Pada Jersey Kandangnya, Barcelona Gaungkan Kampanye Lingkungan

oleh -661 kali dilihat
Pada Jersey Kandangnya, Barcelona Gaungkan Kampanye Lingkungan
Jersey Barcelona-foto/Ist

Klikhijau.com – Ilaix Maribo menempelkan botol plastik bekas yang ia pegang di dadanya. Lalu “keajaiban” terjadi. Bajunya berubah jadi jersey kandang Barcelona. Jersey itu akan dikenakan untuk musim 2021-2022 yang akan bergulir pada Agustus mendatang.

Ilaix merupakan salah satu pemain muda penuh talenta FC Barcelona. Adegan botol plastik berubah jadi jersey itu terdapat dalam video pada akun Instagram @fcbarcelona.

Adegan itu menjelaskan pula jika musim ini, Lionel Messi dkk akan menggunakan jersey dari hasil daur ulang botol plastik bekas.

Jadi, bukan hanya jersey kandang Barca pada musim ini desainnya berbeda dari musim-musim sebelumnya. Tapi juga berbeda dari segi bahan pembuatannya.

KLIK INI:  Suka Hunting Foto Berlatar Pemandangan Alam, Ini 5 Manfaatnya!

Kostum baru Barca mengusung desain dan corak yang tidak biasa. Nike sebagai apparel yang memproduksi jersey Barca menyebut desain ini terinspirasi dari logo Barca itu sendiri.

Nike tidak menggunakan desain strip biru-merah khas Barca. Namun, memakai grafis dari logo Barcelona sebagai warna dasar bagian depan jersey kandang Blaugrana (sebutan lain Barcelona).

Nike sendiri lebih memilih warna biru dan merah yang lebih cerah ketimbang warna di jersey Barcelona pada musim sebelum-sebelumnya.

“Strip baru Barcelona memanfaatkan lambang klub secara maksimal. Di bagian depan, setinggi dada, penggemar akan menemukan St George Cross dan Senyera (bendera Catalan bergaris),” bunyi pernyataan resmi Barcelona.

Terbuat dari daur ulang plastik

Pada video yang diperankan oleh Ilaix mengabarkan kepada publik. Jika jersey Blaugrana yang akan dikenangan bertanding menggaungkan kampanye lingkungan.

Karena jersey tersebut 100 persen terbuat dari plastik. Itu artinya setiap Lionel Messi bertanding, ada pesan lingkungan yang diselipkan jika menggunakan kostum kandang mereka.

Inovasi fashion memang terus bergerak. Pakaian ramah lingkungan saat ini mulai banyak diminati. Termasuk dalam dunia sepak bola. Untuk membuat satu baju baru, setidaknya dibutuhkan 8 botol bekas.

Bukan pertama kali

Menggunakan jersey daur ulang botol plastik, bukanlah pertama kali dilakukan oleh Barcelona. Pada musim 2014-2015 club ini juga menggunakan jersey daur ulang. Bedanya bukan jersey kandang, tapi  jersey tandang berwarna agak kemerahan atau biasa disebut dengan warna crimson.

Soccerway menjelaskan bahwa kostum Barca musim 2014-2015 lalu menggunakan teknologi Dri-Fit. Di mana akan memberikan kenyamanan bagi bagi pemain Barcelona. Karena dengan teknologi tersebu pemain akan tetap merasa sejuk dan kering sepanjang pertandingan.

Jersey tandang pada musim 2014-2015 itu menggunakan rata-rata 18 botol plastik bekas setiap  jersey. Celananya menggunakan 100% daur ulang polyester. Bajunya menggunakan  menggunakan 96% daur ulang. Sedangkan kaos kakinya menggunakan 78% bahan polyester.

Pada musim 2020-2021, Barca kembali menggunakan jersey tandang yang ramah  ramah lingkungan. Karena menggunakan bahan dari polyester yang merupakan hasil daur ulang botol plastik. Dari hasil daur ulang itu dibentuk menjadi benang. Benang ini yang digunakan sebagai material jersey dan juga celana seragam tandang Barcelona yang berwarna hitam itu.

Sudah lama dilakukan

Kostum Barcelona, bukanlah kostum pertama yang dibuat Nike dengan  metode daur ulang limbah plastik. Tapi perusahaan olahraga itu telah membuatnya untuk perlengkapan olahraga lainnya.  Tercatat mulai dilakukan sejak 2010 lalu.

Bahkan pada pagelaran Piala Dunia 2010 lalu. Ada sembilan tim nasional yang bertarung di kejuaraan 4 tahunan itu menggunakan jersey daur ulang dari Nike, yakni  Portugal,  Brazil, Australia Slovenia,  Selandia Baru, Korea Selatan, Serbia, Belanda, dan Amerika Serikat,

Rival Barcelona di La Liga Spanyol, Real Madrid juga pernah menggukanan jersey daur ulang. Tepatnya pada hari Sabtu, 26 November 2016 lalu ketika menghadapi Sporting Gijon. Real Madrid yang saat itu masih diperkuat Cristiano Ronaldo mengenakan jersey dari daur ulang botol plastik.

Hal menarik dari jersey Real Madrid ketika itu adalah botol plastik yang didaur ulang oleh Adidas— sponsor Real Madrid berasal dari program pembersihan limbah plastik di Samudera Hindia dekat wilayah Maladewa.

Adidas menggunakan 28 botol plastik bekas untuk satu jersey. Itu dilakukan sebagai bagian dari kampanye kebersihan laut yang bekerjasama dengan organisasi Parley for the Ocean.

Kampanye yang dilakukan Adidas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas pencemaran lautan yang  terus meningkat setiap tahun. Dikarenakan sifat abai masyarakat dunia yang membuang sampah di sembarang tempat.

“Produk ini adalah bagian dari program Adidas untuk menghasilkan produk yang berkelanjutan. Produk yang dibuat dengan metode daur ulang untuk membuat dunia lebih baik. Setiap helai benang sangat berarti. Bahan polyester hasil daur ulang dapat menghemat sumber daya alam sekaligus mengurangi emisi,” tulis Adidas saat itu seperti dikutip dari laman Tirto.

Bisnis pakaian yang berasal dari daur ulang limbah telah lama digalakkan. Pertama kali yang  melakukannya adalah perusahaan perlengkapan outdoor Patagonia Inc pada tahun 1993.  Patagonia Inc memproduksi pakaian dari daur ulang limbah untuk kebutuhan mendaki gunung atau hiking. Mereka  menggunakan benang hasil daur ulang dari sampah plastik.

Dan semoga semakin banyak pakian dari hasil daur ulang limbah. Demi Bumi yang lebih sehat dan lestari.

KLIK INI:  Semut Sering Mengerumuni Makanan Anda? Usir Pakai Cara Ini