Panduan Pembibitan Bayam untuk Pemula agar Tumbuh Optimal

oleh -175 kali dilihat
Panduan Pembibitan Bayam untuk Pemula agar Tumbuh Optimal
Ilustrasi pembibitan bayam - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Menanam bayam memang gampang-gampang susah. Tak jarang ada orang yang gagal saat menanam bayam atau mengalami kendala tertentu misal tanamannya kurang optimal berkembang.

Nah, salah satu bagian yang jarang diperhatikan dalam penanaman bayam adalah fase pembibitan. Fase ini terbilang sepele, namun sangatlah mendasar untuk dicermati agar tanaman bayam dapat subur dan sehat.

Seperti diketahui, budidaya bayam yang efektif dilakukan adalah dengan biji. Biji bayam sangatlah kecil dan halus sehingga agak sulit bila ditanam langsung di tanah.

Proses pembibitan dilakukan agar benih bisa dibiarkan bertumbuh terlebih dahulu sebelum dipindahkan. Dengan demikian, bibit dapat lebih mudah ditaman dan diatur dengan baik.

Namun, para petani bayam yang sudah berpengalaman umumnya menanam langsung biji bayam di ladang. Mereka melakukannya dengan hati-hati dan tetap mengatur jarak karena bayam lebih suka tumbuh secara berjarak dan di bawah naungan tertentu.

Pastikan Anda memilih bibit terbaik untuk hasil maksimal yah Sahabat hijau! Nah berikut ini panduan pembibitan bayam yang perlu disimak untuk Anda yang pemula menanam bayam:

KLIK INI:  Cara Mengatasi Serangan Hama Penggerek Buah pada Tamanan Tomat
Langkah pertama

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan bahan-bahan utama pembibitan. Beberapa yang dibutuhkan antara lain bibit bayam terbaik, media tanam khusus dan pot mini untuk pembibitan.

Untuk mendapatkan bibit bayam terbaik Anda dapat membelinya di toko tani terpercaya. Saat ini tersedia cukup melimpah bibit sayuran terbaik. Anda dapat berkonsultasi dengan toko tani saat membeli bibit terbaik agar tak salah pilih.

Media tanam untuk pembibitan juga harus dipilih khusus. Media tana mini berfungsi untuk menyuplai oksigen, air dan nutrisi tanaman juga menjaga kondisi fisik tanaman. Adapun komposisi media tanam terbaik antara lain tanah subur, pupuk organik, cocopeat, sekam mentah dan sekam bakar.

Siapkan pula pot mini untuk pembibitan. Anda bisa memanfaatkan bahan daur ulang. Pastikan melubangi bagian bawahnya untuk saluran air.

Bahan lain yang diperlukan untuk pembibitan bagi kamu yang pemula adalah kaos tangan dan alat cuci tangan.

KLIK INI:  Panduan Menanam Mentimun dalam Pot
Langkah kedua

Gunakan sarung tangan yang telah disiapkan agar tangan terjaga. Lalu, tuangkan media tanam dalam pot yang telah disiapkan.

Setelah itu, taburkan benih bayam di atas media tanam. Tutup permukaannya dengan tanah. Siram perlahan dengan semprotan air yang lembut. Pastikan siraman air tidak menetes hingga ke bagian bawah pot.

Tulis penanda waktu di bagian pot untuk mengindentifikasi waktu penanaman. Lalu, simpan pot pembibitan di area yang tak terkena akses sinar matahari langsung.

Anda telah menuntaskan pembibitan bayam dengan baik. Cuci tangan dengan sabun dan jauhkan pot tanaman dari akses hewan peliharaan di rumah.

Demikianlah panduan menanam atau membibit bayam bagi Anda yang masih pemula, semoga bermanfaat! Selamat menanam!

KLIK INI:  Mengenal Kutu Kebul, Hama Penyerang Tanaman Tomat dan Cara Mengatasinya