Pacar Air, Pewarna Alami dengan Beragam Warna Bunga yang Menggoda

oleh -65 kali dilihat
Pacar Air, Pewarna Alami dengan Beragam Warna Bunga yang Menggoda
Pacar Air, Pewarna Alami dengan Beragam Warna Bunga yang Menggoda-foto/Ist

Klikhijau.com – Pacar air, tanaman berbunga indah itu dibiarkan tumbuh liar saja. Meski ada yang menanamnya di pekerangan rumah, namun tak begitu terawat dengan baik.

Padahal jika dilihat, pacar air sungguh menarik. Bunganya indah dengan perkembangbiakan yang cepat.

Perkembangbiakan yang cepat itulah, menjadi salah satu penyebab ia dibiarkan tumbuh liar. Padahal dulu, bunga ini sempat diburu untuk di tanam. Karena ia bisa berperan menghiasi kuku—menjadi kuteks alami.

Pacar air yang dibiarkan tumbuh meliar itu, banyak terdapat di Bulukumba, Sulawesi Seltan. Padahal tanaman ini menurut Wesly Pasaribu dkk, (2015) tak hanya bermanfaat sebagai tanaman hias, tetapi bisa meningkatkan kekebalan non spesifik ikan.

KLIK INI:  13 Fakta Menarik Paus Orca yang Berkeliaran di Perairan Indonesia

Tanaman bernama latin Impatiens balsamina L ini diketahui memiliki efek yang dapat meningkatkan respons imun dan antibakteri pada ikan.  Berdasarkan hasil skrining fitokimia pada daunnya  mengandung senyawa steroida, flavonoida, saponin, glikosida, (Utari, 2011).

Pewarna kain

Senyawa flavonoid yang terkandung pada tanaman ordo Ericales ini  dapat berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, antiaterosklerotik, imunomodulator, antidiabetes, antiinflamasi

Sedangkan  senyawa saponin berfungsi sebagai membran-permeabilising, bersifat hipokolesterolemik dan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan serta meningkatkan respons makan pada hewan.

Ni Kadek Dwipayani Lestari dkk, (2020) menerangkan jika tanaman pacar air merupakan tanaman dari suku Balsaminaceae . Tanaman ini  memiliki tinggi  30 hingga 80 cm dan berdaun hijau. Ia berasal dari kelas Magnoliopsida yang sering di manfaatkan untuk mewarnai kuku.

Caranya gampang, cukup tumbuk daunnya hingga halus lalu tempelkan pada kuku Anda. Tunggu beberapa waktu sebelum melepasnya. Semakin lama menempel akan semakin baik hasilnya.

Warna yang dihasilpa pada kuku dari genus Impatiens ini  berwarna orange kemerahan. Selain sebagai pewarna kuku, juga dimanfaatkan  sebagai zat pewarna alami tekstil.

Jika ingin menanam pacar air atau membudidayakannya sebagai bahan baku pewarna kain cukup mudah. Dan dapat dipastikan halaman rumah atau ladang anda akan meriah dan diburu para pemburu swab foto.

Karena tanaman dari famili Balsaminaceae ini memiliki beberapa warna bunga, yakni merah, kuning, putih, ungu, dan jingga.

KLIK INI:  Libido Kendur, Konsumsi Buah Delima dan Rasakan Khasiat Lainnya!
Kandungan kimia pacar air

Tanaman dari genus Impatiens ini memiliki kandungan kimia berupa antosianin, yakni sianidin, delpinidin, pelargonidin, malpidin.

Nah, zat itulah yang  berperan dalam pemberian warna terhadap bunga atau bagian tanaman lain kecuali warna hijau, Rein (2005).

Sementara itu  Kopjar dan Pilizota (2009) mengemukakan bahwa stabilitas antosianin dapat ditingkatkan dengan cara kopigmentasi.

Kopigmentasi sendiri merupakan reaksi langsung antara molekul antosianin dengan senyawa lain. Hal ini  disebut kopigmen atau melalui suatu interaksi lemah (hidrofobik atau ikatan hidrogen) membentuk kompleks intermolekuler antara kopigmen dengan antosianin sehingga menghasilkan warna yang lebih terang, kuat,  dan stabil.

Senyawa kopigmen antara lain berasal dari golongan flavonoid, yaitu monomer flavanol (katekin dan epikatekin),  polimer (tanin), oligomer (proantosianidin), golongan asam organik (kafeat, ferulat, khlorogenat, tannat, dan asam galat), fenolik (katekol dan metil katekol), logam dan molekul antosianin itu sendiri. (Endang Supraptiah, dkk 2017)

Untuk     budidaya     tanaman ini diperlukan    adanya    serangga penyerbuk. Karena itu akan   membantu   penyerbukan secara optimal  sehingga  mendukung  usaha budidaya    maupun    hibridisasi    tanaman Impatiens.

Pacar air  adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan.

Ia memiliki bentuk bunga menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tanaman pacar air ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu melakukan penyerbukan.

Meski mudah tumbuh, namun pcar air kurang cocok pada lingkungan yang kering. Selain sebagai tanaman hias dan pewarna kain dan kuku, juga biasa digunakan sebagai obat tradisional.

Tanaman ini dapat hidup tanpa akar. Keajaiban itu disebab karena batangnya bisa menghisap air. Meski begitu bila akarnya akarnya dihilangkan, maka tanaman ini harus ditaruh  diwadah yang berisi air.

Jika ingin membudidayakannya cukup mudah  hanya menyebar biji benihnya saja atau dengan cara meletupkan buahnya yang mungil dan di dalamnya berisi banyak biji ukuran kecil berwarna hitam jika telah matang.

Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi:    Magnoliophyta
  • Kelas:    Magnoliopsida
  • Ordo:    Ericales
  • Famili:   Balsaminaceae
  • Genus: Impatiens
  • Spesies: I. balsamina
Pacar air-foto/Ist
KLIK INI:  Bunga Cleome, Tanaman Hias yang Bisa Menumbuhkan Dirinya Sendiri