Panduan Memilih dan Merawat Tanaman Hias di dalam Rumah

oleh -2.877 kali dilihat
5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!
Mas Iwan, ahli tanaman hias dari Bogor - Foto/Ist

Klikhijau.com – Menempatkan tanaman hias di dalam rumah tentu menarik. Selain menambah estetika ruangan juga memberi kesejukan. Walau begitu kita harus punya tips khusus dalam memilih dan merawatnya.

Bila tidak tertata, apalagi salah pilih jenis tanaman, keberadaan tanaman hias dalam rumah justru akan serampangan. Bahkan bisa tidak bertahan hidup sehingga tak memberi manfaat apa pun.

Klikhijau.com menghubungi seorang pakar tanaman hias yang akrab disapa Mas Iwan. Sebulan terakhir, Iwan memang menjadi Narasumber khusus kami setiap mengulas perihal tanaman hias.

Edisi kali ini, Iwan berbagi tips merawat tanaman hias dalam rumah. Berikut ulasannya!

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan Philodendron, Tanaman Hias Berjuta Pesona
Pilih Tanaman Hias yang Tepat

Berbeda dengan di luar ruang, pilihan tanaman hias di interior rumah memang perlu jenis khusus. Ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Menurut Iwan, jenis tanaman hias yang tepat ditanam dalam rumah adalah jenis philodendron.

Jenis ini cukup bersahabat dan memiliki daya tahan untuk berada di dalam ruangan.

3-Panduan-Memilih-dan-Merawat-Tanaman-Hias-di-dalam-Rumah

Memindah Keluar Setiap Seminggu Sekali

Pada dasarnya, kata Iwan, tanaman jenis apa pun membutuhkan terik sinar matahari. Tidak terkecuali tanaman hias yang ditaruh di dalam ruangan.

Oleh sebab itu, harus ada jadwal khusus untuk memindahkan tanaman secara periodik. Iwan menyarankan agar tanaman hias dipindah keluar setidaknya sekali dalam seminggu.

Ini penting agar tetap terpapar sinar matahari. Nah, untuk melakukan hal ini tentu memerlukan keuletan, kesabaran dan ketelatenan.

Gunakan media tanam yang tepat

Karena posisi tanaman di dalam ruangan, maka diperlukan media tanam yang cocok dan sesuai. Iwan menyarankan agar Sahabat Hijau menggunakan media tanam yang porous atau tidak menyerap air.

KLIK INI:  4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!

1-Panduan-Memilih-dan-Merawat-Tanaman-Hias-di-dalam-Rumah

Perhatikan Intensitas Penyiraman

Kebutuhan air pada tanaman hias dalam ruangan harus diperhatikan. Berbeda dengan tanaman di luar ruangan, Iwan menyarankan agar melakukan penyiraman setiap 2 atau 3 hari sekali.

Kita juga perlu memperhatikan kelembapan ruangan untuk menentukan apakah intensitas penyiraman ditambahkan. Hal lainnya, penyiraman juga sangat bergantung pada media tanam yang digunakan.

Gunakan pembersih daun

Hal terakhir yang perlu dilakukan menggunakan pembersih daun. Ini diperlukan, kata Iwan agar daun tetap terlihat bersih dan mengkilat.

Dengan kondisi daun yang baik tentu akan mempengaruhi pandangan kita. Iwan menambahkan, tanaman hias tidak hanya berfungsi sebagai sebuah seni. Tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan lingkungan.

Beberapa jenis tanaman hias bahkan memang dikenal menyehatkan seperti jenis sensiviera, pakis dan lainnya.

Itulah, panduan merawat tanaman hias dalam rumah. Semoga bermanfaat!

2-Panduan-Memilih-dan-Merawat-Tanaman-Hias-di-dalam-Rumah
Biodata

Nama lengkap: Iwan
Alamat: Kadununggal desa Pengadegan, Cilacap -Jateng
Usia: 35 thun
Hobi: Tanaman hias dari 2004
Pekerjaan: pernah bekerja di “ciapus bromeliad nursery ”
Prestasi: Pernah menjuarai kontes philodendron kategori philodendron variegated (monstera borsigiana Aurea variegated) juara ke- 3

KLIK INI:  Pesona 'Janda Bolong' dan Harganya yang Semirip Mahar Pernikahan