah menyaksikan kendaraan-kendaraan tua yang melintas dengan asap dan suara yang besar bersahutan di jalan raya. Termasuk suara klakson kendaraan yang ributnya bukan main.

  1. Bawa air minum sendiri saat makan di restoran

Tidak semua restoran di India menyiapkan air minum gratis. Harga air mineral saat memesan di restoran tertentu bisa berkali-kali lipat. Oleh sebab itu, biasakan membawa air mineral sendiri bila mampir di restoran. Kecuali, bila Anda bersiap membayar mahal air mineral di sana.

  1. Bawa makanan ringan

Bila harus berada di India selama berhari-hari, bersiaplah dengan kebiasaan kuliner India yang minim nasi. Anda yang terbiasa menyantap daging sapi juga bakal repot di sana. Sebab, kebanyakan restauran menyiapkan daging ayam saja. Rempah makanan di India sangat berbeda di Indonesia yang minim rempah. Jangan cari ikan bakar di Delhi, karena Anda akan disajikan roti canai setiap saat. Membawa makanan ala Indonesia seperti abon ikan, mie instan satu cara terbaik mengatasi kebosanan dengan kuliner khas India.

KLIK INI:  Benda-Benda yang Dapat Menyimpan COVID-19 dan Durasinya Bertahan!
  1. Berpakaian sopan

Berpakaian sopan di India cukup sederhana, Anda hanya perlu memakai pakaian tertutup dan rapi. Hal ini penting untuk menghormati budaya setempat agar perjalanan wisata lebih aman. Jangan lupa melepaskan alas kaki bila masuk ke rumah penduduk. Beberapa destinasi tertentu di India seperti Jama Masjid juga mengharuskan Anda buka alas kaki. Bila musim dingin seperti di awal tahun ini, pastikan Anda membawa banyak stok jaket tebal  dan penutup kepala.

  1. Buang air sebelum keluar hotel

Pastikan Anda buang air kecil atau buang air besar sebelum meninggalkan kamar hotel, sebab saat di destinasi wisata Anda akan kesulitan berjumpa toilet bersih. Kemungkinan karena jumlah penduduknya yang besar, toilet di India umumnya jorok tak terurus. Selain itu, jangan heran bila Anda akan sering menjumpai orang-orang yang buang air kecil sembarangan selama di India. Itu hal biasa di sana.

  1. Bawa masker lebih banyak

Kondisi kotanya yang pesat dan polusi udara kota Delhi memang memaksa kita harus selalu keluar dengan masker. Dengan masker, Anda juga terhindar dari debu di jalanan dan aroma tak sedap yang setiap saat menggoda.

  1. Ingat, di India banyak anjing berkeliaran

Anjing-anjing di India gemuk-gemuk dan jinak. Di sana, anjing berkeliaran di sana-sini, tetapi tidak mengganggu pejalan kaki. Anda tidak perlu takut dengan anjing yang bertubuh besar karena selama di India saya nyaris tak mendengar gonggongan anjing pada manusia.

Selamat berwisata ke India!

KLIK INI:  Sensasi Bahagia Berkebun di Rumah, Mulailah dengan Menanam 4 Jenis Sayuran Ini!
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!