Panduan Singkat Saat Melakukan ‘Forest Healing’ di Hutan

oleh -37 kali dilihat
Panduan Singkat Saat Melakukan ‘Forest Healing’ di Hutan
Ilustrasi - Foto/Florencia Viadana di Unsplash

Klikhijau.com – Melakukan terapi di hutan melalui forest healing adalah satu cara efektif untuk pemulihan kesehatan fisik dan mental. Metode ini semakin trending di tengah pandemi Covid-19 dimana setiap orang perlu menjaga imunitasnya.

Apakah selalu di hutan? Bila di daerahmu tak ada hutan, kamu bisa melakukannya dengan berjalan di pantai, taman atau di alam terbuka.

Artikel ini akan memandu kamu melakukan forest healing di alam terbuka. Mulailah untuk menemukan energi positif di alam dengan merasakan konektivitas yang kuat.

Dikutip dari Forestry England, berikut beberapa panduan bagi pemula yang ingin melakukan terapi hutan. Tipsnya sederhana dan bisa kamu terapkan kapan saja, ayo simak!

forest healing hutan
Ilustrasi – Foto/ Priscilla Du Preez di Unsplash
KLIK INI:  5 Cara Sederhana Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai
  • Matikan perangkat smartphone dan lainnya

Bila kamu berjalan di hutan atau di alam, lakukanlah dengan sepenuh hati. Hadirkan diri kamu benar-benar berada di ruang yang merdeka. Jadi, bila kamu membawa smartphone atau perangkat lainnya, pastikan tidak kamu aktifkan.

Beri diri kamu waktu dan kesempatan terbaik untuk sungguh-sungguh bersantai, penuh perhatian, dan nikmatilah pengalaman sensoris di alam terbuka.

  • Bergeraklah perlahan

Saat berada di hutan atau di alam terbuka, pastikan kamu melakukannya dengan tidak terburu-buru. Ini penting agar perhatian dan konsentrasi penuh dapat kamu hadirkan.

Berjalanlah pelan, ikuti langkah kaki perlahan. Rasakanlah dan serap sebanyak mungkin energi alami yang dipancarkan dari alam.

  • Atur nafas dan serap energi positif

Udara di alam terbuka tentu lebih sehat dan menyegarkan. Manfaatkan ini sebagai ruang untuk melakukan sesi pernafasan untuk menyerap energi positifnya.

Tarik napas panjang ke sampai terasa dalam perut. Lalu perpanjang pernafasanmu beberapa kali. Kamu bisa melakukan ini secara berulang dan rasakanlah energi alami itu mengisi jiwa dan pikiranmu untuk lebih optimis.

  • Sesekali berhenti

Sesekali berhenti, berdiri atau duduk, rasakanlah aroma alam dan segala hal di sekitar kamu. Sesi ini sangat penting agar interaksi antara tubuh, pikiran dan alam dapat terhubung lebih dalam lagi.

Di beberapa negara Forest healing semakin digandrungi banyak orang sebagai penyembuhan dan upaya memulihkan kesehatan fisik dan mental. Bagaimana Sahabat Hijau, tertarik melakukannya?

Selamat mencoba dan tetaplah menjaga hutan demi harmoni kehidupan!

KLIK INI:  6 Hal yang Bisa Dilakukan Merayakan Hari Bumi di Tengah Pandemi