Pastikan Memiliki 6 Barang Ini Saat Pola Hidup Baru Berlaku!

Publish by -46 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Pastikan Memiliki 6 Barang Ini Saat Pola Hidup Baru Berlaku!
Tumbler merupakan barang yang perlu dimiliki di era pola hidup baru/foto-Idris

Saatnya memiliki barang yang bisa menghindarkan diri dari Covid-19 dan tetap berpihak pada lingkungan

Klikhijau.com – Penerapan pola hidup baru, jadi langkah selanjutnya yang akan diambil pemerintah untuk memerangi Covid-19.

Belum usai masalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini pemerintah kembali mendengungkan aturan baru tersebut—yang dikeren-kerenkan dengan istilah new normal.  

Banyaknya aturan dan juga pejabat yang mengeluarkan aturan membuat saya puyeng. Belum usia satu aturan muncul lagi aturan baru.

Meski aturan pola hidup baru  masih diperdebatkan karena kasus covid-19 di Indonesia masih tinggi. Namun, ada beberapa daerah sudah siap menerapkannya.

KLIK INI:  Tips Ahli: Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Cantik di Musim Hujan

Agar tetap merasa aman, terhindar dari ancaman Covid-19. Ada baiknya kamu memiliki 6 barang ini. Selain untuk melindungi diri dari corona, kamu juga bisa berpihak pada lingkungan:

  • Tumbler

Tumbler atau botol minuman, jadi barang yang wajib kamu miliki. Memasuki era pola hidup baru, minum air putih akan sangat dianjurkan. Sebab  bisa menjaga imunitas tubuhmu agar tidak mudah lelah lalu dikoyak corona.

Akan sangat merepotkan jika kamu ingin minum lantas harus membeli minuman kemasan di supermarket atau dipenjual eceran.

Rasa nyaman dan keamanannya akan terasa kurang. Maka membawa air minum sendiri dari rumah menggunakan tumbler adalah pilihan yang paling baik. Selain lebih aman dan sehat, kamu juga bisa ikut berperan mengurangi sampah plastik.

  • Sedotan

Nongkrong di cafe atau warung kopi (warkop) sudah pasti tak sebebas sebelum Covid-19 menyerang. Namun, penerapan pola hidup baru akan membuka peluang cafe atau warkop untuk kembali buka. Saat kamu memesan minuman yang butuh sedotan. Bisa jadi akan ada keraguan di dalam dirimu, jangan sampai sedotan tersebut kurang steril dari corona.

Untuk menghindari ketakutan dan terhindar dari corona, membawa sedotan sendiri akan lebih baik. Saat ini telah banyak dijual sedotan dari stainles dan sedotan bambu. Tinggal kamu pilih yang mana.

Dengan membawa sedotan sendiri, rasa aman akan lebih menjalar ke dalam dirimu dan konsumsi sedotoan plastik akan berkurang. Ini bisa membawa dampah baik bagi lingkungan.

  • Wadah makanan

Selain membawa tumbler untuk wadah minum. Ada baiknya jika membawa wadah makanan sendiri saat keluar berbelanja. Di Indonesia, banyak penjual yang menjual lauk pauk yang bisa dibungkus.

Nah, alangkah lebih amannya jika berbelanja lauk pauk dengan menggunakan wadah makanan sendri. Ini bisa menghindarkan dari kekhawatiran berlebihan akan tertular Covid-19. Jika sampai di rumah sebaiknya masak ulang lauk yang dibeli.

KLIK INI:  KLHK Alokasikan Anggaran Hingga Rp 230 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Pembungkus makanan dominan menggunakan kantong plastik bening. Dengan membawa wadah makanan sendiri, penggunaan kantong plastik bisa diminimalisir.

  • Tas belanja

Tas belanja menjadi barang yang penting di tengah terjangan pandemi Covid-19. Menggunakan tas belanja sendri saat kamu berbelanja jadi langkah bijak agar terhindar dari virus corona.

Wadah belanjaan atau bungkus belanjaan tak pernah kita tahu, berapa orang yang telah menyentuhnya. Dengan membawa tas belanja sendiri, membuat kamu bisa meminimalisir memegang banyak belanjaan. Dan ketika sampai di rumah belanjaan bisa di cuci dengan sabun dan tas belanjaan pun bisa diperlakukan sama.

  • Masker

Ini barang yang paling dianjurkan saat ini. Tidak terkecuali saat penerapan pola hidup baru. Mengenakan masker telah menjadi kewajiban jika ingin keluar rumah. Namun, sebaiknya kamu menggunakan masker kain agar bisa dikenakan berulang kali dan dicuci.

Sebab menggunakan masker yang hanya sekali pakai akan sangat berdampak buruk bagi lingkungan.

  • Hand sanitizer

Ini juga menjadi barang yang penting. Setelah memegang sesuatu sebaiknya disempror dengan hand sanitizer jika tak sempat mencuci tangan.

Wadahnya memang terbuat dari plastik,  namun setelah habis sebaiknya jangan dibuang, tinggal kamu isi ulang agar penggunaan wadahnya bisa berlanjut.

Cara isi ulangnya pun bisa menggunakan hand sanitizer  alami yang ramah lingkungan, misalnya air   rebusan daun siri.

Itulah barang yang wajib dimiliki jika pola hidup baru benar-benar diterapkan. Semoga bermanfaat, sahabat hijau.

KLIK INI:  Cara Memilah Sampah di Rumah yang Simpel dan Melegakan
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!