Patut Ditiru, Perhelatan Final Super Bowl 2020 Tanpa Plastik

Publish by -41 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Patut Ditiru, Perhelatan Final Super Bowl 2020 tanpa Plastik
Gelas aluminium yang disediakan pada final super bowl/Foto-Ist

Menjaga lingkungan, adalah harga yang tak lagi bisa ditawar.

Klikhijau.com – Kehadiran plastik sekali pakai telah menjadi ancaman serius bagi lingkungan. Ancamannya tak hanya menyerang satu negara saja, tapi hampir semua negara di dunia. Tak terkecuali negara Amerika Serikat.

Plastik yang menggunakan bahan yang sulit terurai sudah seharusnya disikapi dengan sangat serius agar lingkungan bisa terhindar dari ancaman yang lebih parah.

Di Amerika, langkah mengurangi plastik ditunjukkan dalam berbagai hal, salah satunya adalah yang dilakukan liga sepakbola nasional (NFL) di Amerika Serikat.

Pada hari Senin, 3 Februari lalu. Saat pertandingan final (Super Bowl) di stadion Hard Rock. Pengunjung yang ingin minum disediakan gelas aluminium, bukan lagi gelas plastik.

KLIK INI:  BBKSDA dan Lindungi Hutan Gelar Even "Makassar Rawat Bumi" di Lantebung

Setiap tahunnya lebih dari setengah juta gelas plastik yang digunakan pada perhelatan Super Bowl di Amerika. Langka tersebut tentu patut diacungi jempol sebagai upaya merawat lingkungan.

Stadion Hard Rock sendiri berkomitmen untuk menghilangkan 99,4 persen kemasan plastik tahun ini. Oleh sebab itu, mereka menyediakan 50 ribu gelas alumunium yang bisa digunakan secara berulang.

Aluminium sendiri bisa digunakan berulang kali dan mudah didaur ulang. Data dari The Aluminium Association, asosiasi perdagangan produk aluminium, 75 persen aluminium yang diproduksi di Amerika Serikat masih digunakan sampai saat ini.

Berdasarkan data tersebut, maka tidak heran jika aluminium dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan serta mudah dalam proses daur ulang.

Yang menarik dari perusahaan alumunium ini juga berencana untuk melanjutkan inovasinya ke perusahaan minuman, taman dan fasilitas rekreasi, perguruan tinggi, restoran, industri perhotelan dan lain-lain.

Jadi, pada perhelatan final super Bowl beberapa waktu lalu, langkah yang diambil akan sangat berpengaruh dalam mengurangi penggunaan plastik.

Langkah itu sebagai usaha perilaku dengan mengajak para penggemar untuk menggunakan gelas aluminium menjadi awal yang baik untuk menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan, adalah harga yang tak lagi bisa ditawar.

KLIK INI:  Kembangkan Zero Plastic Policy, Indonesia Gandeng Timor Leste
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: nationalgeographic

KLIK Pilihan!