OPAB GEMPA Makassar Lakukan Revitalisasi Organisasi demi Anggota yang Berintelektual

oleh -63 kali dilihat
OPAB GEMPA Makassar Lakukan Revitalisasi Organisasi demi Anggota yang Berintelektual
Pelantikan Opab Gempa - Foto/Ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Abdul Rauf Musadat, kini resmi menduduki jabatan sebagai ketua OPAB GEMPA Makassar periode 2021-2023.

Peresmian jabatan itu ditandai dengan digelarnya pelantikan pengurus  pada hari Kamis, 11 Maret 2021 kemarin.

OPAB GEMPA Makassar sendiri merupakan kepanjangan dari Petualangan Alam Bebas Generasi Muda Pecinta Alam. Sementara Makassar menunjukkan tempat beradanya organisasi ini.

Rauf dilantik di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar. Pelantikannya tidak berjalan sendiri, tapi juga disertai dengan rapat kerja (Raker) pengurus OPAB GEMPA Makassar periode 2021-2023.

Pada pelantikan dan rapat kerja itu, pihak OPAB GEMPA mengangkat tema “Revitalisasi Organisasi Menuju Anggota yang Berintelektual.”

Kegiatan itu, tidak hanya menandai perpindahan “kekuasaan” dan penyusunan program kerja, tapi juga sebagai ajang silaturhami.

“Silaturahmi antar pecinta alam wajib untuk terus dijaga,” tutur Rauf. “Ikatan dan kolaborasi antar pecinta alam akan membantu mewujudkan esensi kepencinta alaman. Nanti juga program-program yang lebih inovatif dan kreatif akan dilakukan dalam koridor petualangan dan perlindunga alam,” lanjutnya.

KLIK INI:  Fungsi Gunung Bagi Manusia yang Perlu Diketahui agar Anda Tak Tega Merusaknya!
Memperkuat basis intelektual

Ia juga menjelaskan perihal tema yang dipilah, “Revitalisasi Organisasi Menuju Anggota yang Berintelektual.” Hal itu menurutnya menggambarkan sebuah harapan bahwa organisasi bukan hanya tempat untuk berkumpul dan bersenang-senang saja.

“Kami berharap agar menjadi sejatinya organisasi yang tetap pada esensi dan subtansi organisasi pencinta alam dan menghasilkan kader kader yang berintelektual mempunyai pengetahuan dan skill serta atitude seperti apa yang tercantum pada kode etik pecinta alam,” katanya.

Ke depannya pihaknya  akan terus melaju sembari berbenah, membuat program kerja yang berkualitas yang dapat menambah pengetahuan dan skill anggota dengan memegang teguh kode etik pecinta alam.

Sedangkan Mustari Zainal selaku pembina organisasi dan mantan ketua umum OPAB GEMPA Makassar mengharapkan agar pengurus tetap menjaga silaturahmi dan kolaborasi antar pecinta alam.

“Pentingnya kolaborasi dalam semua kegiatan dan pemenuhan program kerja ke depannya, baik kepada masyarakat, instansi, komunitas, dan sesama penggiat alam bebas,” harapnya.

Lelaki yang biasa disapa Bang Tari tersebut  juga mengharapkan menghendaki OPAB GEMPA bisa melakukan sinergitas, sinergitas yang dimaksudkan, yakni dalam hal kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dengan instansi terkait seperti kementerian, taman nasional dan juga dengan BASARNAS dan potensi SAR.

Secara khusus, Bang Tari menitip pesan kepada pengurus baru  untuk melanjutkan roda organisasi agar menjalankan fungsi dan tugasnya secara maksimal.

“Menjalankan fungsi dan tugas organisasi, berbuat maksimal dan belajar bersama menjadi anggota yang berintelektual ke depannya sesuai dengan tema pelantikan dan Raker OPAB GEMPA Makassar Periode 2021-2023,” tuturnya.

Oya, pelantikan tersebut diramaikan oleh perwakilan pecinta alam dan pemerhati lingkungan. Dan kita patut berharap, semoga OPAB GEMPA Makassar tetap setia mencintai lingkungan.

KLIK INI:  Sah, Indonesia Jadi Tuan Rumah COP-4 Konvensi Minamata